Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Diet Yang Baik Untuk Wanita

informasitips.com – Kriteria wanita cantik bagi sebagian orang adalah memiliki tubuh langsing dan ideal bak seorang model. Tentunya, ditunjang dengan paras nan ayu menawan. Tidak heran bila banyak para wanita memimpikan memiliki tubuh langsing agar tampil sempurna dengan balutan busana yang elegan.

Namun, mendapatkan tubuh yang sempurna tidak diperoleh begitu saja. Para wanita berusaha keras agar bentuk tubuhnya tidak bertumpuk lemak. Apalagi bagi mereka yang memiliki tubuh mudah sekali gemuk. Butuh usaha ekstra untuk membasmi lemak di daerah-daerah yang dianggap rawan. Seperti di bawah lengan, perut, dan paha.

Bila tubuh terlihat mulai agak gemuk, berbagai program melangsingkan menjadi agenda rutin yang harus dijalani. Seperti mengikuti kelas senam dan aktif di gym. Satu hal yang sering dilakukan adalah dengan melakukan diet ketat. Semua itu dilakukan demi satu tujuan, menjadi langsing.

Tapi, apakah diet yang dilakukan selalu berhasil? Jika jawaban Anda tidak, coba lihat kembali komposisi nutrisi yang tersaji di menu diet. Siapa tahu masih belum sesuai dengan komposisi standar yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebagai panduan, berikut informasitips sampaikan diet yang baik untuk Anda.

Tips diet wanita

Akademi nutrisi dan diet Amerika merekomendasiakan bagi para wanita yang ingin menjaga bobot tubuhnya, untuk memperhatikan bahan makanan setiap hari. Bahan makanan untuk santapan pagi, siang, dan sore hari itu mencakup :

  • Semua jenis biji-bijian, dengan takaran porsi satu ons
  • Susu yang bebas lemak atau rendah lemak
  • Protein, 5-6 ons daging tanpa lemak atau protein lain
  • Buah-buahan dengan takaran sekitar dua cangkir
  • Sayuran, dengan takaran sekitar 2,5 cangkir

Menu tersebut akan memberikan keseimbangan nutrisi yang baik bagi tubuh Anda, sebagai bahan makanan untuk diet. Tapi, jangan lupa. Wanita harus memperhatikan faktor lain yang harus dipertimbangkan. Seperti :

  1. Kandungan zat besi
    Kandungan zat besi digunakan oleh tubuh untuk membentuk hemoglobin, yang merupakan protein dalam sel darah merah dan membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Kondisi hemoglobin yang kekurangan zat besi dikenal dengan nama anemia.

    Perempuan memiliki kemungkinan mengalami anemia dengan risiko tinggi. Apalagi bila terlalu lama melakukan pekerjaan berat. Anemia ini juga bisa disebabkan bila kaum wanita kehilangan banyak darah saat proses melahirkan.

    Diet kandungan zat besi dapat membantu memastikan bahwa tubuh memiliki kandungan zat besi yang cukup, untuk memproduksi sel darah merah yang sehat. Sumber makanan yang kaya akan zat besi antara lain telur, susu, ikan, daging, dan sayuran hijau tertentu.

    Tubuh Anda akan mudah menyerap zat besi saat tersedianya vitamin C. Jadi, cobalah untuk menambahkan sereal strowberi atau jeruk mandarin yang dicampurkan dalam salad bayam.

  2. Kalsium
    Banyak orang mengira bahwa tulang tidak membutuhkan zat apapun untuk menopang tubuh Anda. Padahal, tulang membutuhkan kalsium untuk tumbuh kuat dan sehat. Kondisi dimana tulang menjadi lemah dan rapuh disebut osteoporosis.

    Kaum wanita memiliki risiko yang tinggi terkena osteoporosis dibandingkan pria. Sehingga, sangat penting untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium, untuk mendukung pembentukan tulang yang sehat.

    Sumber makanan yang mengandung banyak kalsium adalah produk susu tertentu, sayuran berdaun hijau, biji-bijian tertentu, kol, labu, kacang hijau, dan bawang putih. Tubuh memerlukan vitamin D yang cukup untuk menyerap kalsium di dalam usus.

    Setengah jam terkena sinar matahari akan memberikan vitamin D bagi tubuh Anda. Selain itu, vitamin D dapat diperoleh melalui sumber makanan berupa udang, ikan, telur, susu, dan bahan makanan yang diperkaya dengan vitamin D.

  3. Asam folat
    Asam folat merupakan vitamin B yang digunakan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel baru. Semua orang dari segala umur membutuhkan asam folat. Menurut penelitian, para wanita yang sedang mengandung memerlukan asam folat untuk membantu melindungi bayi selama masa pengembangan.

    Penelitian lain menunjukan bahwa asam folat membantu untuk mencegah cacat lahir. Terutama, cacat pada otak dan tulang belakang. Sumber makanan yang mengandung asam folat adalah jeruk, sayuran hijau, kacang hijau, dan kacang. Asam folat juga tersedia dalam suplemen dan sereal.

Nah, semua tips itu akan membantu diet Anda, dan memberikan informasi mengenai zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Semuanya berkaitan satu sama lain, dan memiliki peran sendiri-sendiri agar tubuh Anda tetap sehat. Selamat mencoba.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: