Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Handal Memilih Kamera Digital

informasitips.com – Di era teknologi modern seperti saat ini, kamera digital tampaknya sudah mulai menjadi salah satu perangkat yang tidak terlepas dari kehidupan kita sehari-hari. Percaya atau tidak, tanpa kita sadari setiap orang sudah cukup terbiasa (kalau tidak ingin dibilang mahir) dalam memanfaatkan fitur kamera, meskipun hanya sebatas mengambil gambar diri sendiri. Contoh kamera yang paling sering digunakan adalah dimana teknologi ini diinput sebagai salah satu fitur ponsel. Namun, ada pula sebagian orang yang sengaja membeli kamera digital secara khusus demi untuk mengeksplorasi lebih jauh sisi kemampuan dan teknologinya, seperti yang biasa dilakukan oleh para wartawan atau pengusaha studio foto dimana kamera dijadikan alat penunjang profesinya.

Di lain sisi, tidak sedikit pula yang beralasan bahwa Kamera Digital dimanfaatkan hanya sekedar untuk menyalurkan hobi mereka yang gemar mengabadikan berbagai momen dan peristiwa unik dan langka yang terjadi di lingkungan sekitar. Orang-orang tersebut tentunya sudah paham betul bagaimana memilih kamera yang sesuai dengan profesinya saat ini. Lalu bagaimana dengan para calon pengguna yang ingin mendalami bidang jepret-menjepret?

Beberapa tips berikut ini akan menuntun Anda dalam menentukan pilihan dan mempertimbangkan berbagai aspek yang diperlukan sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk memilih atau membeli sebuah produk kamera digital yang baik.

Fitur

  • Resolusi : merupakan fitur dari sebuah kamera digital yang paling utama. Resolusi biasanya bisa dilihat dari besarnya jumlah piksel yang tertanam dalam teknologi kamera digital. Misalnya suatu produk memiliki resolusi sebesar 1280×960, itu berarti produk kamera tersebut berkekuatan 1,2 Megapiksel. Semakin besar resolusi maka semakin baik pula hasil gambar yang diperoleh dan dicetak. Semakin kecil resolusi akan berdampak pada hasil bidikan yang terlihat pecah dan buram (blur).
  • Flash Light : atau lampu kilat biasanya sudah terintegrasi di beberapa produk kamera digital, terutama produk-produk berkelas. Flash Light merupakan fitur kamera digital yang sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum Anda membeli sebuah kamera digital. Fitur ini patut diperhitungkan terutama bagi anda yang menginginkan kualitas bidikan gambar yang tajam dan terang. Flash Light berfungsi sebagai pendukung cahaya ketika anda tengah menghadapi kondisi gelap atau minim pencahayaan. Dengan fitur ini, maka hasil gambar yang diambil akan tetap maksimal meskipun kondisi cahaya yang kurang menguntungkan saat pengambilan gambar. Bahkan beberapa produk ternama juga sudah menyediakan fitur modus malam (night scene).
  • Fitur pendukung lainnya : ini juga merupakan faktor penting yang mempengaruhi performa sebuah produk kamera digital. Fitur-fitur pendukung seperti kapasitas penyimpanan (memory card), fitur pengaturan lensa (baik optical zoom maupun digital zoom), serta kemampuan merekam gambar bergerak (video mode) adalah aspek-aspek yang patut dipertimbangkan sebelum menentukan produk kamera digital yang akan dibeli. Belakangan ini layar LCD dengan ukuran layar yang bermacam-macam sudah disematkan dalam sebuah produk kamera digital dan menjadi salah satu fitur penting yang mulai dipertimbangkan oleh para penggunanya dalam memilih kamera digital. Hal ini berpengaruh pada tingkat kenyamanan dan konsentrasi seseorang ketika tengah membidik objek sasaran yang akan diambilnya.

Tips Memilih Kamera Digital

Baterai

Daya tahan baterai menjadi hal yang patut diperhatikan sebelum menentukan pilihan produk kamera digital yang akan dibeli. Anda perlu mempertanyakan seberapa lama durasi pemakaian dan konsumsi baterai yang digunakan oleh produk yang Anda incar. Beberapa jenis pocket kamera yang dijual di pasaran biasanya menggunakan baterai seri AA, AAA, hingga Li-Ion (yakni jenis baterai yang biasa diadopsi produk handphone atau Smartphone pada umumnya). Baterai jenis AA seringkali menjadi idola karena tingkat fleksibilitasnya dimana jenis baterai ini mudah sekali ditemukan di toko-toko atau warung-warung terdekat. Namun kamera digital yang menggunakan baterai Li-Ion memiliki keunggulan tersendiri dari segi ketahanannya. Selain itu, memilih jenis baterai yang dapat diisi ulang merupakan keputusan yang tepat bagi Anda yang mengutamakan keawetan dan penghematan.

Kompatibilitas

Maksudnya adalah apakah produk kamera digital yang sudah Anda pilih mampu berkomunikasi dengan perangkat keras lainnya. Saat ini sebuah kamera digital mampu berhubungan dengan televisi, PC (Personal Computer), laptop, hingga printer via kabel USB sebagai perantara media komunikasi. Namun Anda juga perlu memperhatikan apakah kamera digital tersebut sudah kompatibel dengan instalasi program komputer (seperti windows, linux dsb) yang kita miliki. Tentunya hal-hal kecil seperti ini patut diperhitungkan agar tidak menyusahkan kita di kemudian hari. Tidak ada salahnya dipertimbangkan sebelum Anda membeli sebuah kamera digital.

Harga

Hal terakhir dan yang paling penting adalah menyesuaikan budget kita dengan harga barang yang kita inginkan. Seberapa canggih dan hebatnya suatu produk tentunya hanya tinggal impian bila tidak sesuai dengan isi kantong kita. Usahakan pula untuk meninjau harga terlebih dahulu di tempat lain, sebab apabila Anda mencari sebuah produk kamera digital di antara sekian banyak pilihan toko yang menjual jenis produk yang sama, maka itu merupakan keuntungan tersendiri bagi Anda dalam meninjau harga. Jangan hanya terpikat pada satu atau dua toko saja. Dan terakhir, periksa kartu garansi dari pabrik, dan bila perlu Anda juga bisa meminta garansi dari pihak toko penjual (biasanya garansi yang diberikan adalah 3 hari, 1 minggu hingga 1 bulan sejak pembelian produk di toko tersebut).

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2012


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: