Tips Agar Tidur Bermanfaat Bagi Program Diet


informasitips.com – Seperti telah Kami uraikan pada artikel Tidur Dapat Menurunkan Berat Badan, bahwa tidur berperan penting dalam menjaga keseimbangan hormon ghrelin dan leptin, sehingga berat badan dapat dikontrol atau bahkan diturunkan. Durasi tidur yang cukup bersinergi positif dengan program diet yang dijalankan, sehingga terhindar dari obesitas atau kegemukan. Namun, tidak hanya durasi saja yang penting, tetapi kualitas tidur juga tidak kalah pentingnya. Tidur malam haruslah berkualitas sehingga segenap manfaat yang tersedia bisa didapatkan oleh tubuh, termasuk manfaatnya dalam menurunkan berat badan.

Agar tidur Anda berkualitas dan bermanfaat dalam menurunkan berat badan, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Rileks sebelum tidur

    Usahakan agar Anda berada dalam keadaan rileks sebelum terlelap tidur, karena dengan rileks terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

    Banyak cara yang bisa dilakukan agar tubuh rileks, seperti membaca, meditasi atau mungkin melakukan peregangan. Cara yang lain adalah mendengarkan musik favorit atau mandi sebelum tidur juga bisa merilekskan tubuh Anda.

    Loading...

    Cara lain yang juga banyak dilakukan orang adalah mengonsumsi minuman herbal atau teh tanpa kafein.

  • Kualitas Tidur dan Program Diet

    sumber: healthcentral.com

  • Berolahraga

    Setelah seharian bekerja keras, saatnya di malam hari tubuh Anda mendapatkan haknya untuk beristirahat. Sedikit berolahraga menjelang waktu tidur akan membantu tubuh Anda menyingkirkan berbagai stress yang hinggap akibat padatnya aktivitas Anda di hari itu.

    Hanya saja, olahraga yang Anda lakukan janganlah terlalu dekat dengan waktu tidur, karena yang dirasakan nantinya adalah rasa lelah dibanding manfaat rileks yang akan Anda dapatkan.

  • Konsumsi Buah Ceri

    Ceri diketahui sebagai salah satu makanan yang mengandung melatonin, yaitu suatu senyawa yang mengatur proses tidur pada tubuh manusia. Untuk mengonsumsinya, buatlah menjadi minuman jus yang segar. Tidak hanya mengandung melatonin, ceri juga kaya akan antioksidan yang bisa membantu proses pemulihan pada tubuh Anda.

  • Batasi konsumsi kafein

    Kafein memiliki khasiat dalam meningkatkan aktivitas sel-sel di tubuh dan akan menstimulasi Anda untuk tetap terjaga, jadi sebaiknya konsumsilah kafein di pagi hari saat Anda hendak menghadapi aktivitas harian.

  • Konsumsilah Oatmeal

    Sama seperti Ceri, oatmeal juga mengandung melatonin yang berperan positif dalam meningkatkan kualitas tidur seseorang. Konsumsinya jangan terlalu berlebihan, karena justru bisa mengganggu.

Beberapa cara di atas diketahui bermanfaat dalam membantu seseorang mendapatkan tidur yang berkualitas yang pada akhirnya bermanfaat dalam mengoptimalkan metabolisme tubuh yang berperan dalam mengatur selera makan dan sensasi rasa kenyang di otak. Hal tersebut tentunya akan sangat membantu program diet yang Anda lakukan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>