Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Agar Pintar Fisika

informasitips.com – Kealpaan akan suatu pelajaran terkadang membuat semakin ruwet pikiran, makan tak enak, tidur tak nyenyak. Sampai segitukah pelajaran fisika, seolah membuat hidup kita bak di neraka? Terlalu berlebihan. Gampang aja kok untuk bisa fisika. Berikut tips yang bisa kamu coba:

  1. Niat
    Kamu harus memiliki niat yang kuat untuk bisa mempelajari fisika. Karena tanpa itu, pastilah tidak akan terlaksana. Belajar karena keterpaksaan adalah merugikan. Bagaimana tidak, terpaksa melakukan sesuatu, apalagi belajar pelajaran fisika yang orang bilang ‘momok’ pelajaran, bisa bikin stress. Ketika stress, seseorang akan mengalami ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir, dan kondisi psikologis lainnya. Sedangkan belajar fisika memerlukan pikiran yang tenang dan enjoy, sehingga kerja otak akan semakin optimal dalam menyerap dan mempelajari ilmu-ilmu fisika.
  2. tips pintar fisika

  3. Cintai
    Enjoy aja lagi dan cintailah Fisika. Cobalah untuk mulai menumbuhkan perasaan cinta dan senang akan Fisika. Ketika perasaan senang dan cinta itu muncul, sel saraf sensorik menerima rangsang (impuls) yang membawa sinyal ‘senang’ dari reseptor ke otak. Kemudian sel saraf motorik membawa perintah atau tanggapan dari otak ke otot atau kelenjar tubuh untuk melakukan aktivitas belajar.
  4. Metode Mind Mapping
    Gunakanlah metode mind mapping dalam memahami konsep fisika. Mind mapping atau disebut peta konsep merupakan metode mengumpulkan informasi tentang konsep materi fisika dalam bentuk akar pohon bercabang, contoh :

    Mind Mapping Belajar Fisika

    Mind Mapping Belajar Fisika

  5. Memperhatikan dengan s*ksama
    Sebagai seorang pelajar, tentunya kamu harus benar-benar memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru di sekolah. Hal ini tidak berlaku untuk pelajaran Fisika saja, namun untuk semua pelajaran yang lainnnya. Karena, sebagian dari mereka yang mengaku kesulitan mempelajari Fisika, ternyata tidak betul-betul memperhatikan guru di sekolah. Udah males duluan, atau “ah.. ribet”. Kalau begitu, bagaimana bisa pintar?
  6. Mengambil Les tambahan
    Bila kamu benar-benar merasa kesulitan mengikuti pelajaran Fisika yang sudah diterangkan oleh guru di sekolah, tidak ada salahnya kamu juga mengambil les tambahan Fisika. Misalnya di tempat bimbingan belajar atau mendatangkan guru privat ke rumah. Biasanya di tempat-tempat les atau bimbingan belajar sudah memiliki metode pembelajaran tersendiri yang menarik dan mudah dipahami.
  7. Sering berlatih
    Ada pepatah bilang, “Tak kenal maka tak sayang”. Salah satu cara untuk menyayangi Fisika adalah dengan mengenalnya terlebih dahulu. Dan salah satu cara untuk semakin mengenal Fisika adalah dengan sering berlatih soal Fisika. Banyak-banyaklah berlatih, usahakan untuk mengerjakan 1 atau 2 soal Fisika materi apapun, setiap hari sebagai bahan latihan. Semakin banyak latihan maka kamu akan semakin kenal dan terbiasa “bergaul’ dengan Fisika.

    Selain mengerjakan latihan soal sendiri, kamu juga dapat meminta bantuan atau bertanya kepada orang yang lebih memahami Fisika, misalnya guru, teman, kakak kelas, tentor di tempat les. Berlatih soal dan belajar bersama dengan teman-teman juga dapat membangkitkan motivasi tersendiri untuk mempelajarinya loh.

  8. Membaca, mencatat, menghafal
    Kamu harus banyak membaca, banyak mencatat, dan mau tidak mau banyak menghafal. Tak ada satu pun pelajaran yang tidak membutuhkan hafalan, karena materi pelajaran harus dihafal dan diingat di luar kepala. Untuk Fisika, mau tidak mau kamu harus menghafal beberapa rumus penting dalam Fisika. Biasanya dari rumus-rumus penting dan dasar tersebut, bisa diturunkan ke rumus-rumus lainnya. Tapi, jangan cuma dihafal saja ya. Rumus-rumus tersebut juga harus dimengerti dan dipahami maksudnya.

    Banyak membaca akan semakin memperluas wawasan kamu akan ilmu Fisika. Banyak mencatat hal-hal penting akan membantu kamu dalam belajar Fisika dan secara tidak langsung juga akan membantu kamu dalam menghafal rumus penting Fisika.

  9. Pantang menyerah
    Mempelajari sesuatu memang tidaklah mudah. Semua butuh proses, kerja keras, usaha, tekad yang kuat dan semangat pantang menyerah. Ketika kamu menemukan kendala, segera cari solusinya. Jangan berhenti. Belajar adalah proses yang tidak akan pernah berhenti. Untuk menjadi seorang juara, kamu pun harus bermental juara. Katakan tidak pada “putus asa“, dan tetaplah semangat.
  10. Berdoa
    Dengan doa maka usaha akan semakin lancar. Dengan doa, usaha dan jalan akan semakin mudah.

Nah, itulah beberapa tips agar kita mudah belajar fisika. Just do it. Fisika itu asyik loh.
Selamat mencoba..

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2012


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: