Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Agar Lulus Ujian Akhir

informasitips.com – Ujian akhir sering menjadi momok tersendiri bagi para pelajar. Takut tidak lulus, takut tidak mendapatkan hasil yang baik dan takut tidak bisa melanjutkan studi di universitas atau sekolah favorit merupakan hal-hal yang lazim ditakuti para siswa. Menurutmu, bagaimana cara terbaik agar bisa lulus ujian akhir? Tentu dengan belajar, bukan? Tak bisa ditawar lagi, jika kamu ingin lulus ujian akhir, kamu harus belajar dan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Namun, belajar saja tidak cukup. Kamu juga perlu menerapkan tips-tips di bawah ini agar kamu bisa lulus ujian akhir dengan nilai yang memuaskan.

1. Tentukan Tujuan
Menentukan tujuan akhir dari perjuangan kamu bisa membantumu untuk lebih semangat dalam belajar. Misalnya, setelah tamat SMU nanti, ke mana kamu akan melanjutkan studi? Di universitas mana kamu akan mendaftar? Program studi atau jurusan apa yang akan kamu ambil? Tentukan tujuan kamu sekarang juga sehingga kamu memiliki gambaran jelas ke mana selanjutnya kamu akan melangkah.

Tentu ada kalanya kamu jenuh belajar seharian dan hal ini merupakan hal yang lumrah dialami bagi mereka yang hari-harinya diisi dengan belajar, belajar, dan belajar lagi, sampai wajah mereka tampak seperti buku berjalan. Nah, dengan mengingat tujuan akhirmu, kamu pun bisa terpacu kembali untuk belajar. Ingat bahwa di setiap akhir yang indah, dibutuhkan pengorbanan dan perjuangan yang keras.


2. Kurangi Bermain
Jika kamu terbiasa bermain video game atau menonton televisi sepulang sekolah sampai larut malam, cobalah untuk menguranginya. Bukan berarti kamu tidak boleh bermain game kesukaanmu, browsing internet, hang out bersama teman atau menonton program favoritmu di televisi. Namun, batasi waktumu untuk bermain dan bersantai-santai. Jika biasanya kamu menghabiskan lebih dari 3 jam untuk mengutak-atik internet, mulai saat ini sampai ujian akhir selesai nanti kamu bisa menikmati internet selama 1 jam saja sehari. Gunakan sisa waktumu untuk belajar mempersiapkan ujian akhir nanti.


3. Ikut Bimbingan Belajar
Mengikuti bimbingan belajar memberikan banyak manfaat tersendiri karena di sana kamu akan diberi soal-soal latihan dan cara penyelesaian yang termudah. Tapi ingat, jika orangtuamu sudah mengikutsertakanmu dalam bimbingan belajar, sungguh-sungguhlah belajar dengan sebaik mungkin di sana. Jangan malah menggunakan alasan ‘Aku pergi les, ya!’ untuk pergi ke mall atau nongkrong di rumah teman.

tips agar lulus ujian akhir

4. Buat Kelompok Belajar
Tidak semua siswa bisa menikmati bimbingan belajar karena biayanya yang relatif mahal. Jangan berkecil hati dulu jika kamu tidak bisa mengikuti bimbingan belajar seperti teman-temanmu. Mengapa tidak membentuk kelompok belajar bersama teman-teman? Selain dapat bertukar ilmu, kalian juga dapat saling menyemangati satu sama lain. Buatlah jadwal di mana kalian semua dapat berkumpul, misalnya seminggu 2 kali. Atur tempat pertemuan kalian juga. Namun jangan lupa, jika tujuan awalmu membentuk kelompok belajar bersama teman-teman, gunakan waktu yang kalian miliki untuk belajar dan bukannya untuk ngobrol atau bergosip.


5. Perbaiki Kelemahan
Mata pelajaran apa yang kamu rasa kurang? Tanyalah pada teman yang lebih menguasai mata pelajaran tersebut atau bertanyalah langsung pada guru mata pelajaran yang bersangkutan. Tulis pertanyaan-pertanyaan atau hal-hal yang ingin kamu perbaiki sebelum kamu ‘berkonsultasi’ dengan teman atau gurumu sehingga nantinya tidak ada hal yang terlupa. Kamu juga bisa mencari tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaanmu melalui buku-buku di perpustakaan.


6. Membuat Ringkasan
Materi ujian akhir tentu menumpuk dari sejak awal kita masuk ke jenjang pendidikan tersebut. Bayangkan berapa banyak buku, materi yang harus kita baca dan pelajari. Cara termudah untuk mempelajari materi-materi tersebut yaitu dengan membuat ringkasan. Kamu bisa membuatnya di selembar kertas HVS atau Folio, yang bisa kamu tulis tangan sendiri atau kamu ketik dengan komputer. Ya, ringkasan ini cukup praktis sehingga bisa dibawa ke mana saja. Kita bisa membaca ringkasan tersebut sambil menunggu bus yang akan membawa kita pulang, misalnya. Tapi ingat ya, jangan gunakan ringkasan ini untuk mencontek saat ujian akhir nanti.


7. Perbanyak Latihan
Pepatah mengatakan, ‘Practice makes perfect.’ Nah, banyak-banyaklah berlatih contoh soal-soal ujian akhir sehingga kamu pun menjadi terbiasa menghadapi contoh soal yang akan keluar di ujian nanti. Pada saat-saat mendekati ujian akhir seperti saat ini kamu justru tidak boleh hanya terlalu berfokus pada penguasaan materi pelajaran, tanpa berlatih soal. Karena, meski kamu menguasai meteri pelajaran, namun tanpa latihan soal biasanya kamu nanti akan menemukan kesulitan yang bisa memperlama waktumu dalam mengerjakan soal.

Saat ini banyak dijual buku-buku yang berisi contoh soal ujian akhir yang dilengkapi pula dengan kunci jawaban maupun cara penyelesaian soal. Sisihkan uang jajanmu untuk membeli buku ini dan berlatihlah sesering mungkin. Kamu juga bisa mengikuti try-out yang sering diadakan oleh lembaga bimbingan belajar. Mungkin kamu hanya perlu membayar beberapa rupiah saja untuk dapat mengikuti try-out tersebut.


8. Cukup Istirahat
Istirahat merupakan hal wajib yang harus kamu lakukan di masa-masa menjelang ujian. Istirahat penting agar pikiranmu bisa lebih segar dan bisa tetap fit untuk semangat belajar lagi mempersiapkan diri untuk ujian. Gunakan waktu luangmu untuk bersantai sejenak di rumah sambil menonton televisi atau mendengarkan musik kesukaanmu.

Jangan lupa pula untuk istirahat yang cukup pada malam sebelum ujian berlangsung. Otakmu juga butuh istirahat agar bisa bekerja lebih baik lagi. Jangan paksa otakmu untuk terus belajar tanpa henti semalaman, sementara keesokan paginya kamu harus menghadapi ujian. Ini tentunya akan mengganggu performa dan konsentrasi kamu pada saat mengerjakan soal ujian.


9. Perhatikan Pola Makan dan Asupan Gizi
Perbanyak makan makanan yang sehat dan bergizi pada hari-hari sebelum ujian agar otakmu bisa berpikir lebih optimal selama kamu belajar untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian. Makanan sehat dan begizi sangat penting untuk menunjang staminamu. Kamu membutuhkan banyak energi untuk berpikir dan belajar.

Pada pagi hari sebelum ujian, pastikan kamu sarapan terlebih dahulu. Sarapan sangatlah penting dan diperlukan agar otakmu bisa bekerja dengan baik dan lebih optimal lagi nanti pada saat menghadapi ujian.


10. Jaga Kondisi & Kesehatan
Jaga kondisi dan kesehatan pada hari-hari menjelang ujian. Otak dan fisik yang lelah karena banyak belajar harus diimbangi dengan kondisi fisik yang baik dan sehat. Kamu tentu tidak ingin kan pada saat hari H kamu justru tidak bisa ikut ujian karena sakit? Untuk itu, menjaga kondisi dan kesehatan pada saat menjelang ujian sangatlah penting. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan istirahat yang cukup, menjaga asupan makanan dan gizi yang masuk ke dalam tubuh, dan tentunya berolahraga agar tubuh menjadi sehat dan bugar sehingga aliran darah dan oksigen ke otak menjadi lebih lancar.


11. Berpikir Positif
Tak peduli kamu berkata bisa atau tidak bisa, keduanya sama benarnya.’ Pernah mendengar atau membaca kalimat tersebut? Ya, entah kamu berkata ‘Aku pasti lulus’ atau ‘Pasti aku nggak lulus’, keduanya sama benarnya. Jadi, tetaplah berpikir positif. Tanamkan di pikiranmu bahwa kamu pasti dapat menyelesaikan soal-soal ujian dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Pikirkan tujuan akhirmu dan yakinlah pada dirimu sendiri bahwa kamu pasti bisa meraihnya.


12. Tenangkan Diri
Kamu harus mampu menenangkan diri pada saat-saat menjelang ujian seperti sekarang ini. Tidak ada waktu lagi untuk terus merasa takut dan cemas. Lebih baik energi yang kamu miliki itu kamu gunakan untuk mempersiapkan diri, daripada terbuang percuma karena memikirkan hal-hal yang membuatmu tidak tenang.

Pada pagi harinya sebelum ujian pun kamu perlu untuk menenangkan diri. Yakinlah bahwa kamu telah memiliki persiapan yang matang dan akan bisa melewati ujian dengan hasil yang baik. Cobalah untuk tidak grasak-grusuk lagi melihat-lihat materi atau contoh-contoh soal di detik-detik terakhir menjelang ujian, setidaknya 15 menit sebelum ujian. Karena biasanya hal tersebut justru bisa mengacaukan pikiran, membuat kamu menjadi semakin tidak fokus dan tidak tenang.


13. Persiapkan Peralatan Ujian
Persiapkan semua alat-alat tulis yang kamu butuhkan sehari sebelum ujian, misalnya pensil khusus komputer, pena, penghapus, dan peralatan lainnya. Jangan sampai ada yang terlupa. Jangan pula berpikiran bahwa kamu bisa meminjam barang milik teman pada saat ujian nanti. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui perlengkapan apa saja yang boleh dan tidak boleh kamu bawa. Misalnya kalkulator, handpone biasanya termasuk barang-barang yang tidak boleh kamu bawa pada saat ujian. Pastikan juga kartu peserta ujianmu tidak tertinggal di rumah.


14. Berdoa
Berdoa dapat membantumu untuk lebih tenang dan percaya diri. Karena itu, mintalah petunjuk dan kemudahan dari Tuhan serta bimbingan-Nya sehingga kamu dapat menempuh ujian akhir dengan sebaik mungkin.


15. Ketika Ujian Tiba
Serangkaian persiapan pada saat mendekati dan menjelang ujian sudah kamu lakukan. Sekarang saatnya bagi kamu untuk mulai “bertempur” menghadapai soal-soal ujian. Ketika ujian tiba, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu :

  • Pastikan kamu benar-benar mengetahui peraturan saat mengerjakan ujian, misalnya peraturan mendapatkan pengurangan nilai bila kamu salah menjawab. Untuk peraturan seperti itu, sebaiknya kamu tidak usah menjawab pertanyaan yang sekiranya kamu tidak yakin karena bisa mengurangi nilai, bila kamu salah. Atau mungkin juga ada peraturan lainnya yang berlaku. Untuk itu, perhatikan baik-baik instruksi dan peraturan yang ada pada saat ujian.

  • Ketahui dengan pasti berapa lama waktu pengerjaan soal.
  • Jangan sibuk memperhatikan kanan kiri. Hal ini penting dilakukan agar tidak mengganggu konsentrasi dan ketenangan kamu dalam menjawab soal.
  • Jangan terlalu lama terjebak di soal-soal yang kamu tidak tahu atau tidak yakin dengan jawabannya. Tinggalkan sejenak, dan kembali lagi saat kamu sudah mengerjakan bagian soal yang lainnya. Ujian sangat dibatasi waktu, jangan buang waktumu percuma dengan berkutat di hal-hal yang kamu tidak yakin (tidak tahu).
  • Jawablah soal ujian dengan sebaik-baiknya dan jangan mencontek.

Semoga beberapa tips di atas bisa berguna bagi kamu yang sebentar lagi akan menghadapi ujian akhir. Persiapkan diri sebaik-baiknya, lakukan yang terbaik dan yakinlah bahwa kamu pasti bisa. Good luck!



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: