Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Memilih Mainan untuk Anak

informasitips.com – Bermain merupakan kegiatan yang paling disenangi oleh anak-anak. Dengan bermain mereka bebas mengekspresikan rasa sekaligus menghasilkan suatu karya yang seringkali tidak Kita duga-duga. Melalui aktivitas bermain, anak bisa menemukan dunianya sendiri dan berbaur dengan lingkungan sosialnya. Dengan demikian diharapkan agar anak bisa memiliki rasa penghargaan terhadap dirinya sendiri dan penghargaan terhadap orang lain melalui kegiatan bermain atau permainan yang dinamis. Menurut pemikir dan ahli pendidikan di zaman Yunani, seperti Aritoteles dan Plato, bahwa bermain merupakan kegiatan yang mempunyai nilai praktis, artinya bermain digunakan sebagai media untuk menguatkan keterampilan dan kemampuan tertentu pada anak, selain tentunya membawa kesenangan tersendiri untuk mereka.

Memilih Mainan Anak

sumber gambar: www.familiamuitoloka.com

Oleh karena itu, jangan heran mengapa anak-anak selalu ingin dikelilingi dengan aneka mainan. Semakin banyak mainan yang berada di sekitarnya, semakin besar pula rasa ingin tahu dan mobilitas tubuh serta otaknya untuk bekerja. Namun sayangnya, banyak orang tua yang terkesan asal-asalan memilih mainan untuk buah hatinya. Salah-salah memilih dan membelikan mainan untuk si buah hatinya justru akan berakibat fatal untuk kesehatan bahkan keselamatan anak Anda dalam bermain. Sebelum Anda membelikan mainan untuk anak Anda, sebaiknya Anda membaca beberapa tips memilih mainan untuk anak berikut ini:

Keamanan

Memutuskan pilihan pada mainan anak utamanya harus mengacu pada keamanan mainan tersebut. Apakah mainan yang ingin Anda beli itu aman untuk digunakan oleh anak Anda meski dimainkan tanpa pengawasan orang tua? Perhatikan keterangan usia pada mainan anak dan pilih mainan yang sesuai dengan usia anak. Jangan sekali-kali memilih mainan berbahan keras, tajam, dan berat.

Beberapa mainan yang di jual di toko mainan mengandung bahan-bahan berbahaya untuk kesehatan anak Anda seperti, bahan yang menimbulkan aroma wangi yang menyengat, karena menurut Badan Narkotika Nasional

benda-benda yang menimbulkan aroma wangi selain memang fungsinya sebagai penwangi ruangan adalah termasuk benda-benda yang wajib untuk dicurigai. Aroma wangi pada mainan dan alat tulis akan membuat ketergantungan dan membuat halusinansi yang berlebihan bagi yang menciumnya. Ada kandungan berbahaya yang menjurus pada narkoba pada zat-zat yang menimbukan aroma wangi tersebut

Selain itu, ada juga bahan pewarna yang mudah luntur jika mainan dalam kondisi basah, bahan-bahan berbahaya seperti merkuri, timbal, dan kromium yang bisa memicu terjadinya alergi atau peradangan.

Mainan-mainan yang aman dan berkualitas baik untuk digunakan biasanya akan menyertakan label standar keamanan mainan seperti REACH (Jepang), ASTM (Amerika), dan SNI ISO 8124 (Indonesia). Jika mainan yang Anda pilih menggunakan kode-kode standar keamanan tersebut, maka mainan yang Anda pilih aman untuk dimainkan oleh anak Anda.

Kemampuan menstimulasi

Anda tidak boleh melupakan point yang satu ini dalam memilih mainan. Meskipun hanya sebuah mainan, hendaknya Anda mempertimbangkan daya guna mainan yang ingin Anda berikan kepada anak Anda. Bukan sekedar memberi kesenangan untuk anak, namun juga sebagai alat yang bisa menstimulus kemampuan-kemampuan baru yang bisa dilakukan anak. Misalnya, Anda memilih mainan scrabble atau papan huruf yang disusun membentuk kata-kata berbahasa Inggris, mainan seperti itu akan menstimulus kerja otak anak Anda untuk menyimpan memori tentang perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris. Pilihan cerdas lainnya bisa berupa mainan yang terbuat dari clay. Clay hampir serupa dengan plastisin atau lilin bentuk. Perbedaannya, clay bersifat lebih elastis dan tidak berminyak seperti plastisin. Kegunaannya sama dengan plastisin yaitu bahan untuk membuat aneka bentuk seperti buah-buahan, boneka, atau mobil-mobilan. Selain menstimulus kemampuan anak Anda untuk menciptakan beragam bentuk dari media clay, clay juga bisa merangsang ketertarikan anak Anda untuk memadupadankan warna-warna menarik dalam membuat aneka bentuk dengan clay. Sifat clay yang elastic juga menstimulus jari-jemari Anda menjadi tidak kaku.

Kebersihan atau Sanitasi Mainan

Selain kemanan, Anda juga harus memperhatikan aspek sanitasi. Mainan-mainan anak Anda harus dipastikan sanitasi atau kebersihannya. Dalam memilih mainan, sebaiknya Anda memilih mainan yang mudah dicuci (washable) atau dibersihkan tanpa membuat mainan menjadi rusak. Kita tidak pernah tahu berapa banyak kuman atau bakteri yang bersarang dalam mainan-mainan anak-anak Anda. Mainan yang dipegang silih berganti dan terletak di sana-sini tentu sangat berpotensi dihinggapi kuman dan bakteri yang tidak kasat mata. Bagi anak-anak yang berusia balita seringkali memasukkan mainan-mainan yang dimainkannya ke dalam mulut. Bayangkan, ketika mainan-mainan yang kotor masuk ke dalam mulut anak Anda, sudah pasti kuman dan bakteri ikut masuk dan bisa jadi memicu timbulnya penyakit di tubuh anak Anda. Oleh karena itu, mulailah memperhatikan sanitasi mainan-mainan anak Anda secepatnya! Cuci atau bersihkan mainan-mainan yang sudah terlihat kotor. Bila ingin lebih steril lagi, rendam mainan yang tahan air ke dalam wadah berisi air hangat untuk membunuh kuman dan bakterinya setiap kali mainan akan digunakan dan kemudian simpan di tempat yang bersih setelah selesai digunakan.

Ukuran mainan

Ukuran mainan dapat mempengaruhi kenyamanan sekaligus keamanan anak Anda saat memainkannya. Jangan sekali-sekali memilihkan mainan yang berukuran sangat kecil atau yang sangat besar. Memilih ukuran mainan bisa Anda lakukan dengan cara menyesuaikannya dengan usia dan berat atau bentuk tubuh anak Anda.

Bila anak Anda masih tergolong pada usia balita, jangan memberikannya mainan dengan ukuran yang sangat kecil. Balita seringkali memasukkan apa saja yang dipegangnya ke dalam mulut dan kemudian menelannya. Oleh sebab itu, pilihlah mainan dengan ukuran yang sekiranya tidak muat di rongga mulutnya. Jangan pula Anda memberikan mainan yang terlalu besar dan terlalu berat untuk anak-anak Anda. Bila ukuran tubuhnya jauh lebih kecil dari mainan-mainannya, bisa-bisa ia akan kesulitan dalam memainkannya. Dari segi keamananannya pun akan berbahaya. Mainan yang berukuran lebih besar dan berat dari ukuran dan berat tubuh anak Anda bisa membuat ia tertimpa dengan mainannya sendiri.

Tahan lama

Pilihlah mainan anak-anak yang sifatnya tahan lama dan tidak mudah rusak. Anak-anak belum mengerti bagaiaman caranya menjaga mainan-mainan yang dimilikinya. Mereka bisa melemparnya ke sembarang tempat, menginjaknya, meremasnya, dan bahkan membantingnya. Bila mainan yang Anda pilih sifatnya tidak tahan lama, bisa-bisa isi dompet Anda akan terkuras habis untuk membelikan mainan baru terus-menerus. Pilih mainan berbahan dasar palstik atau karet. Jangan memilih mainan yang berbahan dasar kaca, porselen dan mika. Mainan berbahan dasar tersebut mudah kali pecah bila terbanting atau terkena pukulan keras.

Harga

Harga sering kali membuat Anda sebal ketika harus membelikan mainan untuk anak Anda di mall. Jangan buru-buru kesal! Tidak semua mainan berlabel harga mahal memiliki manfaat yang sepadan untuk anak Anda. Mainan yang murah pun seringkali ditemukan sarat manfaat dan tahan lama. Hanya saja dari segi pengemasannya yang sering membuat pembeli tidak tertarik. Pikirkan saja bahwa yang Anda dan anak Anda butuhkan adalah isinya bukan kemasannya bukan? Untuk itu, sarannya adalah Anda bisa memilih alternatif penjual mainan selain di mall. Toko-toko mainan di pinggir jalan biasanya juga menyajikan aneka mainan dengan harga yang terjangkau dan bisa ditawar. Tapi meskipun murah, Anda tetap tidak boleh mengabaikan kemanan dan sanitasi mainan yah.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memutuskan mainan apa yang akan Anda beli untuk si Buah Hati…



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: