Informasi dan Tips – informasitips.com

Tekan Risiko Dementia dengan Teh, Olahraga, dan Vitamin D

Kebiasaan Minum Teh, Olahraga, dan Vitamin D, Turunkan Resiko Dementiainformasitips.com – Studi terbaru yang diungkapkan oleh Asosiasi Internasional Alzheimer di Honolulu, Amerika mengungkapkan bahwa kebiasaan minum teh, berolahraga, dan mengkonsumsi vitamin D secara teratur dapat membantu mencegah dementia, yaitu gangguan pada fungsi kognitif otak. Penyebab dementia diantaranya adalah faktor usia, akibat trauma di kepala, dan bisa juga akibat dari suatu penyakit tertentu. Masalah yang dialami oleh penderita dementia umumnya adalah gangguan dalam kemampuan mengingat, kemampuan berkonsentrasi dan kemampuan bicara. Pada umumnya, dementia sering terjadi pada mereka yang telah berusia lanjut. Namun, tak menutup kemungkinan bisa terjadi pula pada mereka yang berusia masih muda.

Tim peneliti dari rumah sakit Brigham & Women, Boston yang terlibat dalam studi tersebut membagi riset tersebut menjadi tiga tahap penelitian. Penelitian pertama adalah melakukan penelitian resiko kardiovaskular pada sekitar 1.200 orang, dimana 242 orang diantaranya mengidap dementia. Dan didapatkan hasil bahwa mereka yang rajin berolahraga ternyata memiliki resiko 40% lebih rendah untuk terkena dementia dibandingkan mereka yang kurang aktivitas fisiknya (jarang berolahraga). Sebaliknya mereka yang jarang sekali berolahraga tersebut ternyata lebih beresiko terkena dementia sekitar 45%.

Penelitian kedua yang dilakukan selama 14 tahun melakukan riset pada lebih dari 4.800 pria dan wanita yang berusia 65 tahun ke atas. Dari hasil riset kedua ini didapatkan hasil bahwa mereka yang suka minum teh 1-4 kali seminggu memiliki resiko 37% lebih rendah untuk terkena dementia, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh sama sekali.

Penelitian ketiga dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh vitamin D terhadap kesehatan otak. Penelitian ketiga ini dilakukan pada sekitar 3.325 orang di Amerika yang berusia 65 tahun ke atas. Diperoleh hasil bahwa mereka yang kekurangan vitamin D ternyata 42% lebih beresiko mengalami gangguan/kerusakan fungsi kognitif.

Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa yang paling utama yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan adalah menerapkan dan menjaga gaya hidup sehat seperti menjaga asupan makanan bergizi dan berolahraga secara teratur.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: