Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Berteman Baik dengan Mertua

informasitips.com – Pepatah mengatakan, “Ketika kita menikah, kita tidak hanya menikahi istri/suami kita, namun kita juga menikahi keluarganya.” Setujukah kamu dengan pernyataan tersebut?

Ketika kita menikah, mau tak mau kita dituntut untuk bisa dekat dengan keluarga istri/suami kita, entah itu kita suka atau tidak. Para perempuan biasanya kesulitan ‘menghadapi’ sang ibu mertua yang dirasa terlalu cerewet dan senang mengatur. Sedangkan para pria kebanyakan ingin menunjukkan pada ayah mertua bahwa ia sungguh-sungguh laki-laki yang tepat bagi putrinya.

Pernah menonton film berjudul Monster-In-Law atau Meet the Parents? Disitu dikisahkan bagaimana sulitnya membangun kesan dan hubungan yang baik dengan ibu dan ayah mertua. Namun, benarkah sesulit itu berteman baik dengan mertua kita? Pelajari beberapa tips sederhana berikut ini dan berteman baiklah dengan mertua!


Dilarang Mengkritik
Tak peduli seberapa menyebalkannya mertua kita di mata kita, ia tetaplan ibu/ayah dari istri/suami kita. Ia yang telah membesarkan dan mendidik istri/suami kita sehingga ia menjadi istri atau suami, bahkan ibu atau ayah yang super baik bagi keluarga kita. Jangan membicarakan mertua kita di belakang punggung mereka, terlebih dengan saudara ipar kita. Ketika kita sibuk mengkritik sang mertua, secara tak langsung kita menanamkan rasa benci atau rasa tak nyaman ketika bersamanya. Bisa-bisa kita bersikap canggung ketika sang mertua mengunjungi rumah kita. Oleh karena itu, biasakan untuk membuang jauh kritikan kita. Pikirkan hal-hal baik yang telah ia lakukan, mungkin bukan untuk kita, namun untuk istri, suami atau anak-anak kita.

Berteman Baik dengan Mertua

sumber gambar: givinglifeonline.com

Jangan Bermuka Dua
Ketika di hadapan mertua, kita memasang tampang semanis mungkin. Namun sebaliknya, ketika sang mertua memalingkan wajah, tampang kita pun berubah menjadi si buruk rupa. Jika kita ingin mengambil hati mertua kita, sungguh-sungguhlah memperlakukannya sebaik dan setulus mungkin.


Hadapi Kritikan dengan Senyum
Kadang kala sang mertua akan memberi kritikan pada kita, entah dengan berkata, “Masakanmu hambar” atau “Nggak bisa benerin bel rumah sendiri?” Ketika hal ini terjadi, jangan balas kritikan mereka dengan balik mengkritik atau membantah. Minta maaflah dan katakan bahwa kamu tidak terbiasa memasak hidangan tersebut, atau katakan bahwa kamu tidak memiliki peralatan untuk memperbaiki bel rumah yang rusak. Yang terpenting, apapun kritikan yang dilontarkan oleh sang mertua tak perlu diambil hati.


Mengenal Sang Mertua
Cara terbaik untuk mengenal sang mertua adalah dengan menghabiskan waktu bersamanya. Sesekali ajaklah ibu mertua berbelanja atau sekedar memasak bersama sambil mengobrol. Atau, kita bisa mengajak ayah mertua kita bermain golf, misalnya. Pasti akan ada banyak kisah yang akan diceritakannya yang bisa membantu kita untuk semakin mengenalnya dengan lebih baik.


Berkomunikasi
Jika mertua kita tinggal di luar kota, kita bisa meneleponnya sekali atau dua kali seminggu, hanya untuk sekedar menanyakan kabar. Dengan demikian, mertua kita akan menyimpulkan bahwa kita memperhatikan mereka dan peduli pada mereka. Terlebih lagi jika anak-anak mereka sudah menikah dan tinggal di kota yang berbeda. Pasti mereka merasa kesepian. Untuk itu, tak ada salahnya menghabiskan beberapa ribu pulsa untuk menanyakan kabar atau mengobrol sejenak dengan sang mertua.


Beri Perhatian
Perhatian tak perlu ditunjukkan dengan hadiah mahal. Seperti telah dibahas sebelumnya, kita bisa sekedar menelepon mertua seminggu sekali untuk menunjukkan perhatian kita pada mereka. Selain itu, ingat baik-baik hari ulang tahun mertua atau tanggal pernikahan mereka. Beri ucapan selamat atau beri mereka hadiah seadanya, misalnya dengan memasakkan kue atau makanan kesukaannya. Sering mengirimkan hadiah ataupun makanan kesukaan merupakan salah satu cara ampuh untuk bisa berteman baik dengan mertua.

Selain tips-tips di atas, kita juga perlu menghormati mertua kita sama seperti kita menghormati orangtua kita sendiri. Ingat, bahwa mertua kita merupakan orangtua dari istri/suami kita yang perlu kita perlakukan dengan hormat dan sayang. Nah, selamat menjalin hubungan baik dengan mertua!



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

3 thoughts on “Tips Berteman Baik dengan Mertua

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *