Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Memasak Sayur agar Kandungan Nutrisi tetap Terjaga

informasitips.com – Sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang banyak memberi manfaat kebaikan bagi tubuh kita. Kandungan vitamin, mineral, dan seratnya yang tinggi sangat baik untuk dikonsumsi apalagi di saat cuaca yang saat ini tidak menentu. Namun kandungan vitamin, mineral, dan serat yang tinggi pada sayur akan hilang jika kita salah dalam mengolahnya. Nah ladies sebaiknya menyimak artikel yang satu ini agar tidak salah dalam mengolah sayur.

Berikut ini adalah beberapa hal yang ladies harus perhatikan ketika akan memasak sayur:

  • Panas dan air
    Kedua nya dapat menghilangkan kandungan vitamin dan mineral di dalam sayur. Maka sebaiknya ketika memasak sayur jangan memasaknya dalam api yang besar dan gunakanlah sedikit air. Cara memasak yang disarankan adalah dengan cara mengukus, menumis, atau dimasak menggunakan microwave. Jika ingin merebus sayuran, sebaiknya tunggu dulu hingga airnya mendidih baru masukkan sayur ke dalamnya. Hal ini dimaksudkan agar kandungan vitamin dalam sayur tidak hilang.
  • Tips Memasak Sayuran Menjaga Nutrisi

  • Cuci sayuran dengan cepat di bawah kran air yang mengalir
    Sedapat mungkin jangan merendam sayuran di dalam air karena hal ini akan membuat vitamin dan mineral yang terkandung di dalam sayur dapat hilang. Jadi sebaiknya ketika akan mencuci sayuran, anda mencucinya di bawah kran air yang mengalir dengan cepat.
  • Jangan memotong sayuran dengan ukuran terlalu kecil
    Ukuran sayur yang terlalu kecil membuat sayur nantinya akan dapat dengan mudah menyerap udara dan itu akan membuat kandungan vitamin dan mineral pada sayur akan hilang. Jadi sebaiknya potong sayur dengan ukuran yang proposional, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Nah setelah mengetahui beberapa pantangan ketika akan memasak sayur, sekarang kita akan mengetahui cara memasak sayur yang baik sehingga kandungan vitamin dan mineral pada sayur tidak hilang.

Memanggang. Kulit sayuran akan menjaga sebagian besar nilai gizi dalam sayur. Saat memanggang, sayuran harus disertai kandungan air tinggi agar tidak mengering. Sayuran dari akar-akaran adalah yang jenis terbaik untuk dipanggang, seperti kentang, bawang, atau tomat.

Mengukus. Mengolah sayuran dengan mengukus mungkin adalah cara terbaik untuk memasak seluruh tipe sayuran. Cara ini dapat mempertahankan gizi dan mematangkan sayur dalam waktu singkat.

Tekanan Tinggi/Presto. Memasak sayur dalam tekanan tinggi akan menyingkat waktu memasak sehingga dapat menyimpan nutrisi. Masalahnya, jika anda terlalu lama, biarpun dalam periode singkat, sayur akan berubah menjadi lembek. Apalagi semua sayur memiliki tekstur dan kepadatan berbeda, sehingga pastikan jenis sayur dan periode yang tepat jika panci tekanan tinggi menjadi pilihan anda. Selama bisa, hindari memasak sayuran dengan presto.

Menumis. Ini salah satu cara cepat memasak sayur di atas penggorengan pipih dengan sedikit minyak sayur. Di atas wajan melengkung pun sah. Tapi ingatlah, ketika memasak sayur dengan minyak, vitamin larut dalam lemak mungkin berakhir bersama minyak. Ada baiknya jangan anda buang minyak tersebut.

Memasak tanpa air. Metode ini baik untuk sayur-sayuran berdaun hijau dengan mengandalkan air yang menempel pada daun setelah sayuran dicuci. Cara ini biasanya membutuhkan tiga hingga lima menit.

Merebus. Merebus sayur adalah cara yang paling tidak dianjurkan karena resiko nutrisi hilang sangat besar. Jika anda harus menggunakan cara ini, tambahkan sayur hanya setelah air mulai mendidih dan masaklah sesingkat mungkin. Tips khusus untuk memasak dengan merebus

  1. Biarkan air mendidih selama kurang lebih dua menit hingga oksigen berkurang. Oksigen dalam airlah yang menyebabkan, vitamin C dalam sayur menguap.
  2. Jangan pernah merebus langsung sayur yang ditempatkan dalam air dingin. Itu hanya akan mengurangi kadar vitamin C , 10 hingga 12 kali lipat.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *