Tidur Membuat Otak Lebih Cerdas

informasitips.com – Manusia sangat membutuhkan tidur. Tidur tidak hanya dapat memulihkan kondisi manusia dari stress dan kelelahan, namun penelitian terbaru mengungkapkan bahwa tidur juga bermanfaat untuk mengaktifkan kembali semua koneksi otak, sehingga otak dapat lebih banyak lagi memperlajari berbagai macam hal. Dengan meningkatnya kemampuan otak dalam belajar dan menyerap informasi baru, maka otak akan menjadi lebih cerdas.

Beristirahat dan tidak beraktivitas selama malam hari akan membantu manusia dalam menghasilkan sinap-sinap baru yang berguna untuk menghubungkan kembali sel-sel otak manusia. Para peneliti meyakini bahwa bila sinap pada otak tidak diperbarui, maka otak manusia akan menjadi jenuh sehingga tidak dapat lagi menyerap informasi baru.

Para ahli saraf beranggapan bahwa pembentukan sinap baru tersebut merupakan kunci utama otak dalam menyimpan memori dan informasi. Hal ini tidak dapat terpenuhi bila tanpa istirahat dan tidur yang cukup.

Dr Paul Shaw, seorang ahli saraf dari Washington University School of Medicine di St. Louis, mengatakan bahwa ada banyak alasan mengapa otak tidak mampu memperbanyak dan memperbarui sinap-sinapnya. Mereka mencoba mengamati pola pembentukan sinap otak lalat selama menerima informasi, dimana lalat memiliki banyak kesamaan dengan manusia dalam hal pola tidurnya. Contohnya, apabila manusia kurang tidur selama satu hari, maka tubuh manusia akan coba meminta kekurangan tersebut dengan tidur lebih banyak lagi pada hari berikutnya. Ternyata hal yang sama juga terjadi pada lalat.

Penelitian juga mengidentifikasi terdapat tiga gen penting yang berhubungan antara belajar (menyerap informasi) dengan kebutuhan tidur. Dibutuhkan jumlah waktu tidur yang cukup agar dapat menyerap informasi lebih banyak lagi.

Dr Shaw juga berencara untuk meneliti lagi tentang hubungan antara memori dengan tidur. Lebih lanjut sebagaimana yang dikutip dalam Telegraph online, Shaw mengatakan “Saat ini banyak orang yang mencemaskan masalah pekerjaan dan ekonomi, namun tidak sedikit dari mereka yang tidak merasa khawatir bila kekurangn tidur. Namun dari hasil peneltian ini, diharapkan manusia lebih mengerti tentang manfaat tidur bagi otak manusia. “Dengan tidur yang cukup, otak akan menjadi lebih tajam, dan ini juga akan meningkatkan peluang Anda untuk mempertahankan pekerjaan dan masalah ekonomi yang selama ini selalu dicemaskan”, ujar Shaw dalam menjelaskan hasil penelitiannya.
(ST)

Loading...

Rekomendasi

Satu Komentar

  1. 1

    thanks for your information.
    i need it.
    if you have many more tips
    please share to me

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>