Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Agar Keringat Tidak Bau

informasitips.com – Melakukan aktivitas yang padat tentunya akan membuat badan Kamu menjadi berkeringat. Proses produksi keringat yang berlebih akan menimbulkan aroma tidak sedap yang berasal dari badan Kamu. Bagian tubuh yang banyak menghasilkan keringat biasanya adalah ketiak, rambut, kaki dan bagian kelamin. Pada dasarnya keringat tidak berbau, tetapi adanya pertumbuhan bakteri pada bagian tubuh yang berkeringat akan menimbulkan bau yang tidak nyaman bagi orang di sekitar Kamu. Bagian tubuh yang lembab akan memudahkan bakteri untuk tumbuh hingga akhirnya menghasilkan aroma yang tidak diinginkan. Berikut beberapa tips yang bisa Kamu lakukan agar keringat Kamu tidak bau:

  1. Mandi yang benar dan bersih

    Mengapa harus mandi yang benar? Seperti apa mandi yang benar?

    Mandi adalah jadwal rutin yang setiap hari kita lakukan, tetapi terkadang kita selalu mengabaikan cara mandi yang benar. Mandi benar dilakukan dengan peralatan mandi yang memang tidak simpel, Kamu harus pula memperhatikan kelayakan peralatan mandi Kamu yang akan membersihkan tubuh Kamu, bagaimana Kamu bisa membersihkan badan secara maksimal jika peralatan mandi Kamu tidak bersih. Peralatan mandi yang wajib Kamu miliki untuk membersihkan badan secara maksimal adalah handuk, sabun dan air yang bersih. Terlihat simpel kan? Padahal ada yang harus Kamu perhatikan dari ketiga peralatan tersebut, yaitu:

    • Handuk

      Saat mandi, handuk yang harus Kamu miliki dan gunakan sebanyak 4 handuk, jangan sepelekan penggunaan handuk yang mengeringkan seluruh tubuh Kamu. Keempat handuk yang digunakan adalah handuk untuk rambut, handuk untuk muka, handuk untuk badan dan handuk untuk bagian bawah seperti kaki dan persimpangan kemaluan. Mengapa dibedakan? Karena 4 bagian tersebut memproduksi kadar keringat yang berbeda. Jadi jika Kamu menggunakan handuk sembarangan, maka bakteri yang seharusnya berkembang pada bagian yang berkeringat saja, akan berkembang juga pada bagian yang memang tidak mudah berkeringat seperti lengan dan bagian perut, sehingga menjadi bau.

    • Tips Agar Keringat Tidak Bau

    • Sabun

      Membersihkan badan secara maksimal pasti dilihat dari jenis sabun yang Kamu gunakan, jika memang Kamu tergolong orang yang mudah berkeringat. Gunakan sabun antiseptik, karena antiseptik adalah senyawa kimia yang mampu membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorgamisme yang hidup pada permukaan kulit yang akan berkembang biak saat kita berkeringat.

    • Air bersih

      Perhatikan aliran air pada bak mandi Kamu, jangan sepelakan air yang ada di dalam kamar mandi Kamu. Pembersihan kamar mandi, seperti menguras bak, harus dilakukan dengan benar agar jumlah bakteri dapat ditekan seminimal mungkin, sehingga tidak ada bakteri yang menempel pada tubuh kita.

  2. Perhatikan pola makan

    Pola makan sangat penting dalam menjaga agar keringat tidak bau. Semakin banyak makanan yang sehat masuk ke dalam tubuh Kamu, semakin baik metabolisme yang terjadi dalam tubuh Kamu. Untuk mencegah agar keringat tidak bauk konsumsilah sayuran dan buah-buahan, serta kurangi konsumsi daging yang berlebihan.

  3. Kenakan pakaian yang bersih

    Dengan mengenakan pakaian yang bersih berarti Kamu telah mengurangi kemungkinan tubuh Kamu untuk menjadi bau ketika berkeringat. Oleh karena itu, cucilah pakaian Kamu setiap kali selesai dikenakan, apalagi jika sudah dipakai seharian. Pastikan tidak ada aroma yang mengganggusetelah selesai dicuci, jika masih terdapat aroma yang tidak sedap, cuci lagi dan pastikan bersih. Untuk kaos kaki, gantilah sesering mungkin, apalagi jika kaki Kamu sampai basah, karena kaki yang basah akan meningkatkan pertumbuhan bakteri pada saat Kamu mengenakan kaos kaki, usahakan untuk menjaga kaki tetap kering.

  4. Jika tidak perlu, jangan gunakan deodorant atau antiperspirant.

    Sebenarnya ada cara mudah untuk menghilangkan bau badan akibat keringat, yaitu dengan memastikan daerah-daerah di tubuh yang biasanya banyak berkeringat untuk tetap kering. Basuh daerah-daerah tersebut dengan air bersih, lalu lap dengan menggunakan handuk yang juga bersih, lakukan selama sebulan maka bau tak sedap dari tubuh Kamu akan jauh berkurang. Jika Kamu memang tipe orang yang banyak berkeringat, maka Kamu bisa menggunakan antiperspirant. Antiperspirant bekerja dengan cara mengurangi produksi keringat oleh tubuh. Antiperspirant berbeda dengan deodorant, karena deodorant tidak mengurangi produksi keringat melainkan menambahkan aroma wangi pada keringat yang diproduksi. Jadi, deodorant secara langsung melawan bau yang diakibatkan oleh adanya bakteri, bukan mengurangi kemungkinan tubuh kamu untuk bau. Tidak heran jika Kamu mengenakan deodorant, maka aroma tidak sedap tubuh Kamu mungkin tidak berkurang melainkan malah menghasilkan bau tidak sedap yang lain, perpaduan bau deodorant dan bau tubuh Kamu. Jika perlu gunakan saja deodorant alami.

  5. Gunakan Deodoran alami

    Penggunaan deodoran alami sangat dianjurkan, selain tidak memiliki efek samping bagi tubuh, ketahanannya untuk membuat badan kita tidak bau bisa bertahan lebih lama. Deodoran alami ini tentu berasal dari bahan-bahan alam seperti daun sirih, temulawak dan jahe

    • Daun sirih digunakan sebagai deodoran alami dengan cara ditumbuk hingga halus, lalu campur dengan kapur barus dan oleskan ke ketiak Kamu.
    • Temulawak dan jahe, agar menjadi deodoran alami bukan dengan mengoleskan pada ketiak Kamu, tapi dengan cara diminum. Bersihkan temulawak atau jahe lalu potong halus, setelah itu direbus sehingga bisa diminum dalam keadaan hangat.
  6. Jaga tubuh Kamu agar tetap kering

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa menjaga tubuh untuk tetap kering adalah cara paling sederhana untuk mengurangi bau tidak sedap akibat keringat. Meskipun begitu, cara harus dilakukan rutin setiap hari agar efeknya maksimal dalam mengurangi bau keringat. Dengan menjaga tubuh tetap kering maka kemungkinan bakteri untuk tumbuh akan semakin kecil.

  7. Jika Kamu merokok, berhentilah merokok.

    Merokok memengaruhi metabolisme tubuh Kamu, termasuk dalam memengaruhi aroma tubuh Kamu. Tidak hanya itu, asap rokok ayng diproduksi dapat menempel di pakaian yang Kamu kenakan dan akan berkontribusi pada aroma tidak sedap yang dihasilkan oleh tubuh Kamu.

  8. Konsultasikan dengan dokter jika Bau Badan juga tak mau hilang.

Demikian tips agar terhindar dari bau badan yang membuat Kamu dan orang di sekitarmu merasa tidak nyaman.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *