Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Cerdas Memilih Layar Monitor Komputer

informasitips.com – Apakah Anda sering merasakan lelah pada mata dan tak lagi nyaman untuk berlama-lama menatap layar monitor komputer? Sebelum pergi ke dokter spesialis mata, ada baiknya Anda memeriksa monitor komputer Anda. Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah monitor Anda yang “umurnya” memang sudah pantas untuk dipensiunkan. Jika memang demikian, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk membeli sebuah monitor baru. Sebagai bahan pertimbangan dalam membeli monitor komputer, berikut beberapa tips cerdas dalam menentukan pilihan monitor komputer yang pas untuk Anda.

  1. Ukuran bukanlah segalanya

    Banyak orang lebih menyukai monitor komputer dengan layar besar. Semakin besar akan semakin baik. Benarkah demikian? Tidak selalu. Semakin besar ukuran layarnya, maka akan semmakin canggih teknologi yang dibutuhkan untuk tetap dapat menghasilkan gambar yang tajam. Anda tentunya akan sangat kecewa bila layar monitor ukurannya besar, namun gambar yang dihasilkan tidak seindah harapan dan tidak sebanding dengan harga yang Anda bayar. Singkatnya, tetap perhatikan kualitas dan merk yang sudah mapan.

  2. Perhatikan fitur konektivitas dan audio

    Mayoritas gadget dan komputer pada saat ini telah menyediakan port HDMI dan DVI. Oleh karenanya pastikan bahwa monitor komputer yang Anda beli juga memiliki dua port itu. Secanggih apapun kartu grafis yang dipasang pada PC Anda, maka kualitas gambar tak akan sesuai dengan kemampuannya. Selain itu, pertimbangkan juga untuk memilih model yang memiliki speaker internal, dengan adanya speaker internal yang telah terinstall pada monitor komputer, maka Anda tidak perlu menggunakan speaker tambahan sekaligus meminimalisir penggunaan ruang.

  3. Tips Memilih Layar Monitor Komputer

    sumber gambar: cnet.com

  4. Lihat dari berbagai sudut pandang

    Sebelum memutuskan untuk membeli monitor komputer, jangan lupa mengetes viewing-angle atau tampilan layar dari berbagai sudut pandang. Pilihlah monitor yang tetap nyaman dilihat dari berbagai sudut, termasuk dari titik-titik ekstrim.

  5. Bandingkan beberapa merk dan model secara simultan

    Mintalah untuk menyalakan beberapa merek dan model secara bersamaan. Dengan begitu, Anda dapat membandingkan langsung kedalaman warna dan detailnya. Anda akan sangat terbantu untuk memilih mana yang paling nyaman di mata dengan cara membandingkan gambar yang sama dipasang di monitor komputer yang berbeda.

  6. Utamakan kebutuhan

    Sejatinya, ukuran layar monitor komputer dirancang dengan tetap memerhatikan fungsi dan kebutuhan si pengguna. Monitor dengan ukuran di atas 24 inci dibuat untuk memenuhi kebutuhan mereka para gamers dan penikmat film. Jika Anda menggunakan komputer hanya untuk browsing, aplikasi pengolah kata dan bermain game ringan, maka layar monitor komputer yang berukuran sedang (19-22 inci) sudah cukup. Selain ukuran, perhatikan pula resolusi maksimum dari monitor komputer yang hendak Anda beli, karena semakin tinggi resolusi maka akan semakin tajam dan halus gambar yang dihasilkannya, namun juga semakin berat kinerja grafis komputer Anda.

Semoga bermanfaat…



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: