Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Memelihara Hamster

Tips memelihara hamsterHamster merupakan hewan yang masih satu keluarga dengan tikus. Hewan ini sangatlah lucu, berbulu lembut dan sangat menggemaskan. Banyak orang yang sangat tertarik untuk memeliharanya.

Ada beberapa spesies dari hamster, diantaranya syirian, capbell, winter white, dan roborovski. Spesies syirian memiliki ukuran tubuh yang paling besar dari spesies yang lainnya. Spesies ini tidak suka menggigit. Sementara itu, spesies capbell memiliki ukuran tubuh yang terkecil dari spesies yang lain. Namun, spesies ini lebih suka menggigit. Untuk spesies winter white adalah spesies yang paling cocok untuk dipelihara anak-anak karena sangat imut-imut. Namun spesies ini sangatlah mahal. Spesies roborovski memiliki kecepatan lari yang sangat cepat.

Memelihara hamster merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan dan tak membosankan. Harganya yang cukup terjangkau membuat hewan ini digemari banyak orang. Perawatannya juga cukup murah. Kita hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp. 50.000 setiap bulannya. Memelihara hamster juga ada triknya. Berikut ini ada beberapa tips dalam memelihara hamster.

Tips memelihara hamster :

  • Usahakan untuk tetap menjaga kandang hamster agar tetap bersih dan kering. Hal ini akan menjaga hamster agar tetap sehat. Gunakanlah pasir atau batu kecil untuk alasnya. Gantilah pasir atau batu setiap 2 minggu sekali.
  • Berikanlah makanan dan minuman yang cukup. Ada beberapa makanan utama bagi hamster yang dijual di pasaran seperti Ultra Blend, XtraVital, Vitakraft, Hamsfood, Hagen, Minimal Goods, dan lain-lain. Beri tambahan makanan untuk si hamster yakni biji bunga matahari. Berilah si hamster bunga matahari secukupnya dan jangan terlalu kebanyakan. Jika terlalu banyak, hal ini akan menimbulkan obesitas atau kegemukan, kurangnya kalsium, dan masih banyak yang lainnya.
  • Usahakan untuk menghindari hamster dari air. Hamster adalah hewan yang anti dengan air. Ini bukan berarti mereka tak membutuhkan air. Usahakan jangan menempatkan hamster di tempat yang lembab. Jika hamster anda terkena air dan basah, keringkan dengan segera. Hal ini untuk menghindari hamster dari kematian.
  • Jangan mencampur hamster jantan dan betina. Karena ini akan menjadi pertempuran yang sangat sengit. Jika ini terjadi, bukan tidak mungkin salah satu hamster anda akan mati, atau bahkan keduanya. Jika ingin mengawinkannya, lakukanlah dengan pelan-pelan sampai keduanya mau.
  • Usahakan jangan memisahkan induk hamster dengan bayinya. Pisahkan saja yang pejantannya untuk menghindari si induk agar tidak stress. Jika induk hamster stress, ia bisa memakan sendiri anak-anaknya. Memang sangat tragis. Namun, itulah yang kebanyakan terjadi jika sang induk sedang stress.
  • Janganlah menjemur hamster di bawah sinar matahari. Pada dasarnya, hamster merupakan hewan nocturnal atau hewan malam. Mereka tidur pada siang hari dengan cara menggali lubang dengan kedalaman 10-20 meter. Namun, saat malam tiba mereka keluar untuk mencari makan. Jadi, kita tak perlu menjemur hamster di bawah sinar matahari.
  • Berhati-hatilah saat kita sedang memegang hamster. Jangan sampai hamster anda jatuh dari ketinggian, karena hal ini akan menyebabkan hamster anda menjadi sakit, atau bahkan mati.

Itulah beberapa tips untuk merawat hamster. Hamter merupakan hewan yang butuh banyak perhatian. Jadi, sayangilah mereka. Namun, kita tak boleh terlalu memanjakan mereka. Karena hal tersebut malah membahayakan nyawa hamster anda. Rawatlah hamster anda secara teliti. Ini akan membuat hamster anda akan awet dan bahkan akan bertambah banyak. Tips tersebut diatas pantas anda coba dalam merawat hamster. Selamat mencoba.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2012


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: