Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Memilih Busana Saat Hamil

informasitips.com – Tampil cantik saat hamil? Kenapa tidak? Masa kehamilan adalah anugerah tak ternilai dalam hidup seorang wanita. Sudah sepantasnya di saat-saat seperti ini banyak syukur yang harus terucap meskipun badan dalam kondisi yang mungkin sangat tidak nyaman.

Ketidaknyamanan yang terjadi pada wanita hamil banyak sekali faktornya. Beberapa diantaranya adalah perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh sehingga pada sebagian orang menimbulkan rasa kurang enak di badan, perubahan pada berat dan bentuk badan yang tentu saja akan memengaruhi penampilan wanita hamil.

Bicara soal penampilan, perubahan bentuk badan yang terjadi saat hamil tentu membuat wanita hamil merasa kesulitan dalam berbusana. Busana hamil, dalam hal ini tidak hanya diidentikkan dengan baju saja, melainkan juga segala sesuatu yang dapat menunjang penampilan si ibu hamil pada kondisi kehamilan. Misalnya pakaian dalam, sepatu, serta aksesoris lainnya.

Jika banyak orang yang bilang bahwa hamil bisa membuat penampilan seseorang jadi tidak modis, itu salah besar. Saat ini, banyak koq baju-baju, sepatu, serta barang-barang lainnya yang diproduksi mengikuti trend khusus untuk ibu hamil yang desainnya tak kalah modis dengan baju-baju kebanyakan.

Jika saat ini kebetulan anda sedang hamil, ada baiknya anda ingat bahwa kehamilan seharusnya tidak membuat anda mati gaya. Dengan sedikit trik tentang bagaimana mensiasati penampilan, andapun bisa tetap tampil cantik dan modis saat hamil.

Busana Ibu hamil

Namun, hal ini juga bukan berarti anda boleh mengikuti setiap gaya busana yang ada dan mengabaikan kenyamanan. Masa kehamilan merupakan masa dimana anda harus selalu lebih berhati-hati karena ada seorang makhluk kecil di dalam diri anda yang harus anda jaga dan anda lindungi keselamatannya. Maka dalam hal penampilan pun hendaknya anda memperhatikan kenyamanan serta keamanan si buah hati.

Dalam hal ini, yang terpenting adalah, apapun gaya busana yang anda pilih, seharusnya jangan terlalu memaksakan jika memang busana tersebut tidak nyaman atau bahkan dampaknya malah akan membahayakan bayi anda. Misalnya, baju yang terlalu ketat hingga menyebabkan kesulitan bernafas, atau juga sepatu dengan ukuran high heels yang sangat tinggi.

Meskipun dalam sehari-hari anda terbiasanya mengenakannya, pada masa kehamilan sebaiknya anda hindari demi keamanan dan keselamatan diri anda dan si kecil.

Agar tak terlalu bingung, perhatikan beberapa tips memilih busana hamil berikut ini:

  1. Pilih model baju yang nyaman
    Biasanya, ibu hamil lebih banyak yang memilih model baju terusan dengan tujuan agar tak ada penekanan pada bagian perut demi kenyamanan si bayi. Namun demikian, jika pada saat sebelum hamil anda tak terbiasa dengan model baju ini dan tak merasa nyaman dengannya, andapun tak perlu memaksakan diri untuk memakainya.

    Anda tetap bisa memilih model baju setelan yang berupa atasan dan bawahan yang khusus didesain untuk ibu hamil. Model baju setelan untuk ibu hamil saat ini sangat banyak dan mudah didapat. Baik untuk atasan, rok maupun celana telah disesuaikan dengan bentuk tubuh dan juga perut ibu hamil.

    Jadi anda tak perlu khawatir akan mengalami siksaan pada perut anda. Apalagi jika kehamilan anda sudah mulai membesar, baju model ini sangat pas dan nyaman digunakan.

    Untuk tips tetap kelihatan langsing, pilihlah setelan yang berwarna senada. Lebih baik lagi jika atasan dan bawahan warnanya sama karena memang diproduksi bersamaan, bukan padu padan anda sendiri. Selain itu, hindari memilih baju dengan motif yang besar karena tubuh anda yang semakin membesar akan tampak lebih besar lagi jika menggunakan aksen motif berukuran besar.

    Busana untuk wanita hamil

  2. Pilih baju dari bahan yang nyaman
    Karena metabolism ibu hamil biasanya lebih tinggi dari kondisi biasanya saat sedang tidak hamil, maka andapun akan lebih banyak berkeringat. Oleh karena itu bahan dari katun akan lebih pas menjadi pilihan anda karena lebih menyerap keringat dan tidak panas saat dikenakan.

    Sudah wajar jika dalam kondisi hamil, biasanya anda akan lebih banyak pengeluaran untuk membeli segala keperluan yang anda butuhkan. Jadi, tidak masalah mengeluarkan lebih banyak anggaran untuk urusan kualitas bahan baju, karena baju dari bahan yang berkualitas tinggi biasanya lebih nyaman digunakan. Mengingat kenyamanan adalah yang utama, mahal sedikit nampaknya tak akan jadi masalah.

  3. Pilih baju dengan ukuran yang pas
    Tidak hanya bahan, ukuran pun juga menentukan kenyamanan si ibu hamil dalam berbusana. Meskipun rata-rata baju hamil diproduksi dalam ukuran yang besar, namun anda harus tetap menyesuaikan dengan ukuran tubuh anda, apakah itu Small, Medium, atau Large. Pas disini bukan berarti ketat. Namun, dalam kondisi hamil, tidak berarti anda harus mengenakan baju yang super longgar. Sedikit agak longgar dan nyaman saja sudah cukup dalam hal pemilihan ukuran. Baju yang terlalu longgar hanya akan membuat badan anda yang sudah membesar terlihat semakin besar.

  4. Pemilihan warna agar terlihat langsing
    Permainan warna sangat penting untuk membentuk siluet badan agar terlihat lebih langsing. Warna-warna yang bagus untuk wanita hamil seperti anda adalah warna-warna yang cerah. Namun, warna cerah ini juga barus diperhatikan dan disesuaikan dengan warna kulit anda. Selain memberi efek lebih langsing, warna-warna cerah yang dikenakan saat hamil juga membantu membangun mood ceria bagi si ibu.

    Kondisi fisik ibu hamil biasanya memperlihatkan wajah yang lelah dan kusam, jadi warna-warna ini sedikit membantu membangkitkan keceriaan sehingga membuat anda tampak lebih cantik di masa kehamilan.

  5. Model bawahan yang pas
    Jika pilihan anda jatuh pada model setelan dengan menggunakan rok pada bawahannya, maka model rok yang pas untuk ibu hamil adalah A-line. Meskipun tidak boleh terlalu ketat, namun ukuran yang pas akan membuat anda tampil lebih modis. Dan yang terpenting, hindari aksen kantong pada rok anda karena hanya akan memberi tambahan tampilan lebih gemuk.

    Demikian halnya jika anda memilih celana panjang, maka anda pun tidak perlu kantong dan juga hindarkan dari aksen ploi di samping. Untuk bagian pinggang, pilih yang menggunakan karet yang berfungsi juga sebagai korset untuk menopang perut anda. Lain lagi jika anda lebih suka memakai rok pendek dan stocking, maka pilihlah warna stocking yang senada dengan warna rok agar siluet tubuh anda lebih panjang sehingga terlihat lebih langsing.

  6. Tentang pakaian dalam
    Pilih pakaian dalam khusus yang didesain untuk ibu hamil. Hal ini demi kenyamanan anda sendiri. Untuk celana dalam, biasanya telah didesain seperti korset agar perut terlihat lebih rata, disamping juga berfungsi sebagai penopang.

  7. Kerah bentuk V
    Pemilihan model kerah bentuk huruf V ternyata juga akan menambah langsing tubuh anda. Hal ini karena efek yang ditimbulkan dari model kerah ini adalah memanjangkan tubuh anda.

  8. Tentang aksesoris
    Karena pada saat hamil tubuh anda membesar, maka aturan aksesoris untuk ibu hamil cenderung sama dengan orang yang berbadan besar atau gemuk. Jangan terlalu banyak aksesoris karena hanya akan memberi kesan anda terlihat lebih besar. Pilih saja yang simple dan warnanya senada dengan baju yang sedang anda kenakan.

  9. Jika harus memakai high heels
    Meskipun disebutkan di atas bahwa high heels sangat tidak dianjurkan bagi para ibu hamil, namun terkadang ada sebagian orang yang telah terbiasa dengan high heels akan merasa tidak nyaman bila tidak mengenakan alas kaki jenis itu meskipun sedang dalam kondisi hamil. Untuk itu, jika memang harus menggunakan high hees, sebaiknya anda memilih yang model wedge, tidak lancip. Hal ini untuk menghindarkan dari resiko cidera yang mungkin terjadi. Ingat, ukuran heels nya pun jangan yang terlalu tinggi. Karena besarnya kaki biasanya juga bertambah seiring dengan besarnya kandungan. Sebaiknya anda tak menggunakan high heel lama anda karena pastinya akan kekecilan dan sangat menyiksa. Jangan juga terlalu lama berdiri saat sedang menggunakan high heels. Duduklah setiap kali anda punya kesempatan untuk menghindari kelelahan.

Semoga tips di atas bermanfaat bagi anda yang saat ini sedang menikmati masa-masa indah kehamilan. Selamat berburu baju hamil!



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: