Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Memilih Pakaian (Baju) Sesuai Bentuk Tubuh

Posted on by in , , with 0 Comments

informasitips.com – Pakaian atau busana sejatinya adalah sarana yang kita gunakan sebagai penutup tubuh. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, kegunaan pakaian pun turut berkembang. Pakaian kini tak hanya digunakan sebagai penutup tubuh, namun juga menjadi item wajib fashion baik untuk pria maupun wanita.

Ada banyak pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam memilih baju yang akan dikenakan. Selain disesuaikan dengan trend dan fashion yang sedang berkembang saat ini, sebaiknya kita juga mempertimbangkan sisi kepantasan bentuk dan model baju tersebut dengan bentuk tubuh kita. Meskipun modelnya bagus, tapi bila tidak cocok dengan bentuk tubuh kita, maka baju yang dikenakan akan membuat penampilan kita terlihat aneh dan tidak pas.

Pemilihan jenis baju atau pakaian yang salah akan semakin memperlihatkan kekurangan-kekurangan bentuk tubuh kita. Sementara, pemilihan pakaian yang benar akan menutupi kekurangan bentuk tubuh kita dan menonjolkan kelebihan tubuh sehingga membuat penampilan kita terlihat semakin menarik. Selain itu, pemilihan pakaian yang baik dan pas juga akan membawa kenyamanan dan kepercayaan diri bagi si pemakainya.


Tips memilih baju sesuai bentuk tubuh

Nah, untuk kamu yang sedang bingung memilih model baju dan pakaian apa yang pas dan cocok sesuai dengan bentuk tubuhmu, simak beberapa tips berikut ini dalam memilih pakaian sesuai bentuk tubuh.

  1. Bentuk tubuh pear (segitiga)
    Ciri spesifik bentuk tubuh pear adalah panggul yang besar. Bentuk tubuh pear memiliki lebar bahu yang tidak proporsional dengan panggul, yaitu lebar bahu yang lebih sempit dibandingkan lebar panggul. Bentuk tubuh pear bisa juga didefenisikan sebagai bentuk tubuh segitiga dimana bagian atas tubuh lebih kecil daripada bagian bawah tubuh.

    Untuk atasan, kamu bisa bermain dengan bentuk lengan puff, untuk memberikan kesan menyeimbangkan antara panggul dan bahu kamu. Selain itu kamu bisa berkreasi dengan ragam model atasan yang penuh detail, untuk mengalihkan perhatian dari panggul dan kaki kamu.

    Memilih pakaian dan busana berdasarkan bentuk tubuh

    Gambar: sheknows.com

    Hindari:
    Untuk menutupi bentuk tubuh ini, sebaiknya hindari penggunaan rok span yang akan semakin menunjukkan besarnya panggul kamu. Untuk menyiasatinya, kamu bisa gunakan rok A-line yang bisa sedikit menyamarkan panggulmu yang lebar. Atau, kamu bisa pilih rok yang modelnya sedikit lebar dan terbuat dari bahan yang ringan seperti kain satin.

    Untuk pemakaian celana jeans, hindari penggunaan skinny jeans yang akan memperlihatkan panggul kamu yang tidak proporsional. Sebaiknya pilih celana jeans bentuk pipa, untuk menyamarkan lebar panggul kamu. Jangan lupa pilih yang berwarna gelap ya.

  2. Bentuk tubuh segitiga terbalik
    Bentuk tubuh ini sebenarnya hampir serupa dengan bentuk tubuh segitiga seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hanya pada bentuk segitiga terbalik ini, lebar bahu tampak lebih lebar dari pada panggul. Bentuk tubuh ini banyak dimiliki kaum pria yang memang cenderung memiliki dada yang bidang, dengan bahu yang melebar.

    Untuk bentuk tubuh ini, sebaiknya gunakan atasan dengan potongan simple tanpa terlalu banyak aksen, terutama di bagian bahu. Untuk menutupi bentuk bahu yang lebar, pilih atasan berwarna pastel dan lembut. Sebaliknya, untuk bawahan, gunakan rok ataupun celana yang bervolume. Sedikit hiasan draperi juga bagus untuk menyeimbangkan lebar panggul dengan bahu yang lebar.

    Hindari:
    Menggunakan baju yang memiliki bantalan pada bahu karena akan semakin menambah lebar bahumu. Hindari pula menggunakan celana yang bentuknya kuncup ke bawah karena akan semakin mempertegas bentuk sempit bagian bawah tubuhmu.

  3. Bentuk tubuh persegi
    Ciri bentuk tubuh persegi adalah lurus, seperti persegi, dengan garis lekuk pinggang yang tidak terlihat, dan bagian tubuh antara pay*d*ra dan pinggul memiliki ukuran yang sama. Jenis baju dan pakaian yang pas untuk bentuk tubuh persegi adalah memilih busana berstruktur tegas, dengan garis geometris yang dipadukan dengan ikat pinggang. Pilihan seperti itu bisa mengakali bentuk lekuk pinggang yang agak rata.

    Hindari:
    Hindari penggunaan atasan yang super ketat, karena justru akan memperlihatkan bentuk tubuh kamu yang lurus, tanpa lekukan.

  4. Bentuk tubuh apel
    Bentuk tubuh apel dimiliki oleh kaum wanita yang memiliki tubuh gemuk. Bentuk tubuh apel bisa juga didefenisikan sebagai bentuk tubuh yang bulat. Bentuk tubuh ini lebih cocok menggunakan flare skirt yang akan membantu menutupi bentuk panggul yang besar. Untuk atasan, pilih bentuk atasan dengan garis potongan leher V, yang akan menyamarkan bentuk pay*d*ra yang besar.

    Hindari:
    Sebaiknya, hindarai penggunaan bawahan dengan motif penuh, maupun bawahan berpotongan pensil yang akan semakin menonjolkan bentuk panggulmu yang besar. Hindari pula detail yang terlalu penuh di bagian pinggang.

  5. Bentuk tubuh jam pasir
    Bentuk tubuh jam pasir adalah bentuk tubuh idaman setiap wanita. Bentuk tubuh ini tampak sangat ideal dengan garis lebar bahu sejajar dengan garis panggul, dilengkapi dengan garis pinggang yang tajam, dengan pay*d*ra dan bokong yang penuh. Pemilik tubuh ini cenderung lebih mudah untuk memilih busana.

    Jenis busana dan baju yang pas untuk bentuk tubuh jam pasir adalah, untuk atasan ada baiknya pilih dengan leher terbuka, agar dapat menonjolkan bentuk bahumu yang indah. Penggunaan ikat pinggang juga sangat membantu untuk menonjolkan bentuk lekuk pinggang kamu. Untuk bawahan, pilih yang berpotongan pipa untuk menyamarkan bokong yang penuh. Penggunaan skinny jeans atau A-line skirt akan memberikan kesan feminim.

    Hindari:
    Hindari menggunakan atasan dengan potongan lurus yang akan membuat tubuh kamu terlihat lurus.

Itu dia beberapa tips memilih pakaian dan busana sesuai dengan bentuk tubuh. Jadi sekarang, kenali bentuk tubuhmu, dan temukan model baju yang paling sesuai untuk kamu.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih