Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Membersihkan Cumi-cumi

informasitips.com – Siapa yang tidak kenal dengan olahan yang berbahan dasar cumi? Makanan yang kaya akan protein itu memang disukai oleh banyak orang, apalagi jika Anda dapat mengolahnya dengan tepat menjadi berbagai macam panganan, misalnya menjadi sate cumi, cumi bumbu balado, cumi bumbu kecap, cumi saus barbeque dan masih banyak resep dan cara lain untuk mengolah cumi-cumi. Tetapi, kebanyakan dari kita lebih memilih membeli cumi yang sudah matang di restoran seafood dibandingkan mengolah sendiri, padahal harga cumi matang lebih mahal dibandingkan dengan harga cumi yang mentah. Lagipula dengan membeli sendiri kita jadi bisa sepuas hati mengolah cumi dengan kreasi kita sendiri. Ternyata alasan umum ibu-ibu yang lebih memilih membeli cumi-cumi matang itu karena mereka khawatir jika cumi yang dibuat masih bau. Hal tersebut disebabkan karena mereka kurang bersih ketika membersihkan tinta yang ada di cumi. Untuk itu, agar olahan cumi Anda bisa enak layaknya masakan restoran Anda harus tahu bagaiamana cara membersihkan cumi-cumi dengan tepat:

  • Pilihlah cumi yang segar

    Saat membeli cumi, carilah cumi yang segar yang langsung dipotong di tempat Anda membelinya, karena cumi segar ternyata lebih mudah dibersihkan. Permukaan cumi-cumi yang segar masih lembek sehingga lebih mudah untuk melepaskan kotoran yang menempel di bagian tubuh cumi.

  • Tips Membersihkan Cumi-cumi

  • Pisahkan bagian-bagian cumi saat dibersihkan

    Ini merupakan bagian yang harus diperhatikan, dimana Anda harus memisahkan bagian mana yang akan Anda olah dan bagian mana yang harus dibuang. Biasanya bagian cumi yang penuh dengan tinta yang terdapat di bagian dalam cumi lah yang dibuang. Caranya, pisahkan bagian tentakel cumi dari badan, ini akan mempermudah Anda membersihkan bagian dalam cumi yang banyak tinta, bilaslah terus menerus hingga bersih.

  • Rendam dengan air jeruk nipis

    Setelah membersihkan bagian dalam cumi dan tentakelnya, rendam cumi ke dalam air hangat yang sudah dicampur jeruk nipis. Selain untuk menghilangkan bau amis, rendaman jeruk nipis akan mempermudah Anda saat membersihkan bagian luar.

  • Rebus selama 3 menit

    Hal tersebut bertujuan untuk membersihkan cumi dari warna yang membandel, sehingga cumi akan menjadi lebih bersih tanpa bau amis.

  • Selamat mencoba.



    loading...
    Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *