Tips Agar Daun Pepaya Tidak Pahit Saat Dimasak

tips-memasak-daun-pepaya-agar-tidak-pahit


informasitips.com – Daun pepaya termasuk salah satu jenis sayuran yang baik untuk dikonsumi. Di masyarakat kita, sayuran ini biasa dimasak dengan cara direbus, ditumis, atau diolah menjadi hidangan sayuran yang lezat lainnya.

Daun pepaya memiliki banyak manfaaat bagi kesehatan tubuh kita. Daun pepaya kaya akan serat sehingga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Daun pepaya mengandung zat karpain yang dapat membasmi mikroorganime jahat yang mengganggu pencernaan. Tak hanya dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap lauk pauk, daun pepaya juga banyak dimanfaatkan sebagai obat alami untuk meningkatkan nafsu makan anak, mengobati demam, demam berdarah, malaria, dan chikungunya.

Karena manfaat dan khasiatnya itu, daun pepaya sangat baik dikonsumsi secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, tidak banyak orang yang mau mengonsumsi daun pepaya, karena rasanya yang pahit. Cukup disayangkan memang, padahal banyak sekali manfaat dan kebaikan yang bisa diberikan daun pepaya bagi tubuh kita.

Sebenarnya, ada tips dan cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Dengan tips tersebut, rasa pahit dari daun pepaya akan berkurang sehingga membuat sayuran yang satu ini terasa lebih enak untuk dimakan.

Apa saja tips dan cara memasak daun pepaya agar tidak pahit? Simak informasinya berikut ini.

Agar daun pepaya tidak pahit, berikut beberapa tips dan cara yang perlu kita lakukan sebelum mengolah atau memasaknya.

1. Rebus bersama dengan daun singkong
Tips memasak daun pepaya agar tidak pahit saat dimasak adalah dengan merebus daun pepaya bersama dengan daun singkong.

Caranya, ambil daun pepaya, rebus bersama dengan daun singkong dengan perbandingan 1:1.

2. Rebus dengan daun jambu biji
Selain direbus bersama dengan daun singkong, untuk menghilangkan atau mengurangi rasa pahit daun pepaya, kita bisa juga merebus daun pepaya bersama dengan daun jambu biji. Dengan cara seperti ini, rasa pahit dari daun pepaya akan hilang sehingga kita bisa lebih menikmatinya.

Caranya, ambil sekitar 6-7 lembar daun jambu biji, remas-remas daun jambu biji, kemudian rebus bersama dengan daun pepaya selama 3-5 menit. Setelah itu, tiriskan daun pepaya, kemudian siap diolah sesuai selera.

3. Remas dengan garam kasar
Cara ketiga untuk menghilangkan atau mengurangi rasa pahit daun pepaya ketika dimasak adalah dengan menggunakan garam kasar. Sebelum dimasak, campur dan remas-remas daun pepaya dengan garam kasar. Remas hingga daun pepaya layu, selanjutnya cuci bersih, kemudian rebus, dan siap diolah.

Loading...

4. Rebus dengan ampo (tanah liat kering)
Cara selanjutnya yang paling sering dilakukan orang agar daun pepaya tidak pahit ketika dimasak adalah dengan terlebih dahulu merebus daun pepaya tersebut dengan lempung (tanah liat kering) atau yang sering juga dikenal dengan sebutan ampo. Lempung atau ampo (tanah liat kering) ini sudah banyak dijual di pasar-pasar tradisional.

Ampo (tanah liat kering) tersebut akan menyerap rasa pahit dari daun pepaya sehingga ketika dimasak rasanya akan terasa lebih enak. Tak hanya mampu menyerap rasa pahit daun pepaya, merebus daun pepaya dengan ampo (tanah liat kering) juga dapat membuat daun pepaya jadi lebih empuk.

Setelah direbus dengan ampo atau tanah liat kering (lempung), pastikan untuk merebus kembali daun pepaya tersebut dengan air, agar daun pepaya bersih dari sisa ampo. Jadi, proses perebusan di sini dilakukan dua kali, pertama langsung merebus daun pepaya dengan ampo, kedua, rebus kembali daun pepaya tersebut agar bersih dan tidak ada sisa-sisa ampo (tanah liat kering) yang menempel pada daun pepaya.

5. Rebus dengan asam jawa
Agar daun pepaya tidak pahit saat dimasak, kita juga dapat merebus daun pepaya bersama dengan asam jawa.

Caranya sangat mudah. Cuci bersih daun pepaya, masukkan ke dalam wadah yang sudah berisi air dan sedikit asam jawa, kemudian rebus sekitar 15-20 menit. Selanjutnya, pisahkan daun pepaya dengan asam jawa, tiriskan, diamkan sesaat, baru kemudian siap diolah.

Loading...

6. Remas daun pepaya saat dicuci
Cara keenam yang terbilang mudah untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya adalah dengan cara meremas-remas daun pepaya berkali-kali ketika dicuci dengan air yang mengalir. Meremas-remas daun pepaya saat dicuci dengan air yang mengalir akan membuat getah dari daun pepaya keluar, kemudian hilang, ikut terbawa keluar bersama air sehingga rasa pahitnya akan berkurang.

7. Merebus daun pepaya berkali-kali
Cara terakhir untuk menghilangkan atau mengurangi rasa pahit daun pepaya adalah dengan cara merebusnya berkali-kali, kurang lebih sebanyak 3 kali. Cara ini lebih praktis dan mudah dilakukan terutama bila bahan-bahan lainnya seperti daun singkong, daun jambu biji, atau ampo tidak tersedia.

Namun, merebus daun pepaya berkali-kali biasanya juga akan membuat daun pepaya tersebut jadi hancur. Selain itu, warna hijaunya juga akan semakin memudar.

Bila memungkinkan, Anda dapat menambahkan sedikit baking powder ke dalam air rebusan yang akan digunakan untuk merebus daun pepaya. Penambahan baking powder dapat membantu menjaga warna hijau dari daun pepaya agar tidak memudar ketika berkali-kali direbus.

Itulah beberapa tips dan cara memasak daun pepaya agar tidak pahit. Dengan menerapkan tips dan cara tersebut, rasa pahit dari daun pepaya ketika dimasak akan berkurang, sehingga terasa lebih nikmat saat disantap.

Saat akan mengolah atau memasak daun pepaya, jangan lupa juga untuk menambahkan aneka bumbu agar hidangan daun pepaya terasa lebih nikmat nantinya. Penambahan aneka bumbu tersebut juga akan menyamarkan dan mengurangi rasa pahit dari daun pepaya.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana tips memasak daun pepaya agar tidak pahit. Selamat mencoba. 🙂

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

FOLLOW US: