Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Membagi Waktu Antara Belajar dan Berorganisasi

informasitips.com – Kampus ataupun sekolah merupakan tempat bagi para mahasiswa/pelajar dalam mencari ilmu, mengembangkan diri baik itu dibidang akademik maupun dalam sebuah organisasi. Sebagai seorang mahasiswa, tentu tujuan utamanya adalah kuliah, begitu juga sebagai siswa sekolah tujuan utamanya juga belajar. Meskipun demikian, tak dapat dipungkiri bahwa berorganisasi (aktivis) juga sama pentingnya dengan kuliah atau belajar.

Seorang mahasiswa akan memperoleh nilai tambah, jika ia tidak hanya sibuk dengan nilai akademis tetapi juga aktif berorganisasi. Mengapa begitu? Karena dengan berorganisasi, ia bakal terbiasa bekerja sama dengan orang lain (work as a team), memiliki jiwa kepemimpinan (work as a leader) dan terbiasa bekerja dengan manajemen (work with management). Di masa depan, ketiga skill tersebut sangat dibutuhkan ketika memasuki dunia yang sebenarnya.

Bahkan dengan menjadi seorang aktivis, banyak pengalaman dan kematangan yang akan kita peroleh. Jika seorang mahasiswa hanya bergulat dalam dunia kuliah/belajar saja, tanpa berusaha untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan maka akan terjadi kegagapan dalam pembauran dengan masyarakat karena tidak pernah terjun langsung menghadapi peristiwa sosial yang terjadi di masyarakat. Begitu pun sebaliknya seorang aktivis namun dengan kualitas intelektualnya yang nol?!

Tips membagi waktu antara sekolah (belajar) dengan berorganisasi

Oleh karena itulah belajar/kuliah dan berorganisasi harus bisa berjalan seimbang, karena kedua hal tersebut saling melengkapi dan memiliki peran penting dalam kehidupan kita kedepannya. Berorganisasi dan menjadi aktivis memang sangat berguna, namun jangan dilupakan tujuan utamanya adalah tetap belajar/kuliah.

Sayangnya, tak sedikit mahasiswa ataupun pelajar yang kurang mampu membagi waktu antara sekolah/kuliah dengan kegiatan berorganisasi. Ujungnya, banyak diantara mereka yang terpaksa harus merelakan untuk tidak berorganisasi demi nilai akademis yang memuaskan atau sebaliknya, terpaksa harus mengikhlaskan nilai akademis anjlok karena sibuk berorganisasi. Disinilah letak pentingnya kepandaian membagi waktu antara kegiatan sekolah/kuliah dengan berorganisasi. Ingin tahu caranya? Simak tipsnya berikut ini!

  1. Buat jadwal kegiatan rutin. Misalnya pada sekolah, usahakan waktu belajar tidak terganggu oleh kegiatan berorganisasi. Atau kamu yang berkuliah, buatlah jadwal kuliah dan kegiatan organisasi dalam satu timeline yang detil dan jelas, meliputi hari, jam dan tempatnya. Bisa juga kamu tulis di jurnal kamu atau ponsel.

  2. Dahulukan hal–hal yang penting atau sifatnya mendesak, contohnya pekerjaan – pekerjaan yang memiliki tenggat waktu atau deadline.
  3. Jangan menunda pekerjaan. Menunda pekerjaan adalah kebiasaan yang buruk dan tidak bertanggung jawab. Seringkali kita merasa dapat menyelesaikan semua pekerjaan sesuai dengan deadline. Namun nyatanya karena terlalu sering menunda – nunda pekerjaan, akhirnya malah membuat jadwal belajar dan keorganisasian kita menjadi bentrok. Misal bagi kamu yang pelajar, jangan menunda membuat pekerjaan rumah yang diberikan guru. Selesaikan dulu hal yang penting baru dapat melakukan kegiatan keorganisasian dengan nyaman tanpa ada beban. Jika kita terbiasa mencicil pekerjaan – pekerjaan yang diembankan kepada kita pasti semua akan berjalan beriringan dengan baik.
  4. Posisi menentukan. Carilah posisi dalam organisasi yang tugasnya tidak terlalu berat untuk kamu dan pastinya yang sesuai juga dengan bidangmu. Jangan sok mau mengambil tugas yang sebenarnya tidak atau kurang kamu kuasai, karena pada akhirnya toh kamu juga yang akan keteteran nantinya.
  5. Komunikasi. Biasakan bersikap dan berkomunikasi asertif (berani dan tegas dalam membuat atau mengambil keputusan, cepat bertindak dan berani ngungkapkan ide). Misal, besok kamu harus menghadapi ujian semester, akan tetapi kamu juga memiliki agenda rapat yang sepertinya mendesak dalam organisasi yang kamu geluti. Nah, dalam situasi ini kamu harus berani mengatakan tidak, tapi tentunya masih tetap dalam koridor kesantunan ya. Ujian semester terang lebih penting ketimbang rapat organisasi, yang boleh jadi penting juga bagi orang lain, tapi mungkin tidak bagi kamu yang tujuan utamanya adalah menimba ilmu atau belajar. Lagipula, rapat kan bisa diganti lain hari, tapi ujian semester tentu saja tidak bisa dong.
  6. Optimis berorganisasi. Dengan berorganisasi kamu bisa lebih terlatih untuk bersosialisasi lebih baik lagi dengan orang lain. Ilmu oke, organisasi mantap. Buat kamu yang masih sekolah, setelah tamat nanti pasti deh kamu tak akan merasa canggung lagi dengan dunia perkuliahan dan keorganisasian.

Meski awalnya mungkin akan terasa berat buat kamu, namun jika kamu jalani sungguh – sungguh, percayalah kamu akan memetik buah yang manis nantinya. 🙂

(Berbagai sumber. *SilverSkylane)



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

4 thoughts on “Tips Membagi Waktu Antara Belajar dan Berorganisasi

  1. Muhammad Irfan

    sebelumnya saya ucapkan Terima Kasih kpd penulis. Meneurut sy tips yg diberikan ini sgt bagus dan cocok untuk diterapkan pada kalangan pelajar maupun mahasiswa 🙂

  2. marcella

    Saya mau tanya , saya tipikal orang yg gampang kecapean dan sakit , tapi saya ingin jadi aktivis , biasanya kalo kecalean saya nggak belajar dan ketinggalan materi sekolah , kayak gitu saya harus gimana ? Terimakasih

  3. informasitips.com

    @Marcella

    Halo Marcella, sebaiknya, kenali dulu apa yang lebih menjadi prioritas kamu sebagai seorang pelajar. Berorganisasi penting, namun belajar juga tak kalah penting. Bahkan, belajar merupakan tugas utama bagi yang masih berstatus sebagai pelajar. Organisasi atau kegiatan lainnya di luar kegiatan belajar merupakan kegiatan pendukung, dan jangan sampai menjadi prioritas utama sehingga mengorbankan pelajaran.

    Jika memang ingin mengikuti kegiatan organisasi di sekolah, pilihlah yang tak terlalu berat atau membebani fisik. Pilihlah kegiatan organisasi yang bisa kamu ikuti dengan baik dan sesuai dengan kondisi fisikmu. Dan, jangan lupa juga, seimbangkanlah waktu antara keduanya.

  4. Rachma

    makasih ya…
    sekarang saya menjadi lebih bisa membagi waktu antara organisasi dan sekolah saya….

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: