Informasi dan Tips – informasitips.com

Temuan Terbaru Jepang, Scanner Buku Tercepat

Scanner buku tercepat penemuan Jepanginformasitips.com – Para ilmuwan Jepang dari Tokyo University berhasil mengembangkan teknologi mutakhir dalam proses pemindaian (scanning) sebuah buku dengan kecepatan 170 halaman per menit. Pengembangan prototipe scanner memakan waktu 2 tahun. Para ilmuwan tersebut mengklaim bahwa pemindai (scanner) yang mereka kembangkan adalah pemindai tercepat di dunia yang menggunakan teknologi sebuah kamera yang dapat mengambil gambar sampai 500 gambar per detik.

Mekanisme sistem pemindaian gambar yang dimiliki oleh scanner tercepat ini adalah dengan mengatur sudut penyimpangan yang disebabkan oleh lengkungan yang terjadi ketika setiap halaman buku dibalik secara cepat. Pengaturan tersebut dilakukan dengan menggunakan pengukuran tiga dimensi infra merah sehingga setiap halaman buku yang terambil terlihat rata seperti halaman aslinya.

Di waktu mendatang akan dipertimbangkan penggunaan robot dalam membalikkan halaman per halaman secara otomatis, sehingga hasilnya lebih konstan, cepat, dan rapi. Dengan mesin scanner ini diharapkan ke depannya akan lebih banyak dihasilkan ebook dari buku-buku cetak yang ada, sehingga pembaca bisa membaca ebook tersebut dengan menggunakan ipad Apple ataupun Amazon Kindle. Dengan demikian kamu tidak perlu berat-berat membawa buku tebal kemana-mana, kamu hanya cukup membawa ipad Apple ataupun Amazon Kindle yang bobotnya lebih ringan.

Teknologi 3D yang diusung mesin scanner ini dapat diaplikasikan secara luas, baik itu pada industry robotic ataupun idustri otomotif. Salah satu ilmuwan jepang yang terlibat dalam penelitian scanner mengatakan bahwa penerapan teknologi 3D tersebut pada industri otomotif akan menciptakan system kemudi yang lebih aman dan nyaman. Jika teknologi 3D itu diusung ke dalam sebuah kendaraan, maka akan dapat diambil image 3D mengenai apa-apa yang ada di depan, apakah itu jalan yang tidak rata atau halangan yang lain. Sedangkan pada industry robotic, penerapan teknologi 3D pada penglihatan robot akan membuat robot bergerak lebih cepat daripada manusia.

Jika memang mesin scanner tersebut dilepas ke pasar kira-kira akan dihargai berapa ya?? Pastinya tidaklah murah mengingat teknologi canggih yang diusungnya, dapat memindai 170 halaman dalam waktu 1 menit.
(ST)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2011


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

2 thoughts on “Temuan Terbaru Jepang, Scanner Buku Tercepat

  1. Hery Subiyanto

    This unti will be the first scanner machin in the world that can scan a book and others.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: