Informasi dan Tips – informasitips.com

Bagaimana Memilih Jenis Sisir yang Tepat untuk Rambut?

informasitips.com – Bagi anda yang senang melakukan perawatan rambut, benda bernama sisir mungkin adalah salah satu benda paling berharga yang anda punya. Tetapi bagi anda yang masih awam dengan berbagai jenis sisir, ada baiknya anda kenali terlebih dahulu berbagai jenis sisir, karena tiap jenis sisir memiliki kegunaan yang berbeda. Dengan pemilihan sisir yang cocok dan juga melakukan penggunaan yang benar pastinya anda akan mendapatkan hasil terbaik dalam perawatan rambut anda.

Sebegitu pentingnya sisir bahkan telah membuat beberapa pakar mengembangkan jenisnya menjadi begitu banyak sesuai dengan kegunaannya masing-masing. Di salon-salon kecantikan, misalnya, untuk sekali potong rambut saja, seorang hair stylist harus menggunakan banyak sisir untuk mendapatkan jenis potongan yang berbeda. Betapa hebatnya kegunaan sisir sekarang ini.
Sisir, memang telah digunakan lama yaitu sejak 5000 tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan benda arkeologi berupa sisir di daerah Mesir. Sementara di China kuno, sisir telah digunakan sejak lama untuk menunjukkan status sosial seseorang dengan memakainya sebagai aksesoris.

Untuk mengenal lebih jauh tentang sisir, berikut adalah jenis dan macam sisir yang telah ada saat ini:

1. Cushion Hair Brush
sisir rambut cushionYaitu jenis sisir yang diciptakan untuk jenis rambut medium atau panjang. Fungsi sisir ini tidak hanya untuk menyikat dan merapikan rambut, tetapi juga untuk memijat kulit kepala guna melancarkan sirkulasi darah pada kepala.










2. Round Hair Brush
sisir rambut round (bulat)Bentuk dari sisir ini bulat dan memiliki fungsi untuk memberikan efek gelombang pada rambut. Keketatan gelombangnya tergantung dari diameter dari sisir ini. Semakin kecil diameternya, maka akan semakin ketat gelombang rambutnya. Diameter yang pendek sangat cocok untuk jenis rambut pendek, sedangkan rambut panjang memerlukan diameter besar untuk mendapatkan kesan gelombang yang bagus. Selain untuk membuat efek ikal pada rambut, sisir ini juga berfungsi untuk mengembalikan rambut pada posisi lurus seperti semula.






3. Paddle Hair Brush
sisir rambut paddleJenis sisir ini berfungsi untuk memberi kesan lurus pada rambut yang berjenis medium atau panjang. Dengan sisir ini, anda bisa mandapatkan rambut yang lembut dan halus sekaligus memperoleh kesan rambut lebih panjang dari sebelumnya. Jenis sisir ini tidak cocok untuk rambut yang memiliki banyak layer karena sisir ini dikhususkan untuk membuat kesan datar pada rambut.






4. Vent Hair Brush
sisir rambut ventCelah yang terdapat di bagian tengah sisir jenis ini memiliki fungsi mengalirkan udara yang mampu melewati sisir sehingga akan mempercepat proses pengeringan rambut pada saat dilakukan blow drying. Disamping itu, sisir ini juga berfungsi untuk meningkatkan volume rambut serta memiliki kemampuan menguraikan rambut kusut.

Selain yang disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi jenis sisir yang lain. Banyak sekali jenis-jenis yang ada sesuai dengan kategorinya. Ada yang dibedakan dari tingkat kerenggangan geriginya, dan lain-lain.

Nah, setelah memilih jenis sisir yang anda butuhkan, anda juga wajib tahu bagaimana cara menggunakan berbagai jenis sisir dengan tepat untuk mendapatkan hasil sisiran rambut yang maksimal.

Sangat penting untuk memilih sisir yang tepat untuk anda terutama jika itu menyangkut masalah gerigi sisir. Misalnya, sisir bergerigi rapat akan cocok digunakan bagi anda penyuka model rambut klimis dan rata, sedangkan sisir yang bergerigi renggang akan sangat cocok digunakan untuk rambut yang lebat. Sisir renggang ini juga biasanya digunakan untuk mencegaah meningkatnya kerontokan rambut.

Berikut adalah tips bagi anda untuk memilih sisir:
1. Sisir Bulat
Bentuknya tentu saja bulat serta memiliki ukuran diameter yang berbeda-beda, ada yang kecil, sedang, dan juga besar. Sisir jenis ini sangat cocok untuk rambut yang memiliki akar kuat karena sisir ini cenderung keras menarik rambut , jadi sangat gampang membuat rambut rontok. Maka dari itu tidak disarankan bagi pemilik rambut rontok untuk menggunakan sisir jenis ini. Fungsi utama dari sisir ini adalah menampilkan lengkungan terutama pada model rambut pendek.

2. Sisir Sikat atau berongga
Penggunaan sisir jenis ini akan menampakkan kesan rambut tebal dan mengembang. Hal ini disebabkan karena rongga yang terdapat pada sela-sela geriginya membuat udara mudah masuk ke dalam formasi rambut sehingga kesan mengembang gampang sekali di dapat dari jenis sisir ini.

3. Sisir bergerigi rapat
Adalah jenis yang diciptakan untuk model rambut kasar. Karena memiliki anak-anak rambut yang halus, sisir ini berfungsi menimbulkan efek halus dan rapi pada rambut. Tetapi, ada baiknya sisir ini tidak sering-sering digunakan mengingat gampang rusaknya rambut oleh gesekan dari gerigi sisir yang terlalu rapat.

4. Sisir bergerigi jarang
Sisir ini sangat baik untuk digunakan pemilik rambut dengan masalah kerontokan. Bahkan sisir ini aman digunakan ketika rambut masih dalam keadaan basah karena tidak akan menimbulkan kerontokan yang lebih parah. Pemilik rambut panjang pun disarankan untuk menggunakan sisir jenis ini.

Sekarang, tentu anda mengerti kan jenis sisir apa yang anda butuhkan?



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: