Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Memilih Ekskul Yang Tepat Dan Sesuai

informasitips.com – Apa sih ekskul itu? Pasti banyak diantara kamu yang sudah mengetahuinya kan? Yup. Kegiatan Ekstra Kurikuler atau sering disingkat dengan ekskul ini adalah kegiatan tambahan yang diadakan pihak sekolah untuk mengasah bakat dan kemampuan yang dimiliki oleh para siswa.

Biasanya kegiatan ekskul ini dilaksanakan setelah jam pelajaran berakhir agar tidak mengganggu jam pelajaran.

Umumnya, ada beberapa jenis ekskul yang diadakan sekolah, seperti ekskul paskibra, sepak bola, baseball, biola, paduan suara, pramuka, PMR, basket, voli, taekwondo, teater, band, angklung, Chess Club, English Club, Math Club dan lain sebagainya.

Bingung memilihnya? Awas loh, salah–salah pilih nanti kamu malah terjebak ke ekskul yang nggak kamu minati. Untuk itu, simak dulu yuk tipsnya dibawah ini, biar kamu nggak bingung lagi dan semakin mantap dalam memilih ekskul yang tepat dengan potensimu.

  1. Hobi/Selera
    Pikirkan dulu masak–masak, yang mana seleramu? Lebih condong ke seni, olah raga, ataukah keagamaan?

    Jangan karena ada kakak kelas yang ganteng di klub basket, terus kamu ikut–ikutan masuk situ, padahal selera kamu sebenarnya di teater.

    Atau karena sedang ’mengejar’ senior cantik di Math Club, kamu jadi ikutan masuk kesitu, padahal bakat kamu di cas cis cus berbahasa Inggris 😉

  2. Bakat/Kemampuan
    Kalau selera sudah cocok, sekarang lihat lagi kemampuan kamu apa?

    Pilih ekskul yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang kamu miliki sehingga dapat mengasah bakat dan kemampuan kamu lebih dalam lagi. Jangan ikut bergabung dengan ekskul yang tidak dapat memberikan sesuatu yang maksimal kepada kamu.

    tips memilih ekskul yang tepat dan sesuai

  3. Hindari Yang Dapat Menurunkan Nilai Kamu
    Jangan sampai dengan mengikuti ekskul di sekolah, justru membuat prestasi pada kegiatan utama di sekolah jadi menurun. Hal ini bisa disebabkan karena kamu terlalu lelah dan sibuk dengan kegiatan ekskul, malah jadi jarang belajar dan lupa mengerjakan PR. Bisa–bisa nilai rapor kamu jatuh nantinya.

  4. Biaya
    Selera sudah pas, bakat juga sudah oke, bagaimana dengan biayanya? Maksudnya, jika ternyata ekskul yang kamu pilih itu menuntut biaya yang tidak sedikit, pilih saja ekskul yang berbiaya rendah. Misalnya saja, kalau kamu ikut ekskul musik dan sama–sama menyukai alat musik, contoh, biola dan gitar. ”modal awal’ biola mahal, coba ganti dengan gitar. Toh masih sama–sama di musik, dan sama–sama instrumen yang kamu sukai kan?

  5. Bergabung Dalam Ekskul Yang Resmi/Diizinkan Pihak Sekolah
    Hal ini mungkin saja ada dan terjadi, kegiatan ekskul yang berjalan tanpa sepengetahuan dan seizin pihak sekolah. Hindarilah bergabung dengan kegiatan–kegiatan ekstra kurikuler tersebut karena akan memberikan dampak yang negatif buat kamu.

  6. Jadwal/Waktu
    Semua sudah oke, nah sekarang giliran waktu alias jadwal yang harus kamu cek nih. Jangan sampai jadwal ekskul kamu bentrok dengan kegiatanmu yang lain, apalagi sampai mengganggu hal yang utama, yaitu belajar. Sayang, kan kalau latihan kamu nggak maksimal. Padahal salah satu alasan mengikuti ekskul kan karena kita ingin mahir di bidang itu. Kalau penerapannya setengah–setengah sama saja bohong.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika ingin memilih kegiatan ekstrakurikuler.

Namanya saja kegiatan ekstra atau tambahan, jadi jangan sampai deh kegiatan ekskul kamu itu mengganggu kegiatan belajar apalagi sampai menurunkan prestasi kamu, cemerlang di ekskul tapi prestasi sekolahmu jadi jeblok. Wah jangan ya guys, karena ekskul bukan merupakan kegiatan utama yang harus kamu nomor satukan. Sebagai seorang pelajar, Belajar tetaplah hal utama yang harus kamu lakukan.

Semoga sekarang kamu nggak bingung–bingung lagi ya dalam memilih kegiatan ekstra kurikuler di sekolah dan semoga tipsnya bermanfaat 🙂

(Berbagai sumber. *SilverSkylane)

Baca juga : Tips Bijak Memilih Ekskul untuk Anak



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: