Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Belajar Bahasa Asing

informasitips.com – “Belajar bahasa asing itu susah,” “Belajar bahasa asing tidak ada gunanya,” “Belajar bahasa asing merepotkan” dan masih banyak segudang alasan lainnya untukmu berkelit dari mempelajari bahasa asing. Bahasa asing tidak hanya bahasa Inggris saja, lho. Masih ada bahasa-bahasa lainnya yang bahkan lebih rumit untuk dipelajari. Kenyataannya, mempelajari bahasa asing ternyata tidak lebih susah dari mempelajari pelajaran lain asalkan kamu memiliki semangat dan kemauan untuk belajar. Pastinya kamu butuh kerja keras dan waktu sebelum kamu bisa menguasi bahasa tersebut dengan baik. Namun percayalah, usahamu akan memberikan lebih banyak manfaat dari yang bisa kamu pikirkan.

Sukai Bahasa tersebut Lebih Dulu
“Tak kenal maka tak sayang,” begitu kata pepatah. Sama halnya dengan bahasa asing. Jika kita tidak menyukai bahasa tersebut lebih dulu, tentu kita akan kesulitan mempelajarinya. Contohnya Andi, seorang siswa SMP yang selalu tampak ruwet ketika diminta mengerjakan latihan bahasa Inggris, padahal ia sudah merangkap les di rumah dan di bimbingan belajar. Beda dengan Rudi yang, meskipun otodidak mempelajari bahasa Jepang, tetap asyik dan menikmati kosa-kata baru yang dikuasainya. Ditambah lagi, kegemarannya membaca komik Jepang membuatnya semakin mantap mempelajari bahasa negeri Sakura ini.

Coba bandingkan, kira-kira mengapa Rudi bisa kelihatan lebih mudah mempelajari bahasa asing dibanding Andi yang notabene sudah mendapat bantuan bimbingan belajar? Jawabannya sederhana: karena Rudi menyukai bahasa Jepang. Jika kamu mempelajari bahasa atau apapun itu karena kamu menyukainya, maka segalanya akan tampak lebih mudah. Memang kemampuan otak manusia berbeda-beda dalam menyerap bahasa baru, tetapi jika kita sudah memiliki tekad untuk menguasai bahasa tersebut, maka dengan sendirinya kita memiliki kemampuan ajaib untuk mempelajarinya, tak peduli betapa susahnya bahasa tersebut.

Tips belajar bahasa asing

Pikirkan Manfaat dari Mempelajari Bahasa tersebut
Pernahkan kamu berpikir, tentu enak menjadi wartawan yang selalu dikirim ke luar negeri untuk meliput berita. Apalagi jika bisa bertemu dengan orang-orang terkenal yang hanya bisa kita lihat di televisi. Apakah menurutmu wartawan tersebut akan dikirim begitu saja bila ia tidak pandai berbahasa Inggris? Tentu tidak, kan?

Untuk menumbuhkan kesukaan terhadap bahasa asing yang sedang atau akan kita pelajari, pikirkan manfaat-manfaat yang bisa kita peroleh dari mempelajari bahasa tersebut. Apa saja enaknya menguasai bahasa asing?

  1. Lebih mudah mendapatkan pekerjaan
    Selain prestasi yang baik, menguasai bahasa asing juga menambah nilai plus di mata pemilik kerja karena kamu bisa diandalkan untuk mencari sumber-sumber informasi berbahasa asing. Tentunya daftar referensimu bisa semakin bertambah jika kamu bisa mendapatkan informasi dari berbagai sumber, bukan?
  2. Memiliki banyak pilihan variasi pekerjaan
    Mungkin pendidikan utamamu di universitas adalah teknik sipil. Tetapi, jika kamu bisa menguasai berbagai bahasa asing, kamu bisa bekerja sebagai penerjemah atau penulis lepas. Ingat, pekerjaan tambahan berarti uang tambahan juga. Apalagi jika kamu bisa bekerja di konsulat atau kedutaan besar. Siapa tahu kamu ditugaskan untuk bekerja di kedutaan besar Indonesia di negara lain. Asyik, kan?
  3. Mengenal banyak orang dari negara lain
    Pasti asyik jika kita mengenal teman dari berbagai penjuru dunia. Meskipun ia belum tentu mengunjungimu di Indonesia, dengan berteman dengan orang-orang dari negara lain, kamu bisa bertukar informasi dan budaya. Pengetahuanmu pun akan semakin luas.
  4. Travelling menjadi lebih menyenangkan
    Beberapa negara ternyata tidak begitu antusias mempelajari bahasa Inggris. Spanyol, misalnya. Meskipun termasuk negara maju, sebagian besar warganya masih kesulitan mempelajari bahasa Inggris. Jika kamu mahir berbahasa Spanyol, tentu kamu tidak akan menemui kesulitan ketika berwisata ke Spanyol. Kamu bisa dengan lebih leluasa menanyakan letak tempat yang akan kamu tuju tanpa takut orang yang kamu tanyai tersebut tidak akan memahami perkataanmu.

Cara Terbaik Mempelajari Bahasa Asing
Ada banyak cara untuk mempelajari bahasa asing, dari yang gratis sampai yang mengharuskanmu untuk merogoh dompet. Seperti apa cara terbaik mempelajari bahasa asing? Simak beberapa tips berikut ini:

  1. Belajar secara otodidak
    Mungkin kamu tidak mampu membayar uang les bahasa Belanda yang ternyata cukup mahal. Mungkin juga tidak ada tempat kursus bahasa Belanda di kotamu. Jangan menyerah begitu saja! Sekarang ini banyak materi pembelajaran bahasa asing yang dengan gratis tersedia di Internet. Kamu hanya cukup mendownload materi tersebut dan mempelajarinya di rumah.
  2. Ikut kursus/les
    Mengikuti les bahasa asing tentu mengasyikkan. Selain menambah teman, kamu pun bisa melatih kemampuanmu dalam berbahasa tersebut dengan orang lain dan mendapatkan bimbingan dari guru. Berlatih dengan orang lain tentu membuat penyerapan bahasa baru menjadi lebih mudah dan cepat.
  3. Menonton film atau mendengarkan lagu berbahasa asing tersebut
    Cobalah untuk mendengarkan lagu atau menonton film berbahasa asing yang kamu pelajari. Kamu tidak hanya melatih kemampuan listening, namun juga menambah kosa-kata baru. Supaya kamu mampu lebih cepat menyerap kosa-kata yang kamu dengar, ketika menonton film asing yang dilengkapi dengan subtitle, cobalah untuk menutup subtitle tersebut dengan kertas dan menangkap isi cerita di film itu. Tentu lebih menantang jadinya.
  4. Berlatih di depan cermin
    Mungkin terdengar agak kurang ‘waras’, tetapi dengan berlatih di hadapan cermin, seolah-olah kamu berbicara dengan orang lain, membuatmu semakin terbiasa dengan bahasa asing yang kamu pelajari itu. Kamu pun bisa mencoba membiasakan diri untuk berpikir dalam bahasa tersebut.
  5. Mengunjungi negara di mana bahasa tersebut digunakan
    Jika kamu memiliki tabungan lebih, mengapa tidak mengunjungi negara yang bahasanya kamu pelajari? Cobalah untuk berinteraksi dengan penduduk lokal di sana, pasti kemampuan bahasamu akan semakin membaik setelah pulang nanti. Namun, jangan berkecil hati kalau kamu tidak memiliki dana untuk berkunjung ke negara tersebut. Ikutilah program pertukaran pelajar atau beasiswa ke negara yang ingin kamu tuju. Kamu bisa dengan gratis pergi ke negara yang kamu mau.
  6. Berteman dengan orang yang berbahasa asing yang kamu pelajari
    Cara mudah dan praktis untuk mempelajari bahasa asing yaitu dengan belajar langsung dengan si pengguna bahasa. Mungkin tidak banyak orang di sekitarmu yang bisa berbahasa Prancis sehingga kamu kesulitan untuk mempraktekkan bahasa Prancismu. Mengapa tidak menjalin pertemanan dengan seseorang dari Prancis, misalnya? Selain mendapat teman baru, kamu pun bisa lebih leluasa mempraktekkan kemampuan bahasa Prancismu.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Tips Belajar Bahasa Asing

  1. Andi Nur Cahya

    Baner Banget, dengan bisa berbagai bahasa asing kita menjadi lebih mudah mencari pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: