Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Memiliki Rambut Sehat

informasitips.com – Ungkapan rambut adalah mahkota perempuan memang bukan sekedar ungkapan belaka. Rambut merupakan salah satu bagian tubuh perempuan yang senantiasa mendapat perawatan khusus. Bahkan, terkadang biaya yang dikeluarkan dalam perawatan rambut pun tidaklah sedikit. Tidak hanya kaum Hawa saja, tetapi kaum Adam pun juga menaruh perhatian yang besar terhadap perawatan rambut. Berikut, kami akan coba sajikan beberapa tips agar kamu bisa memiliki rambut sehat:

  • Bersihkan rambut dengan benar. Pilih sampo sesuai jenis rambut yang kamu miliki. Berganti-ganti sampo memang dapat mencegah residu (penumpukan zat-zat produk) di batang rambut, tetapi jika terlalu sering juga tidak baik. Pastikan kamu telah benar dalam mencuci rambut, cara mencuci rambut yang benar yaitu campurkan sampo dengan air, lalu usapkan ke rambut, bilas bersih di bawah kucuran air bertekanan sedang. Pastikan sampo tidak tertinggal di kulit kepala untuk mencegah timbulnya ketombe.
  • Tips-Memiliki-Rambut-Sehat-Dan-Indah

  • Sisir rambut dengan cara yang benar. Jangan menyisir dengan paksa, tetapi lakukan secara bertahap dari ujung merambat ke atas kepala. Gunakan sisir bergigi jarang. Hindari sisir dari bahan metal, karena dapat merusak batang rambut.
  • Jangan terlalu sering menggaruk kulit kepala. Kebiasaan ini dapat membahayakan rambut. Pasalnya, saat menggaruk, rambut ikut tertarik atau terkoyak dari akarnya. Bila itu yang terjadi, akar rambut akan rusak, kulit kepala jadi kemerahan, bahkan mengakibatkan rambut rontok. Jika masalah kepala gatal akibat ketombe, cobalah ganti sampo dengan yang mengandung formula antiketombe.
  • Gunakan conditioner atau pelembap rambut agar mudah disisir dan menutp kembali kutikula yang terbuka. Oleskan conditioner pada permukaan rambut, diamkan 1 sampai 2 menit, lalu bilas bersih.
  • Lindungi rambut dari paparan sinar matahari langsung. Terlebih ketika dalam keadaan basah (missal usai keramas). Karena itu kenakan topi atau payung jika harus keluar rumah dan gedung. Klorin di dalam kolam renang maupu air laut juga tidak baik untuk kesehatan rambut.
  • Jangan mewarnai rambut dalam arak waktu terlalu cepat. Sebab akan mengakibatkan penumpukan pewarna secara berleihan dan menyebabkan rambut maupn kulit kepala rusak. Berilah jarak yang cukup sehingga kulit kepala dan rambut akan bernafas sejenak.
  • Hindari produk yang menjanjikan hasil tahan lama. Roduk semacam ini mengandung zat-zat yang dapat mempercepat proses kerusakan rambut.
  • Untuk rambut kering dan kusam, gunakan minyak panas (hot oil). Jika hot oil tak ada, Anda dapat menggunakan masker (hair mask) khusus untuk rambut sangat kering. Untuk menyamarkan ujung-ujungnya yang pecah, gunakan wax.

Semoga tips dalam memiliki rambut sehat ini berguna buat kamu. (ST)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2011


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: