Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Aman Belanja Online

informasitips.com – Internet telah membawa konsep yang sama sekali baru dalam hal berbelanja. Sekarang ini terdapat ribuan toko online yang menjual berbagai jenis produk. Salah satu manfaat terbesar dari belanja online adalah kemudahan dan akses ke lebih banyak produk dan informasi selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Kebanyakan orang saat ini lebih memilih untuk berbelanja online daripada menghabiskan uang untuk ongkos parkir atau ongkos kendaraan umum, waktu yang terbuang dalam kemacetan untuk pergi ke toko dan berbaris menunggu antrian untuk membayar ketika berbelanja di toko tradisional (offline).

Belanja online memungkinkan Anda sebagai konsumen untuk mengunjungi toko virtual yang tersebar di dunia maya untuk membandingkan harga dan diskon tanpa meninggalkan rumah. Meskipun online shopping atau belanja online melalui internet terbukti lebih menguntungkan, belanja via online juga memiliki resiko. Saat ini cukup banyak terjadi kasus konsumen yang ditipu oleh oknum-oknum pemilik atau penjual toko online gadungan yang tidak bertangung jawab.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengambil langkah guna melindungi diri Anda sendiri ketika berbelanja online. Simak lebih lanjut artikel ini untuk mengetahui beberapa pedoman dasar yang perlu diperhatikan agar dapat berbelanja online dengan aman.

Tips aman belanja online

Berikut tips berbelanja online dengan aman:

  1. Pastikan Anda tahu siapa yang menjual
    Konfirmasikan alamat toko dan nomor telepon pemilik toko online atau penjual sebelum Anda membeli. Ini berguna ketika Anda ingin menghubungi toko online tersebut dan berbicara dengan seseorang karena Anda memiliki pertanyaan atau timbul masalah di kemudian hari. Jangan pernah melakukan transaksi apabila toko online tersebut tidak menyediakan layanan kontak bagi pembeli seperti alamat atau nomor telepon yang bisa dihubungi.
  2. Ketahui dengan baik produk yang akan dibeli
    Baca deskripsi produk yang akan dibeli dengan baik. Baca semuanya termasuk deskripsi produk yang kadang disisipkan dalam bentuk tulisan yang memiliki hurup-hurup kecil untuk mengetahui bahwa Anda membeli produk yang tepat di toko yang tepat.
  3. Periksa syarat dan kondisi pembelian produk
    Dapatkah Anda mengembalikan barang dan mendapatkan jaminan uang kembali jika Anda tidak merasa puas. Anda tidak akan pernah tahu kapan Anda akan menemukan beberapa kelemahan dalam suatu produk dan terpaksa untuk mengembalikan produk yang diterima karena kerusakan atau ukuran atau warna yang salah.
  4. Selalu cetak dan simpan catatan transaksi
    Pastikan semua catatan online transaksi, termasuk semua email dari dan ke penjual tersimpan atau terekam baik. Sehingga apabila terjadi masalah, Anda bisa menunjukkan bukti-bukti tersebut.
  5. Pastikan Anda membeli produk dari toko online yang memiliki rating baik
    Baca juga testimonial atau komentar mengenai penjual atau toko tersebut apakah banyak mendapat pujian atau makian dari para pembelinya. Dengan membaca testimonial dari para pelanggan toko tersebut, Anda bisa mengetahui kualitas produk yang ditawarkan oleh penjual toko online tersebut.
  6. Bandingkan produk yang akan Anda beli di beberapa website (toko online)
    Ada baiknya untuk membandingkan harga produk yang Anda minati di beberapa website serupa sebelum Anda memutuskan untuk membeli. Anda mungkin menemukan beberapa toko lain yang menawarkan produk yang sama dengan harga lebih rendah. Dengan cermat sebelum membeli, Anda dapat menghemat banyak uang.

  7. Sediakan akun email khusus untuk belanja online
    Buatlah nama dan password khusus untuk berbelanja online. Hal ini untuk menghindari kejahatan internet yang saat ini banyak terjadi. Pemisahan akun email khusus ini juga baik untuk mencegah email sampah dan memisahkan email yang biasa Anda gunakan untuk bekerja atau berhubungan dengan keluarga dan teman.

  8. Perhatikan Pajak dan biaya pengiriman
    Perhatikan juga tentang pajak dan biaya pengiriman yang terkait dengan produk yang Anda minati sebelum memutuskan untuk membeli. Jumlahkan pajak dan biaya pengiriman sebagai pertimbangan sebelum membeli karena ini biasanya tidak dimasukkan dalam harga produk yang ditampilkan.

  9. Pilih toko online yang memiliki website
    Sebaiknya beli produk dari toko yang memiliki website dengan hosting sendiri, bukan website gratisan. Seorang penjual yang profesional dan serius ingin melakukan bisnis tentu bersedia untuk membeli domain dan menyewa hosting sendiri.

  10. Pembayaran lewat pos tidak disarankan
    Jangan pernah mengirimkan uang tunai melalui pos karena Anda akan kesulitan melacak apabila terjadi kesalahan dalam pengiriman uang.

  11. Hati-hati belanja online melalui jejaring sosial
    Saat ini banyak penjual yang menggunakan jejaring sosial seperti Facebook sebagai toko onlinenya. Berhati – hatilah karena banyak orang jahat yang ingin menipu Anda. Kita tentu cukup sering mendengar kasus orang yang memesan barang lewat Facebook, setelah uang dikirimkan, halaman facebook hilang dari peredaran bagai ditelan bumi. Barang tidak pernah dikirimkan dan setiap nomor telpon penjual dihubungi selalu dimatikan. Bila ingin melakukan transaksi lewat jejaring sosial sebaiknya pilih penjual yang sudah benar-benar Anda kenal.

  12. Perhatikan interaksi penjual dan pembeli
    Masih berkaitan dengan jejaring sosial, saat ini banyak toko online yang memiliki akun Facebook dan Twitter sebagai salah satu strategi marketing mereka. Dari akun jejaring sosial mereka Anda bisa melihat keaktifan penjual toko online berinteraksi dengan pelanggan tentang bagaimana penjual menyikapi pertanyaan yang disampaikan. Anda juga bisa melihat langsung komentar berupa pujian atau keluhan dari pembeli atau pelanggan toko tersebut.

  13. Perhitungkan lama waktu pengiriman
    Cari tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman produk tersebut sampai ke tangan Anda. Jangan sampai barang sampai di tangan Anda terlambat melewati tanggal dimana produk tersebut dibutuhkan. Biasanya terdapat pilihan pengiriman dengan cara normal atau pengiriman khusus yang cepat.

  14. Pilih toko yang memiliki jaringan besar dan sudah terkenal
    Untuk menghilangkan keraguan Anda dalam melakukan transaksi online sebaiknya pilih berbelanja online melalui situs besar seperti amazon.com. Namun, jika Anda ingin menghemat uang, dan menerima produk yang dibutuhkan sesegera mungkin, maka lebih baik untuk memesan produk dari toko online yang ada di negara Anda tinggal tetapi tetap yang terpercaya

  15. Jaga data keuangan pribadi saat pembayaran secara online
    Transaksi online biasanya dilakukan dengan transfer antar bank, western union dan paypal. Jangan mudah memberikan informasi pribadi Anda dengan memberikan detail kartu kredit atau informasi keuangan Anda dengan iming-iming menarik seperti tawaran menjanjikan seperti mendapatkan model mainan terbaru, voucher gratis, atau diskon khusus.

  16. Tidak memberikan informasi keuangan lewat email
    Jangan kirimkan informasi keuangan Anda lewat email, karena email bukanlah cara yang aman untuk mengirimkan informasi penting seperti nomor kartu kredit, rekening Anda, atau nomor jaminan sosial. Sebaiknya jangan balas email yang menanyakan informasi keuangan Anda. Perusahaan yang sah tidak akan meminta detail keuangan Anda melalui email atau pesan pop-up.

  17. Hati-hati harga murah yang menggiurkan
    Jangan mudah tertarik dengan harga produk yang diiklankan dengan sangat murah. Tapi tentu saja Anda harus pastikan bahwa harga yang ditawarkan penjual juga tidak terlalu mahal. Pilih harga yang wajar sesuai dengan harga pasaran produk tersebut, bukan harga yang tidak masuk diakal. Perhatikan juga produk yang murah biasanya memiliki ongkos kirim yang tinggi, hal ini membuat seolah harga barang tersebut terkesan lebih murah, padahal bisa jadi produk tersebut malah menjadi lebih mahal dari harga pasarannya.

  18. Jangan biarkan komputer lepas dari pengawasan saat transaksi online berlangsung
    Jangan meninggalkan komputer tanpa pengawasan saat berbelanja online. Anda tentu tidak ingin orang lain melakukan kesalahan dengan melakukan pembelian menggunakan data keuangan Anda. Tidak disarankan melakukan belanja online di warung internet (warnet) karena pemakaian komputer oleh banyak orang tentu tidak aman.

  19. Cari tanda gembok dan https
    Sebelum Anda memasukkan informasi pribadi dan membuat transaksi online, cari tanda bahwa situs atau halaman website tersebut aman. Ini termasuk tanda berupa ikon gembok tertutup di depan alamat URL yang diawali dengan https:// (ini lebih aman daripada http:// ). Hal ini menunjukkan bahwa pembelian dilakukan dengan cara yang dijamin aman. Jangan pernah menggunakan jaringan internet tanpa jaminan untuk membuat pembelian online.

  20. Berikan testimonial jika Anda merasa puas
    Jika transaksi, proses pengiriman barang dan kualitas barang yang diterima terbukti baik dan berjalan sempurna, maka Anda bisa mulai memesan produk lainnya. Jangan lupa untuk membantu penjual tersebut menaikan rating dengan cara meninggalkan testimonial atau komentar pada kolom yang telah disediakan. Hal ini tentu sangat berguna sebagai referensi bagi calon pembeli lainnya.

Belanja online memang nyaman, mudah, dan cepat. Beberapa panduan di atas diberikan sebagai pedoman dasar dalam bertransaksi online dengan aman, agar Anda percaya diri dalam melakukannya.

Banyak toko online yang jujur dan banyak pula yang menipu. Banyak pembeli yang jujur dan banyak pembeli pula yang menipu, terutama cukup marak penipuan saat ini misalnya yaitu pembeli bermaksud membeli barang dalam jumlah besar dan menyuruh (atau menghipnotis) penjual untuk mengirimkan sejumlah uang kepada pembeli lewat ATM. Oleh karena itulah untuk melakukannya dengan tepat kedua pihak, baik pembeli maupun penjual harap berhati-hati.

Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda. Selamat berbelanja online!



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: