Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Memadupadankan Warna Cat Dinding Interior Rumah

informasitips.com – Warna adalah perwujudan dari sebuah objek yang hidup dan memiliki soul atau jiwa di dalamnya. Tanpa warna suatu objek akan terlihat datar dan kurang memesona, termasuk untuk warna rumah yang meliputi cat dinding, warna cahaya lampu dan warna dari interior serta perabot rumah. Pengaruh warna dipercaya mampu meredam amarah seseorang atau mungkin juga sebaliknya. Cat dinding rumah haruslah dipadupadankan menjadi sebuah perpaduan yang mampu menyihir para penghuninya melalui keindahan dan kenyamanan yang dipancarkannya.

Sebelum Anda mengecat rumah, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai perpaduan warna yang cocok antara satu warna dengan warna lainnya. Jenis warna apa yang serasi dan sesuai dengan kepribadian Anda, sekaligus senada dengan perabotan yang Anda miliki. Hal tersebut menjadi penting karena warna mampu mengajak seseorang untuk berimajinasi dengan dunianya dan mampu memberi energi baru dalam diri seseorang. Oleh karena itu, simak tips berikut tentang cara memadupadankan berbagai jenis warna untuk cat dinding interior rumah Anda.

Cara Memadupadankan Cat Dinding Interior Rumah

Dalam memilih warna untuk dinding dalam rumah Anda, pilihlah warna yang cerah namun lembut. Hal ini akan memberi kesan tenang dan nyaman serta suasana ruangan yang lebih longgar meski kenyataannya ruangan yang tersedia sempit.

Kombinasi Warna Cat Dinding Interior Rumah

sumber gambar: homeinteriorpicture.com

Sesuaikan warna cat dinding dengan selera perasaan Anda dan warna kesukaan Anda, namun jika Anda memiliki warna kesukaan gelap cobalah untuk konsultasi pada arsitektur rumah Anda seperti apa warna yang cocok dan sesuai dengan lingkungan Anda. Gunakan rasionalisme dalam memilih warna, jangan hanya mementingkan keinginan emosional saja.

Perhatikan efek cahaya yang terpantul ke dalam ruangan rumah Anda, sehingga Anda bisa memastikan warna yang gelap atau warna yang cerah untuk cat yang akan digunakan untuk tiap ruangan. Warna gelap tidak cocok untuk pencahayaan yang kurang, dan begitu juga warna yang terlalu cerah tidak cocok untuk ruangan yang tingkat pencahayaannya tinggi.

Gunakan warna yang senada antara satu warna dengan warna lainnya, boleh Anda menggunakan warna yang berbeda pada ruangan yang berbeda, namun untuk ruangan yang masih berkaitan dan berkesinambungan hendaknya gunakan warna yang senada dalam satu kesatuan. Hal ini lebih memberi kesan sederhana namun elegan dan memesona. Untuk kamar-kamar pribadi dan kamar anak, pilihlah warna yang disukai penghuni kamar dan sesuai dengan kepribadiannya.

Jangan lupa juga untuk memilih warna yang senada dengan warna dan desain perabotan interior yang Anda miliki, khususnya pada warna gorden dan pintu Anda. Warna yang bertolak belakang, misalnya ungu tua dipadukan dengan biru tua atau hijau tua, akan memberi efek buruk pada kesehatan mata dan kurang nyaman di pikiran mereka yang melihatnya. Pertimbangkan juga warna langit-langit rumah Anda dalam memilih warna untuk dinding interior rumah.

Cat dinding memiliki warna dan corak yang beragam, sehingga pilihlah cat warna yang memang memiliki kualitas baik. Harga yang mahal tentunya sepadan dengan hasil yang akan Anda dapatkan, selain lebih awet dan kontur catnya yang halus, perpaduan warna cat dinding yang dihasilkan akan sempurna.

Manfaat Perpaduan Warna Pada Cat Dinding Rumah

Begitu banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dari perpaduan warna yang pas pada cat dinding rumah Anda. Perpaduan warna yang pas akan memberikan jiwa dan rasa tersendiri yang pada rumah Anda, sehingga akan memesonakan siapa saja yang melihatnya. Ketenangan dan kenyamanan jiwa akan terasa saat Anda sampai di rumah, meskipun dalam keadaan lelah sekalipun. Keluarga Anda tentunya akan betah dan kerasan dengan suasana rumah yang disuguhkan. Rumah dengan perpaduan warna yang sempurna akan memberi warna tersendiri dalam keseharian Anda dan keluarga.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: