Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Memelihara Kelinci

Tips memelihara Kelinciinformasitips.com – Kelinci merupakan hewan peliharaan yang lucu, cerdas, bersih, dan menyenangkan. Mereka sangat ramah terhadap anak-anak dan memiliki harapan hidup antara 6 dan 10 tahun jika dirawat dengan baik.

Dengan ruang yang cukup untuk tempat tinggal dan bermain-main, makanan, kelinci bisa hidup bahagia meskipun tinggal di dalam ruangan. Namun, Anda perlu mencurahkan waktu setiap hari untuk merawat mereka. Kelinci umumnya perlu perhatian lebih dari hewan peliharaan yang paling kecil dan kadang-kadang bisa menggaruk dan menggigit. Kelinci adalah hewan peliharaan yang ideal untuk anak-anak asalkan di bawah pengawasan orang dewasa.

Kandang di luar rumah

Kandang kelinci baiknya di tempat yang terpisah dari rumah dan kering .Idealnya kandang untuk sepasang kelinci berukuran 150 x 60 x 60cm. Tidak masalah jika kandang kecil, asalkan pertimbangkan untuk melepasnya di kebun dan dibiarkan ‘berolahraga’ dengan pengawasan setiap hari. Kandang harus teduh pada siang hari dan bisa digunakan untuk berlindung pada saat angin kencang. Berikan alas yang dapat dikosongkan setiap hari supaya kandang mudah dibersihkan.

Kandang di dalam ruangan

Kelinci mencintai lingkungan rumah. Untuk membuat tempat yang nyaman untuk tidur, kotak sarang diisi jerami atau rumput kering dan sebuah nampan sampah yang bersih. Anda perlu memastikan Kelinci Anda supaya bisa bermain-main di luar akrena Kelinci membutuhkan cahaya alami untuk mendapatkan vitamin D. Kelinci akur binatang peliharaan lain, tetapi harus tetap hati-hati dan diperlukan pengawasan.

Tips memelihara kelinci

Jenis Kelinci

Ada banyak varietas, masing-masing dengan karakteristik berbeda. Berikut adalah beberapa tips umum:

  • Kelinci laki-laki cenderung lebih mudah diprediksi dan mudah marah
  • Keturunan raksasa memerlukan lebih banyak ruang dan pakan lebih
  • Beberapa varietas kerdil biasanya temperamental sehingga kurang cocok untuk anak
  • Kelinci berambut panjang akan membutuhkan perawatan harian dan intensif
  • Keturunan umum seperti Belanda, Inggris, Belanda dan Dwarf Dwarf Lop bertelinga biasanya lebih jinak.

Pemberian makanan

Diet Kelinci khas harus jerami 75% atau rumput dengan banyak air segar. Sebuah kualitas yang baik pelet akan memberikan tambahan nutrisi dan vitamin yang mereka butuhkan. Mereka juga menikmati sayuran segar seperti wortel, bayam, selada air, brokoli, dan apel. Jangan memberi makan Kelinci kentang atau selada karena dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Latihan dan Hiburan:

Semua Kelinci butuh berolahraga sehari-hari sehingga perilakunya alami. Sebuah pipa di kandang yang dapat bertindak sebagai liang, atau kotak diisi dengan kertas robek agar mendorong kelinci untuk menggali – termasuk beberapa akar atau batang sayuran untuk digigit.

Penanganan:

Kelinci muda dapat gugup dan harus secara bertahap terbiasa dengan lingkungan mereka – dan kepada Anda. Pada beberapa hari pertama, berbicaralah perlahan untuk Kelinci Anda untuk membangun kepercayaan, lalu perlahan-lahan memperkenalkan tangan Anda ke dalam kandang. Kelinci Anda akan menjadi ingin tahu dan lebih percaya diri dengan Anda. Setelah seminggu atau dua minggu, cobalah mengambil hewan peliharaan Anda menggunakan kedua tangan. Tempatkan ibu jari Anda di bahu dengan jari-jari Anda dengan lembut di sekitar tulang rusuk; tempatkan tangan Anda yang lain di bawah bagian belakangnya untuk menopang. Ini adalah waktu yang baik untuk memulai perawatan Kelinci Anda – sesuatu yang harus dilakukan setiap hari.

Perawatan;

Kelinci dapat berkembang biak sangat cepat selama 4 bulan. Kehamilan berlangsung 30-32 hari dan bisa beranak hingga 4-12 Kelinci. Bayi kelinci tidak harus disentuh selama 4 hari pertama dan akan membuka mata mereka setelah 8-10 hari. Bayi dapat dipisahkan dari ibu mereka pada umur 5-6 minggu.

Komunitas:

Satu Kelinci akan menjadi sangat kesepian jika hidup sendirian jadi lebih baik untuk memlihara sepasang atau berkelompok. Neutering dan spaying akan mencegah perilaku yang tidak diinginkan dan berkelahi. Umumnya dua jantan dikebiri atau dua betina yang dikebiri akan hidup bersama, atau laki-laki dan perempuan dikebiri un-dikebiri. Sebaiknya disarankan untuk tidak memelihara Kelinci bersamaan dengan marmut karena mereka sangat berbeda.

Kesehatan:

Sebuah Kelinci yang sehat akan waspada, memiliki debit bebas mata dan hidung mengkilap. Pernapasan harus tenang dan teratur. Jika Anda khawatir tentang kesehatan Kelinci Anda, sebaiknya tanyakan ke dokter hewan. Untuk hidup sehat, Kelinci Anda memerlukan sebagai berikut:

  1. Waktu dan perhatian Anda – mereka harus diperiksa dua kali sehari
  2. Diet seimbang yang baik dengan tidak ada perubahan mendadak
  3. Kandang dibersihkan seminggu sekali dengan desinfektan ringan
  4. Tidak ada perubahan yang ekstrim atau tiba-tiba perubahan suhu
  5. Botol air dan mangkuk pakan dibersihkan setiap hari
  6. Sediakan makanan keras atau sejenis kayu untu digerogoti untuk membantu memakai gigi mereka terus berkembang
  7. Perawatan harian untuk Kelinci berambut panjang
  8. Kotoran kelinci Anda ada 2 jenis Selama siang hari normal biasanya mengandung pelet keras, biasnya ini akan banyak. Pada malam hari mereka mengeluarkan kotoran yang dikenal sebagai “Caecotrophs” . Ini adalah perilaku normal. Namun kelinci obesitas akan memiliki masalah dengan ini, sehingga diusahakan kelinci jangan sampai menjadi gemuk.

Semoga Tips memelihara Kelinci di atas dapat berguna buat Kamu para pencinta Kelinci.

Copyright secured by Digiprove © 2012

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkannya. Terimakasih