Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Aman Memakai Kontak Lens

informasitips.com – Dulu, kontaks lens mungkin barang yang masih langka. Namun, sekarang seiring dengan semakin terjangkaunya harga-harga kontak lens yang ada di pasaran, hampir setiap orang bisa mengaplikasikan kontak lens pada mata mereka. Jika dikenakan secara benar, kontak lens sebenarnya bukan hanya akan menambah cantik penampilan seseorang, namun pemilihan kontak lens yang tepat pun akan sangat menguntungkan pemakaianya dalam hal mengatasi gangguan penglihatan.

Dengan kontaks lens, orang dengan gangguan mata minus justru bisa melihat dengan jelas. Yang harus diperhatikan juga adalah bahwa penggunaan alat bantu mata ini memang haruslah benar-benar nyaman pada mata. Bahkan karena pengggunaanya yang terkadang mempengaruhi kenyamanan pada bagian hidung dan sekitar telinga, maka pemasangan secara profesional pun penting dilakukan.

Pemakai kontak lens harus paham bagaimana pemakaian kontak lens yang benar mengingat benda ini akan dipasang pada alat penglihatan yang merupakan salah satu dari bagian sensitif dan terpenting dari tubuh kita. Selain harus disesuaikan dengan model karena juga akan berpengaruh ke penampilan kita, cara pemasangan yang tepat juga wajib diketahui. Dan berikut ini adalah hal-hal yang perlu anda perhatikan dalam ber-kontak lens:

  1. Perlu optician
    Karena berhubungan erat dengan organ vital, yaitu mata, maka dalam menggunakan kontak lens, hendaknya anda melibatkan optician atau ahli kaca mata baik itu pada saat pemasangan, proses pemakaian, dan juga pelepasan. Hal ini untuk menghindarkan anda dari masalah yang bisa ditimbulkan oleh kontak lens yang anda pakai pada mata anda. Untuk keamanan anda, disarankan menggunakan jasa optician yang professional dan berkualitas dan telah memiliki reputasi yang bagus. Tanyakan pada teman-teman dan orang sekitar lingkungan anda yang juga sudah pernah memakai jasanya.

    Kontak lens

  2. Perhatikan masa pemakaiannya
    Selain anda harus menghindari memakai kontak lens pada saat anda tidur karena dalam keadaan tidak sadar anda bisa melakukan gerakan yang membahayakan, anda sebaiknya juga harus memperhatikan masa atau waktu kapan kontak lens anda harus segera dilepas atau tidak dipakai lagi.

  3. Hindari bertukar kontak lens
    Sebagus apapun kontak lens yang dimiliki oleh saudara atau teman anda, jangan pernah tertarik untuk bertukar-pakai kontaks lens. Selain karena kontak lens tersebut belum tentu cocok dengan anda, kesehatan mata anda juga akan dipertaruhkan jika anda melakukan hal ini.

  4. Jangan lanjutkan pemakaian jika ada masalah
    Walaupun kontak lens yang anda pakai sangat pantas untuk menunjang penampilan anda dan anda terlihat sangat cantik dengan kontak lens yang anda pakai, tetapi jika timbul iritasi atau sedikit saja masalah pada mata atau bagian sekitar mata anda karena pemakaian tersebut, sebaiknya anda segera melepasnya. Dan, langkah selanjutnya yang bisa anda ambil adalah melakukan konsultasi dengan dokter ahli.

  5. Jangan berganti-ganti antara kanan dan kiri
    Dalam memakai dan melepas kontak lens, selalu perhatikan yang mana kontak lens untuk mata kanan dan mata kiri anda. Jangan sampai tertukar dalam memakainya. Selain dampaknya akan tidak nyaman, kesehatan antara mata kanan dan kiri anda pun tidak selalu sama. Jangan sampai masalah yang ada di mata kanan akan menular ke mata kiri, atau sebaliknya.

  6. Selalu menjaga kebersihan
    Seperti kebanyakan benda-benda yang umumnya dipakai oleh tubuh semuanya harus diperhatikan kebersihannya, tidak jauh beda dengan kontaks lens. Pastikan benda tersebut juga mata anda dalam keadaan yang bersih pada saat ingin memasangnya. Selain mata dan kontak lens harus dalam kondisi kering, jari-jari tangan anda pun yang bertugas melepas dan memasangnya pun harus kering dan bersih. Untuk itu, ketika ingin memakai kontak lens, anda harus mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu agar bersih, kemudian dikeringkan, baru memakai kontak lens.

  7. Bersihkan dengan benar
    Membersihkan kontak lens tidak boleh dengan sembarangan. Alat ini sudak memiliki cairan khusus untuk membersihkannya. Jangan sampai anda membersihkannya dengan cairan lain yang tidak aman karena hal ini akan merusak kontak lens anda. Kontak lens yang tidak dibersihkan dengan benar bisa berbahaya bagi kesehatan mata karena bisa mengakibatkan infeksi pada mata.

  8. Berhati-hati ber-make up
    Saat tidak memakai kontak lens pun seseorang harus selalu berhati-hati dalam merias wajah, apalagi saat anda ber-make up. Anda harus ekstra hati-hati untuk mencegah benda-benda make –up masuk ke dalam mata karena kontak lens lebih baik dipakai sebelum anda ber-make up.

  9. Lakukan cek rutin
    Seperti yang telah disebutkan di atas, perawatan selama penggunaan kontak lens ini sangat penting bagi kesehatan mata anda. Jadi, jangan pernah lupa untuk selalu memeriksakan mata anda.

  10. Hindari tempat panas dan berdebu
    Saat memakai kontak lens, alangkah lebih baiknya anda menghindari tempat-tempat yang banyak debu serta yang sangat panas. Jika memang terpaksa harus di tempat seperti itu, selalu usahakan memakai kacamata. Satu hal penting juga yang perlu diingat adalah bila Anda ingin melakukan aktivitas yang sekiranya berhubungan dengan air, misalnya berenang, berendam, atau mandi shower, sebaiknya kontak lens anda dilepaskan terlebih dahulu.

Demikian tips aman untuk anda agar bisa diperhatikan untuk terindar dari masalah saat anda menggunakan kontak lens.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: