Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Belajar Efektif

Tips Belajar Efektifinformasitips.com – Cara orang dalam belajar memang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari cara mereka memahami sebuah materi yang mereka pelajari. Belajar merupakan sebuah kegiatan dari tidak tahu menjadi tahu tentang sesuatu. Banyak dari mereka yang mempunyai teknik belajar yang jitu untuk meraih kesuksesan. Disini, ada beberapa tips jitu agar belajar kita menjadi efektif dan efisien yang akan dijelaskan secara rinci dan sejelas-jelasnya.

Berikut ini beberapa tips agar belajar kita menjadi efektif dan efisien:

  • Pilihlah waktu belajar yang sesuai.
    Jika kita mempunyai waktu belajar yang sesuai, kita akan lebih mudah untuk memahami meteri pembelajaran yang akan dipelajari. Disini, waktu belajar yang paling sesuai dengan anda adalah saat pikiran anda masih segar. Waktu yang paling sesuai adalah pagi hari. Saat pagi hari, pikiran kita masih segar, belum terganggu dengan keadaan yang membuat kita stress. Gunakanah waktu pagi hari untuk belajar. Hal ini akan membuat kita lebih mudah memahami materi yang kita pelajari.
  • Aturlah jadwal belajar anda.
    Sebelum anda berpikir tentang proses belajar, alangkah baiknya nda persiapkan dulu jadwal belajar anda. Buatlah jadwal belajar anda perhari. Sehingga anda tahu akan belajar apa pada hari itu.
  • Ciptakan suasana yang nyaman.
    Ini adalah salah satu kunci sukses dalam belajar. Jika suasana belajar kita nyaman, kita lebih mudah memahami materi yang kita pelajari. Buatlah suasana belajar anda menjadi menarik dan menyenangkan. Entah itu di kamar, ruang tamu, dan sebagainya yang membuat anda merasa rileks.
  • Anggaplah materi itu menyenangkan.
    Jika kita sedang belajar tentang materi yang kita anggap itu sulit, pasti kita akan sangatlah susah utnuk mempelajarinya. Namun, saat kita belajar sesuatu yang menyenangkan, kita sangatlah mudah untuk mengingatnya. Dari hal ini, kita dapat menyimpulkan bahwa sesuatu yang menyenangkan dan menariklah yang dapat dengan mudah kita pelajari. Oleh karena itu, anggaplah sesuatu yang kita pelajari itu menyenangkan. Dengan demikian, otak kita akan lebih mudah untuk mengingatnya.
  • Pahamilah materi yang kita pelajari.
    Saat kita belajar, terkadang kita sangat susah untuk mengahafal materi yang sedang kita pelajari. Hal ini dikarenakan otak kita tak mampu mengingat dengan sangat jelas materi yang kita pelajari. Oleh sebab itu, disarankan agar kita jangan menghapal suatu materi. Namun, pahamilah materi itu baik-baik. Yang terpenting adalah kita telah paham dengan materi yang kita pelajari. Sehingga kita dapat dengan mudah mempelajarinya, tanpa harus menghapalkannya.
  • Catat pokok-pokok materi.
    Ada kalanya otak kita tak bisa mengingat hal-hal tertentu di dalam belajar. Hal ini karena kemampuan otak kita terbatas. Namun, bukan berarti kemampuan otak kita kecil. Sebenarnya, kemampuan otak kita sangatlah luar biasa. Tapi semua itu harus dipicu oleh hal tertentu. Dalam tips belajar ini, kita harus memicu kinerja otak kita dengan mencatat pokok-pokok materi yang sedang kita pelajari. Dengan mencatat pokok materi, otak kita akan kembali mengulang memori yang terekam di otak kita. Otak sensitive dengan kata-kata yang telah direkamnya.
  • Berilah jeda untuk beristirahat.
    Otak mempunyai kemampuan yang terbatas. Oleh karena itu, luangkanlah waktu kita untuk beristirahat sambil menenangkan syaraf-syaraf. Jika keadaan syaraf kita telah rileks, maka otomatis otak kita akan dengan mudah menerima materi yang sedang kita pelajari.
  • Sering-seringlah berlatih.
    Belajar bukanlah hanya membaca, menulis, dan menghafal. Namun, untuk mengetahui kemampuan kita tentang hal yang telah kita pelajari, kita perlu melakukan latihan. Dengan latihan, kita akan tahu sampai mana kemampuan otak kita dalam menyerap ilmu yang telah kita pelajari. Latihan juga dapat membantu otak dalam membuka kembali memori yang telah tersimpan. Tanpa berlatih, berarti kita hanya mampu menyerap 50% dari total materi yang kita pelajari.
  • Buatlah kelompok belajar kecil.
    Diskusi adalah salah satu upaya untuk meningkatkan efektifitas dalam belajar. Jika kita berdiskusi, maka wawasan kita akan bertambah. Kita akan menemukan sebuah jawaban yang belum kita ketahui dengan berdiskusi. Diskusi antar teman dipercaya akan membuat kita lebih paham tentang materi yang sedang dipelajari.

Itulah beberapa tips agar belajar menjadi efektif. Tips tersebut patut kita coba jika kita ingin menraih suskes di kemudian hari. Selamat Mencoba dan Sukses Selalu….

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2012


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *