Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Memilih Kebaya Pengantin

informasitips.com – Nama kebaya sudah sangat familiar di telinga orang Indonesia. Model baju ini sepertinya telah mendarah daging di masyarakat ini. Tak hanya bisa dipakai pada saat acara-acara resmi, model baju kebaya juga telah dimodifikasi ke baju-baju yang digunakan untuk acara baik itu non formal maupun semi formal.

Untuk Kebaya pengantin sendiri, telah banyak sekali model yang ada, ratusan atau mungkin sudah ada ribuan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini mungkin disebabkan karena begitu populernya kebaya di negara ini sehingga dari dulu hingga sekarang para designer berlomba-lomba membuat design kebaya, khususnya kebaya pengantin, yang unik-unik guna memuaskan para pemakainya.

Di Indonesia, dalam satu acara pernikahan yang biasanya diidentikkan dengan penggunaan kebaya, ada yang bahkan menggunakan lebih dari satu macam kebaya. Beberapa kebaya itu antara lain digunakan pada saat acara siraman, midodareni, akad nikah, sampai pada resepsi pernikahan. Kebaya yang bisa dipilih untuk acara pernikahan ini juga bervariasi, mulai dari kebaya tradisional yang biasanya mengacu ke model kebaya keraton sampai kebaya modern atau bahkan gabungan dari kedua model ini. Pemilihan modelnya tergantung pada selera Anda masing-masing.

Tips memilih kebaya pengantin

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih kebaya pengantin adalah masalah waktu. Anda harus mempersiapkan kebaya pengantin jauh-jauh hari sebelum hari H. Hal ini untuk menghindari ukurannya yang mungkin akan kekecilan atau kebesaran. Di acara special seperti pernikahan, tentunya Anda tidak ingin kan mengenakan busana yang terlalu sempit atau bahkan kedodoran? Semuanya akan terlihat sempurna jika persiapan dilakukan sedini mungkin. Selain itu, warna juga harus Anda sesuaikan dengan kepribadian Anda atau warna yang Anda sukai mengingat bahwa hari pernikahan adalah hari yang sangat special untuk Anda, tetapi bisa juga jika Anda menyesuaikan warna kebaya dengan tema pernikahan Anda.

Disamping hal hal tersebut, yang tak kalah pentingnya adalah menyesuaikan kebaya pengantin Anda dengan bentuk tubuh. Kesesuaian bentuk tubuh Anda dengan busana yang Anda kenakan pada acara special akan membuat Anda tampil lebih memikat dan tentunya lebih percaya diri.

Berikut adalah cara-cara menyesuaikan kebaya pengantin dengan bentuk tubuh yang Anda miliki:

  1. Bentuk Tubuh Mungil
    Ekpose bagian pundak Anda dengan memilih kebaya yang sedikit terbuka di bagian atas. Ini bertujuan untuk membuat kesan tinggi dan langsing. Potongan bagian bawah kebaya yang serong atau memanjang hanya di bagian belakangnya saja juga akan menambah kesan tinggi pemakainya. Yang perlu anda hindari adalah jenis kebaya yang berkerah tinggi dan berdetail leher penuh serta kebaya panjang melebihi pinggul karena hal ini hanya akan membuat Anda terkesan lebih pendek.
  2. Perut Besar
    Untuk Anda yeng memiliki ukuran perut yang besar, kebaya bersih polos dan bebas dari ornamen-ornamen pada bagian sekitar pinggul akan sangat cocok di tubuh Anda. Ditambah dengan kebaya berpotongan panjang di bawah pinggul akan menimbulkan kesan ramping pada perut. Lebih baik lagi jika Anda menyukai model kebaya baby doll atau empire. Model ini akan membantu menyembunyikan kesan gendut pada perut Anda. Hal yang perlu dihindari adalah banyaknya ornamen pada kebaya dan detail bentuk V atau horizontal pada daerah sekitar pinggul.
  3. Bahu lebar
    Pemilik bahu lebar sebaiknya menghindari model kebaya klasik dengan lengan panjang ataupun penggunaan kamisol yang cenderung ketat. Sebaliknya, kesan langsing akan terlihat bila Anda menggunakan kebaya pengantin dengan garis leher menutup bahu dan terbuka di bagian dada. Usahakan juga menggunakan kerah V dengan detail aplikasi di bagian pinggul guna membuat proporsi bahu menjadi seimbang.
  4. Pay*d*ra besar
    Kebaya pengantin dengan bagian dada tertutup atau model bustier yang menutupi pay*dar* secara penuh cocok sekali untuk Anda yag memiliki pay*d*ra besar. Yang perlu dihindari adalah jenis kebaya dengan detail atau aplikasi yang banyak di bagian dada, garis leher yang terlalu rendah, dan juga cup bustier dengan bantalan tebal. Penggunaan bros atau aksesoris lain di bagian dada juga akan menambah kesan p*y*d*ra semakin besar.
  5. Tubuh Boyish atau agak maskulin
    Kabaya pengantin yang pas badan dilengkapi detail atau aplikasi pada bagian pinggul sangat cocok untuk bentuk tubuh ini. Hal ini berfungsi untuk menampilkan siluet tubuh sehingga terlihat lebih feminim. Tambahan pita-pita panjang pada kebaya yang polos, penggunaan bros, dan juga kamisol sebagai dalaman juga sangat dianjurkan untuk bentuk tubuh ini. Yang perlu dihindari adalah kebaya pengantin dengan aplikasi dan detail yang sangat menojol pada bagian pundak dan leher ditambah dengan kerah tinggi serta tidak pas di badan alias kedodoran. Kesan maskulin akan semakin tercipta dengan ini.

Dengan memperhatkan tips di atas sebelum memilih kebaya pengantin, Anda akan sangat anggun dan s*ksi pada pesta pernikahan nantinya. Selamat mencoba.

Image credit: kapanlagi.com



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: