Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Memiliki Kuku yang Cantik dan Sehat

informasitips.com – Banyak orang melakukan berbagai perawatan untuk mempercantik kukunya. Namun sayang, tidak sedikit dari mereka yang kurang memerhatikan kondisi kesehatan kukunya. Padahal, memiliki kuku yang sehat tak kalah pentingnya lho dengan memiliki kuku yang cantik dan terawat rapi. Karena kuku yang sehat mencerminkan kondisi kesehatan secara keseluruhan si pemiliknya. Selain itu, kamu tentu tidak ingin kan kuku cantikmu yang sudah dirawat ternyata malah tidak sehat, rapuh, kering, dan mudah patah? Untuk itu, sangatlah penting menjaga dan merawat kuku agar tak hanya cantik, namun juga sehat. Lalu, bagaimana cara agar kuku kita senantiasa cantik dan sehat? Simak beberapa tipsnya berikut ini:

Tips kuku cantik dan sehat

  • Konsumsilah makanan-makanan sehat yang kaya vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya agar kuku tetap sehat, kuat, dan terlihat cantik.
  • Jika kondisi kukumu rapuh dan kering, perbanyaklah konsumsi makanan yang kaya akan vitamin A (misalnya brokoli, wortel, keju) dan kalsium (misalnya susu, yogurt, keju, dan almon).
  • Setiap malam saat menjelang tidur, cucilah tangan terlebih dahulu. Lap dan keringkan dengan handuk dan pakaikan pelembab pada tangan.
  • Gunakan sarung tangan bila kamu harus mengerjakan pekerjaan yang harus menggunakan cairan yang cukup keras, misalnya membersihkan kamar mandi. Hal ini bertujuan untuk menghindari kuku terkena cairan yang cukup keras dari pembersih yang mungkin saja tidak baik untuk kuku. Gunakan pula sarung tangan ketika melakukan pekerjaa-pekerjaan rumah tangga lainnya untuk memberikan perlindungan yang lebih kepada kukumu.
  • Minumlah air putih yang cukup, bisa juga ditambah jus buah untuk mencegah agar kuku tidak kering.
  • Cobalah untuk minum jus wortel, karena jus wortel merupakan minuman yang kaya akan kalsium dan fosfor yang dapat membantu menguatkan kuku.
  • Jangan mengikir kuku setelah mandi atau setelah mencuci tangan, hal ini dikarenakan kuku yang basah cenderung lebih mudah patah.
  • Ketika mengikir kuku, pastikan bahwa kamu mengikirnya dengan gerakan satu arah. Hindari mengikir kuku dengan gerakan dua arah bolak-balik, karena cenderung membuat kuku lebih mudah rapuh.
  • Lakukan buffing kuku bila menginginkan kuku kuat dan mengkilap. Buffing kuku juga dapat meningkatkan aliran darah ke kuku yang berarti akan merangsang pertumbuhan kuku.
  • Sebisa mungkin, hindari menggunakan kuku artificial, karena penggunaan kuku artificial bisa merusak kuku akibat penggunaan zat-zat kimia dan lem pada kuku. Menghindari penggunaan kuku artificial juga dapat mencegah timbulnya infeksi jamur pada kuku.
  • Sebaiknya kuku selalu dalam keadaan kering dan bersih untuk mencegah bakteri, jamur, dan organisme lain tumbuh di kuku.
  • Jangan terlalu sering menggunakan cairan penghilang cat kuku. Gunakanlah paling sering seminggu sekali. Bila memang membutuhkan cairan penghilang cat kuku (kuteks), pilihlah yang tidak mengandung aseton dan formaldehid karena bahan-bahan tersebut bisa membuat kuku menjadi kering dan rusak.
  • Jika kamu sering mengalami masalah dimana kulit kuku terkelupas, maka perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang kaya protein, vitamin C, dan asam folat.
  • Perbanyak pula konsumsi sayuran dan buah dalam jumlah yang seimbang. Nutrisi dari buah dan sayuran diperlukan oleh kuku untuk bisa tumbuh sehat dan kuat. Konsumsi spirulina dan rumput laut juga bermanfaat untuk membuat kuku sehat dan kuat.
  • Jaga jangan sampai tubuhmu kekurangan (defisiensi) vitamin B12. Salah satu caranya, perbanyaklah makan makanan yang mengandung vitamin B12 untuk mencegah timbulnya masalah kuku menjadi kering, kehitaman, dan mudah rusak.
  • Jangan pernah mengabaikan kerusakan-kerusakan dan masalah yang timbul pada kuku, misalnya timbul perubahan warna, bentuk, tekstur, berdarah, bengkak, dan lainnya. Untuk kasus tertentu, bisa jadi kerusakan yang ada pada kuku merupakan indikator adanya masalah (gangguan) pada kesehatan tubuh. Untuk masalah-masalah serius tersebut, segeralah berkonsultasi ke dokter agar bisa diketahui penyebab dan solusinya.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: