Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Memilih Universitas (Perguruan Tinggi)

informasitips.com – Memilih universitas atau perguruan tinggi terkadang merupakan hal yang cukup rumit, tak hanya bagi calon mahasiswa, namun juga bagi orangtua mereka. Ketika memilih universitas yang tepat untukmu, tentu kamu tidak bisa sembarangan memilihnya hanya karena pacarmu berkuliah di sana, misalnya. Ada beberapa pertimbangan yang perlu kamu pikirkan dengan baik sebelum akhirnya kamu menjatuhkan pilihan. Ingat, jurusan serta universitas yang kamu pilih menentukan masa depanmu. Oleh karena itu, sungguh-sungguhlah merencanakan dan memilih dengan sebaik mungkin universitas yang akan kamu masuki. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika memilih universitas atau perguruan tinggi:

1. Sesuaikan dengan Minat, Bakat dan Kemampuan
Sebelum memilih perguruan tinggi atau universitas mana yang akan kamu pilih, tentu kamu sudah terlebih dulu memiliki gambaran mengenai jurusan apa yang akan kamu ambil nantinya. Memilih jurusan terkadang menjadi dilema tersendiri mengingat kita dituntut untuk sebijak mungkin dalam mengambil keputusan.

Sebagai contoh, kuliah di kedokteran umum mungkin terlihat ‘super’ dan juga memiliki lapangan kerja yang cukup luas. Namun, apakah secara pribadi kamu memiliki minat, bakat serta kemampuan untuk menempuh pendidikan tersebut? Jangan hanya memilih jurusan tertentu hanya karena kamu ingin terlihat keren. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat, bakat dan juga kemampuanmu. Pilihlah jurusan dimana kamu bisa merasa enjoy untuk mempelajari dan mendalaminya. Pertimbangan-pertimbangan tersebut akan bisa memotivasi kamu untuk memberikan performa terbaik dalam kegiatan perkuliahan nantinya.

Begitu pula dalam memilih universitas. Tak perlu memilih sebuah universitas hanya karena namanya sudah banyak didengar di kalangan masyarakat. Pilihlah universitas yang betul-betul menawarkan jurusan yang kamu pilih serta mampu mengakomodasimu dengan cukup baik, baik dari segi kualitas pengajaran, fasilitas, kegiatan mahasiswa, bagaimana lulusan-lulusan (alumnus) universitas tersebut, reputasi, akreditas universitas, dan sebagainya.

2. Pertimbangkan Prospek Bidang Jurusan yang akan Kamu Pilih
Kamu juga perlu mempertimbangkan untuk memilih jurusan yang memiliki prospek baik dan cerah. Untuk mengetahuinya, kamu bisa mencari tahu dan bertanya ke orang-orang yang sekiranya bisa memberikan masukan dan gambaran yang cukup jelas ke kamu. Kamu juga bisa mencari tahu informasinya lewat internet, mengikuti job-job expo, seminar atau lewat media lain yang sekiranya bisa memperluas wawasan kamu tentang prospek bidang yang akan kamu pilih. Cari tahu sebanyak-banyaknya agar kamu tahu dan benar-benar yakin dengan pilihanmu itu nantinya.


3. Buat Daftar Universitas
Setelah kamu menentukan jurusan yang akan kamu ambil, sekarang waktunya untuk mendaftar universitas atau perguruan tinggi mana saja yang menawarkan jurusan tersebut. Pilihlah dua universitas yang membutuhkan kerja keras untuk bisa diterima di sana, misalnya universitas ternama atau universitas negeri. Pilih juga 5 universitas lainnya yang sesuai dengan kemampuanmu, baik dari segi kemampuan akademik maupun keuangan, serta pilih setidaknya dua universitas lagi yang cukup memuaskan, di mana kamu bisa secara pasti diterima di sana. Lantas, urutkan universitas-universitas tersebut menurut keinginanmu. Universitas pertama merupakan universitas yang paling ingin kamu masuki, sedangkan universitas terakhir merupakan universitas cadangan bila kamu tidak diterima di universitas-universitas sebelumnya.

tips memilih universitas perguruan tinggi

Gambar : hubpages.com

4. Cari Tahu Universitas
Setelah menentukan daftar universitas yang akan kamu pilih, kamu bisa mulai mencari tahu mengenai universitas serta jurusan yang akan kamu ambil melalui website atau brosur universitas tersebut. Kamu juga bisa mencari informasi mengenai universitas tersebut melalui seseorang yang sedang atau sudah pernah berkuliah di sana. Mendengar langsung dari mereka yang sudah berpengalaman dan menghabiskan masa studinya di universitas yang kamu pilih bisa memberi gambaran jelas seperti apa sebenarnya suasana universitas tersebut.


5. Pertimbangan dalam Memilih Universitas
Berikut beberapa pertimbangan yang bisa kamu gunakan ketika memilih sebuah universitas untuk melanjutkan studi:

  1. Lokasi
    Apakah kamu harus pindah ke luar kota jika berkuliah di universitas tersebut? Bila ya, bagaimana dengan kehidupan mahasiswa di kota tersebut? Bagaimana dengan tempat tinggal di sana? Bagaimana dengan biaya hidup di kota tersebut? Lokasi universitas menentukan banyak hal, termasuk segi keuangan orangtuamu. Bila kamu diharuskan untuk pindah ke kota lain, tentu orangtuamu harus mengeluarkan biaya ekstra untuk tempat tinggal, makan, uang jajan, dan sebagainya.

  2. Jarak dari rumah
    Bila universitas yang kamu pilih ternyata cukup jauh dari rumah, berapa kali kamu akan pulang/mudik dalam setahun? Bagaimana dengan alat transportasi? Apakah bisa ditempuh melalui jalur darat atau apakah harus dengan jalur laut/udara?

  3. Kurikulum
    Kurikulum seperti apa yang ditawarkan oleh universitas tersebut? Cari tahu sebelum kamu mendaftar sehingga kamu memiliki gambaran jelas mengenai pengajaran di sana.

  4. Organisasi kemahasiswaan
    Apakah universitas yang kamu pilih menawarkan organisasi kemahasiswaan yang sesuai minat dan bakatmu? Bila tidak, apakah di sana tersedia organisasi kemahasiswaan yang sekiranya bisa menunjang kehidupan sosial dan belajarmu?

  5. Fasilitas belajar
    Apakah universitas yang kamu pilih menyediakan fasilitas yang cukup memadai, seperti perpustakaan, laboratorium IPTEK, laboratorium bahasa, dan sebagainya. Cari tahu dengan pasti mengenai hal tersebut karena bila fasilitas yang ditawarkan tidak cukup memadai, tentu nantinya kamu akan kesulitan ketika harus melakukan penelitian, misalnya.

6. Kunjungi Universitas Tersebut
Jika kamu memiliki waktu, cobalah untuk mengunjungi universitas-universitas yang ada dalam daftarmu untuk mengetahui seperti apa sistem pengajaran di sana, bagaimana daerah kampusnya, seperti apa perpustakaannya, dan lain sebagainya. Beberapa universitas biasanya mengadakan Open Days bagi para calon mahasiswa untuk mengetahui seluk-beluk universitas mereka, baik itu kelas yang digunakan untuk mengajar, organisasi-organisasi kemahasiswaan, dosen-dosen, dan sebagainya. Jika kamu menghadiri acara Open Days tersebut, jangan lupa untuk menyiapkan daftar pertanyaan yang sekiranya perlu kamu tanyakan nanti. Bagaimana pun juga, nantinya kamu akan menghabiskan sekurangnya 4 tahun belajar di universitas tersebut, dan sudah selayaknya jika kamu ingin memastikan bahwa universitas yang kamu pilih betul-betul sesuai dengan yang kamu harapkan.


7. Diskusi dengan Keluarga
Selama memilih universitas maupun jurusan yang kamu inginkan, ada baiknya bila kamu mendiskusikannya dengan keluarga, baik dengan orangtua maupun kakakmu. Mereka biasanya memiliki pertimbangan tersendiri apakah kamu bisa melalui masa-masa studimu di universitas tersebut. Pertimbangan tersebut tentu mencakup keuangan – apakah orangtuamu sanggup membiayai biaya kuliahmu hingga akhir – serta bakat, kemampuan serta peluang kerja di masa depan. Sebagai contoh, kamu mungkin ingin mengambil jurusan Arkeologi karena kamu senang dengan hal berbau fosil. Kamu ingin berpetualang dan mencari tahu sejarah dunia. Namun, ternyata orangtuamu menyarankanmu untuk mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, misalnya, karena mereka tahu kamu pandai berbahasa Inggris. Selain itu, peluang kerja antara lulusan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris lebih terbuka luas daripada lulusan jurusan Arkeologi. Nah, alasan orangtuamu tentu lebih masuk akal, bukan? Oleh karena itu, jangan ragu untuk mendiskusikan jurusan serta universitas yang akan kamu pilih sehingga kamu memiliki banyak masukan positif.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *