Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Agar Berpikiran Positif

informasitips.com – Pikiran positif membuat kehidupan menjadi lebih tenang, nyaman, membawa pada kebahagiaan dan kepuasan hidup. Ingatlah bahwa apapun yang anda pikirkan dapat menular ke sekeliling anda. Dengan berpikir positif, orang-orang di sekitar anda akan merasakan juga suasana hati anda dan ikut serta berbagi kebahagiaan bersama anda. Pikirkan tentang kebahagiaan, kesehatan yang baik, dan kesuksesan. Anda akan melihat sendiri betapa banyak orang-orang yang akan merasa senang menikmati pancaran energi positif dari Anda dan memancarkannya kembali dimana pun mereka berada. Sangat menyenangkan, bukan? Walaupun semua setuju bahwa berpikir positif sangatlah menyenangkan, kenyataannya tidak semua orang dapat dengan mudah melakukannya. Ingin tahu bagaimana cara agar bisa berpikir positif? Berikut tips yang bisa Anda coba:

  1. Bersahabatlah dengan kata-kata yang positif
    Jika anda secara terus menerus mengatakan kepada diri sendiri “Saya tidak bisa” anda mungkin akan meyakinkan diri sendiri bahwa anda memang tidak bisa. Ganti kata-kata negatif itu dengan yang kata-kata yang lebih positif. Katakan pada diri anda “aku akan melakukan yang terbaik” atau “aku akan berusaha keras untuk mewujudkan kebagagiaanku”

    Gunakan kata-kata yang membangkitkan kekuatan dan keberhasilan. Isi pikiran anda dengan kata-kata yang membuat anda merasa kuat, bahagia. Konsentrasikan diri anda untuk fokus pada kata-kata positif. Cobalah untuk terbiasa bersahabat dengan kata-kata yang positif.

  2. Tips agar Berpikiran positif

  3. Praktek penegasan positif
    Setelah Anda bersahabat dengan kata-kata positif, seringlah melakukan praktek penegasan positif. Penegasan positif berarti mengulangi dan meyakini kalimat-kalimat yang positif untuk diri Anda.
  4. Buang semua perasaan negatif
    Jangan biarkan pikiran dan perasaan negatif menguasai anda ketika anda sedang merasa sedih. Oleh karena itu sediakan beberapa jam sehari untuk membuang energi negatif anda dan fokuslah pada hal-hal baik dalam hidup anda. Atur dan arahkan pikiran Anda untuk tidak terjebak pada hal-hal dan pikiran negatif yang bisa merusak energi positif Anda.
  5. Beri diri anda penghargaan
    Seringkali ketika kita merasa frustrasi atau kesal karena kita hanya berkonsentrasi pada hal-hal buruk atau kesalahan yang kita lakukan, bukannya memberikan penghargaan untuk hal baik yang telah kita perbuat. Biarkan diri anda merasa yakin dan bahagia tentang hal-hal yang telah anda capai. Hargailah prestasi sekecil apapun dalam hidup Anda.
  6. Maafkan diri Anda
    Terus-menerus menghukum diri anda tentang hal-hal yang telah anda lakukan atau segala kesalahan-kesalahan anda tidak akan mengubah apapun. Katakan pada diri anda bahwa anda dimaafkan atas kesalahan tersebut dan biarkan diri Anda untuk bergerak maju.
  7. Belajarlah dari masa lalu
    Masa lalu selalu berada di belakang. Tak peduli seburuk apapun hal yang telah terjadi, tidak ada yang bisa anda lakukan untuk mengubahnya. Yang bisa anda lakukan adalah belajar dari masa lalu dan tidak mengulanginya di masa depan. Setiap kali anda merasa pikiran negatif tentang masa lalu muncul, gantilah dengan harapan-harapan positif tentang masa depan.

    Jangan biarkan kesalahan tersebut membuat anda menjadi pribadi yang tidak percaya diri dan takut mengambil resiko. Sebaliknya, berpikir positiflah bahwa kesalahan yang telah dilakukan merupakan latihan peningkatan kualitas diri agar anda menjadi pribadi yang lebih baik dan optimis dalam memandang hari esok.

  8. Bersyukurlah
    Bersyukurlah untuk semua hal yang ada dalam hidup anda. Ingatkan diri anda bahwa hal baik dan hal buruk dalam hidup pasti mempunyai hikmah yang luar biasa untuk Anda. Yakinlah bahwa Tuhan menyayangi Anda dan akan selalu memberikan yang terbaik untuk Anda.
  9. Berpikir sederhana
    Jika Anda mendapati diri Anda berpikir terlalu rumit, cobalah mengubah pikiran-pikiran itu menjadi lebih sederhana. Jangan terlalu berlebihan dalam memandang sesuatu. Berpikir sederhana juga mampu menghindarkan diri Anda dari pikiran-pikiran negatif yang belum tentu benar.
  10. Wujudkan pikiran positif Anda
    Anda sudah melatih diri untuk berkata dan berpikir positif namun akan jadi sia-sia bila tidak diwujudkan. Wujudkanlah pikiran positif yang anda miliki. Misalnya, bila Anda berpikiran positif dan optimis bahwa bisnis anda akan berhasil, lakukan dan wujudkanlah pikiran tersebut. Arahkanlah diri Anda untuk bergerak pada upaya untuk mewujudkan pikiran positif tersebut.
  11. Menghipnotis diri sendiri
    Menghipnotis diri sendiri membawa anda ke alam bawah sadar anda sehingga mampu menghasilkan energi yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Menghipnotis diri sendiri akan memberikan sugesti positif dalam diri Anda. Sugesti positif merupakan salah satu energi yang bisa anda andalkan untuk membantu mewujudkan pikiran positif anda.
  12. Bersahabatlah dengan orang-orang yang positif
    Semakin banyak Anda bergaul dengan orang-orang yang positif maka akan semakin mudah pula Anda melatih diri untuk menjadi orang yang berpikiran positif. Pengaruh pergaulan sangatlah kuat. Energi dari orang yang positif pastinya akan sampai ke diri Anda. Anda juga akan melihat bahwa mereka yang berpikiran positif terlihat jauh lebih bahagia, lebih nyaman dan tenang dalam menjalani kehidupan.
  13. Hindari orang yang negatif
    Ada baiknya juga Anda membatasi diri dari orang yang negatif. Tanpa Anda sadari, orang-orang yang berpikiran negatif akan menyalurkan energi negatifnya ke Anda. Akibatnya, usaha anda untuk berpikir positif akan hancur. Saat anda berada di titik terendah anda, temuilah orang yang positif dan hindari mereka yang anda tahu hanya akan membuat anda merasa lebih buruk.
  14. Melihatnya dari sudut pandang yang berbeda
    Ubahlah pola pikir Anda untuk melihat sesuatu dari sudut pandang lain yang lebih positif. Bersikaplah lebih toleran terhadap sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang anda inginkan. Sadari bahwa semuanya tidak ada yang sempurna. Ini dapat membantu anda melihat kesalahan diri sendiri dan memaafkan kesalahan orang lain. Bila ada hal buruk yang terjadi dalam diri Anda, cobalah untuk melihat sisi positifnya daripada menelan semua sisi negatifnya.
  15. Bergembiralah bahwa hidup anda tidak membosankan
    Jika tidak ada hal baik atau buruk dalam hidup Anda, kemungkinan besar anda akan merasakan kebosanan dalam hidup. Lihatlah segala sesuatu yang terjadi dalam hidup anda sebagai tantangan. Bergembiralah karena kehidupan yang berwarna-warni masih ingin datang menghampiri anda.
  16. Lakukan sesuatu yang menyenangkan
    Ingin merasa lebih baik? Cobalah melakukan sesuatu yang menyenangkan untuk mereka yang Anda sayangi. Anda akan merasa lebih positif setelah melakukan kebaikan untuk orang lain.
  17. Ingatkan diri anda akan keberuntungan anda
    Anda adalah orang yang beruntung karena masih memiliki keluarga, teman dan keberuntungan lainnya dalam hidup Anda. Masih banyak orang lain yang jauh lebih susah dari Anda. Mengingatkan diri sendiri akan hal-hal tersebut akan membuat anda jadi lebih bersyukur.
  18. Tersenyum dan tertawalah
    Saat pikiran negatif menghampiri anda, tersenyum dan tertawalah. Niscaya Anda akan merasa lebih baik dan lega. Saat anda sudah mulai merasa lebih lega dan tenang, tangkal semua pikiran negatif yang ingin menguasai anda, gantilah dengan pikiran positif sehingga Anda bisa melihat segala sesuatu dengan lebih jernih lagi.
  19. Berkonsentrasi pada pernapasan
    Ketika anda dihadapkan pada situasi yang rumit dan sulit, cobalah berkonsentrasi pada sistem pernapasan anda. Ini akan membuat anda rileks, menghilangkan beberapa kecemasan, dan memungkinkan anda untuk fokus pada unsur-unsur yang lebih positif dalam hidup anda.
  20. Bermeditasi
    Manfaat meditasi begitu banyak, dan salah satunya dapat mendorong Anda untuk berpikir positif. Dengan membersihkan pikiran, Anda dapat membuang aura dan energi negatif yang mungkin mengganggu anda.
  21. Menyadari keberagaman
    Sadarilah bahwa segala sesuatu di dunia ini tidaklah sama. Antara anda dan saudara kembar anda sekalipun tidaklah sama. Dengan menyadari bahwa tiap orang tidaklah sama dan memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda, maka anda akan menjadi lebih toleran dan realistik di setiap kondisi.
  22. Jangan mengasihani diri sendiri
    Hal-hal buruk terjadi pada setiap orang dari waktu ke waktu. Mengasihani diri sendiri dan ingin orang lain merasa kasihan kepada anda tidak akan membuat hal-hal yang terjadi jauh lebih baik.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: