Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Membuat CV dalam Bahasa Inggris

informasitips.com – Dalam artikel sebelumnya kami telah membahas bagaimana membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris. Ketika mengirimkan surat lamaran kerja, tentu kita tak boleh lupa menyertakan CV (Curriculum Vitae) atau Daftar Riwayat Hidup.

Bagaimana membuat CV dalam bahasa Inggris? Simak panduan dan tips di bawah ini:

INFORMASI DALAM CV
Dalam sebuah CV, kita harus mencantumkan beberapa hal penting mengenai diri kita, di antaranya:

  • Data diri (Personal Details)
    Dalam Personal Details, kita harus mencantumkan nama, alamat lengkap, tanggal lahir, nomor telepon dan juga alamat email. Tak perlu mencantumkan hal-hal yang bersifat pribadi, seperti agama, nama anak, dan sebagainya.
  • Menulis CV yang baik dalam bahasa Inggris

  • Pendidikan (Education and Qualifications)
    Tuliskan pendidikan yang pernah kita tempuh dimulai dari yang paling terakhir kali kita tempuh. Begitu pula ketika menuliskan kualifikasi (Qualifications), yang berupa kursus bersertifikat, urutkan dari kursus yang paling terakhir kali kita ikuti. Jangan lupa untuk mencantumkan nama insititusi tempat kita menempuh pendidikan tersebut serta tanggal kita memulai dan mengakhiri pendidikan/kursus tersebut.
  • Pengalaman kerja (Work Experience)
    Seperti halnya ketika menuliskan jenjang pendidikan yang pernah kita tempuh, tuliskan pengalaman kerja dari yang terakhir kali kita masuki. Tuliskan juga nama perusahaan tempat kita bekerja dan tanggal/tahun kita memulai dan mengakhiri pekerjaan tersebut. Jika kita masih bekerja pada perusahaan tersebut, pada tanggal tulislah tanggal/tahun mulai yang diikuti dengan kata present (contoh: May 13, 2007 – present). Dalam setiap pengalaman kerja yang kita miliki di masing-masing perusahaan, kita juga bisa menuliskan tanggung jawab atau tugas yang kita lakukan di perusahaan tersebut. Perhatikan tenses yang digunakan. Bila kita sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut, pastikan kita menggunakan Past Simple. Sebaliknya, gunakan Present Simple jika kita memang masih berstatus karyawan di perusahaan tersebut. Gunakan kata-kata seperti developed, planned atau organised ketika mendeskripsikan tugas kita. Sebisa mungkin, cobalah untuk mengaitkan talenta (skills) yang kita miliki dengan pekerjaan yang kita lakukan.
  • Hobi dan Minat (Hobbies and Interests)
    Pastikan bagian ini tertulis secara singkat dan tepat sasaran. Gunakan bullets (seperti * atau -) untuk memisahkan jenis hobi yang berbeda, misalnya hobi yang berhubungan dengan olah raga dengan hobi yang berhubungan dengan kreatifitas. Usahakan juga untuk mencantumkan minat yang mendeskripsikan hubungan dengan orang lain, misalnya:- Cinema: member of the University Film-Making Society
    Travel: travelled through Java by train in a group of four people, visiting historic sites.
    Reading: helped younger pupils with reading difficulties at school.Cara penulisan hobi dan minat seperti di atas akan memberi gambaran bahwa kita merupakan seseorang yang senang penuh semangat dan senang membantu orang lain.
  • Talenta (Skills)
    Cantumkan kemampuan berbahasa asing yang kita miliki beserta levelnya, misalnya good conversational English, basic French. Selain itu, tuliskan juga computer skills yang kita miliki, seperti good working knowledge of MS Access and Excel, plus basic web page design skills.
  • Referensi (References)
    2 referensi biasanya cukup. Tuliskan nama, jabatan, alamat, nomor telepon atau alamat email si pemberi referensi. Atau, kita juga bisa menuliskan “Available on request”.

FORMAT CV

  • CV biasanya terdiri tak lebih dari 2 halaman kertas berukuran A4. Pastikan CV yang kita buat tepat sasaran, informatif namun tetap singkat, mudah dibaca dan dipahami, serta akurat, baik dalam spelling maupun grammar.
  • CV biasanya dituliskan dalam huruf Times New Roman (12) atau Arial (11). Meski demikian, penggunaan kedua jenis huruf tersebut dianggap agak membosankan untuk dibaca. Oleh karena itu, kita bisa juga menggunakan Verdana (10) atau Lucida Sans (12).
  • Jika kita mengirimkan surat lamaran kerja melalui email, tuliskan surat lamaran dalam badan email dan kirimkan CV sebagai attachment. CV dikirim dalam format PDF, kecuali beberapa pencari kerja menginginkan kita mengirimkan CV dalam MS Word (.doc) format. Rich Text Format (.rtf) juga bisa digunakan sebagai alternatif.
  • Cantumkan juga foto berukuran 3×4 dalam CV kita. Foto ini bisa kita tempelkan langsung atau copy-paste dan letakkan pada CV.

CONTOH FORMAT CV
————————————————————————————————————–

PERSONAL DETAILS
Name                    : Maria Fransisca
Date of Birth          : March 8, 1983
Place of Birth         : Jakarta
Address                : Jl. Kemuning No. 34, Jakarta Selatan 12009
Telephone             : 021 – 8267336
Cell Phone            : 081783654289
Email                   : maria_fransisca@gmail.com

EMPLOYMENT HISTORY
Lecturer, 2004 – present
University of Gadjah Mada, Yogyakarta
Course: Psychology in the Classroom

Teaching Assistant, 2001 – 2003
University of Indonesia, Jakarta
Courses: Special Education, Learning Disabilities

EDUCATION
B.A, Psychology, Indonesian University, Jakarta, 2000

LANGUAGES
– English, fluent
– Basic knowledge of Spanish

SKILLS
– Good working knowledge of MS Excel
– Basic knowledge of web page design

INTERESTS
Cinema: member of the University Film-Making Society
Travel: travelled through Java by train in a group of four people, visiting historic sites.
Reading: helped younger pupils with reading difficulties at school.

REFERENCES
Available on request

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2012


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: