Informasi dan Tips – informasitips.com

Tandem Breasfeeding (Menyusui Dua Balita)

informasitips.comMenyusui dua bayi sekaligus, mungkinkah? Keadaan ini terjadi pada beberapa ibu yang hamil ketika si kakak masih berumur kurang dari satu tahun. Ketika si adik lahir, maka si kakak belum genap dua tahun atau belum disapih. Nah, keputusan untuk menyusui dua balita anda ini dinamakan tandem breastfeeding atau tandem nursing.

Di Indonesia tandem breastfeeding memang belum begitu popular, mengingat jumlah penduduk yang cukup padat, maka pemerintah menganjurkan KB dengan jarak kehamilan minimal dua tahun.

Seorang ibu yang memiliki dua balita sering dihadapkan pada dua pilihan yaitu menyapih si kakak atau menyusui keduanya. Seringkali muncul kekhawatiran mengenai kecukupan ASI untuk bayi yang baru lahir, posisi menyusui, kelelahan, dan sebagainya yang membuat ibu memilih opsi pertama, yaitu menyapih si kakak. Padahal, menyusui dua bayi sekaligus sangat mungkin dilakukan. Biasanya ibu yang tetap menyusui selama hamil akan memilih opsi kedua berdasarkan pengalamannya.


Produksi ASI
Banyak orang beranggapan bahwa menyusui dua bayi sekaligus akan membuat si kecil tidak kenyang lantaran kekurangan ASI. Pendapat ini tentu tidak benar. ASI diproduksi berdasarkan permintaan. Semakin tinggi permintaan atau semakin sering ibu menyusui maka semakin banyak pengeluaran hormon prolaktin yang berfungsi merangsang alveolus pay*d*ra untuk memproduksi ASI dalam jumlah tinggi. Jadi, jangan khawatir ASI tidak cukup karena ASI justru semakin melimpah kalau anda menyusui dua balita sekaligus.

Anda tentu tahu program IMD (Inisiasi Menyusu Dini) dan ASI eksklusif. Selain untuk kesehatan bayi, program ini juga dimaksudkan agar pay*d*ra memproduksi ASI dalam jumlah cukup karena hisapan bayi. Ini menjadi bukti bahwa semakin banyak hisapan semakin banyak produksi.


Keuntungan Tandem Breastfeeding

  • Nutrisi lebih bagi si kakak
    ASI mengandung banyak zat yang diperlukan tubuh, bahkan beberapa diantaranya tidak didapat dari makanan lain seperti antibodi. Dengan tandem breastfeeding berarti kakak mendapatkan kolostrum yang mengandung lebih banyak antibodi sampai dua kali. Ini tentu sangat menguntungkan bagi daya tahan tubuh kakak.

  • Menghindari masalah bendungan ASI atau ASI tidak keluar
    Setelah melahirkan pay*d*ra akan memproduksi ASI dalam jumlah besar, namun si bayi belum terbiasa menyusu sehingga perlu kesabaran dari sang ibu. Seringkali ibu terlalu lelah dengan proses persalinan sehingga malas mengajari bayi menyusu sehingga timbul bendungan ASI. Bendungan ASI biasa timbul pada hari ketiga pasca persalinan. Kehadiran kakak yang sudah “ahli” menyusu akan membantu anda mengatasi masalah ini.

    Menyusui tandem breastfeeding

  • Mendekatkan hubungan kakak-adik
    Terkadang kakak merasa iri pada adik bayinya yang cenderung lebih dekat dengan ibu. Dengan menyusui keduanya maka sang kakak tetap bisa berdekatan dengan ibu dan adik bayinya. Beberapa ibu membuktikan bahwa menyusui keduanya membuat kakak lebih perhatian pada adik.



Kerugian
Tentu menyusui dua anak akan lebih melelahkan daripada hanya satu bayi. Kebanyakan ibu mengeluh lebih mudah haus, lapar dan lelah ketika menyusui ganda. Karena harus menyusui dua balita maka waktu yang dimiliki seolah habis hanya untuk menyusui. Akibatnya ibu kurang punya waktu untuk merawat dirinya sendiri seperti melakukan senam nifas, istirahat, pergi ke salon kecantikan, dan sebagianya. Akan lebih sulit untuk melakukan tandem breastfeeding bagi ibu yang bekerja di luar rumah, atau memiliki usaha karena waktu banyak tersita untuk menyusui.


Posisi menyusui dua balita
Beberapa posisi menyusui dua balita yang aman dilakukan:

  • Letakkan kepala bayi pada siku lengan kanan/kiri dan telapak tangan menopang bokong bayi. Posisi bayi agak miring dengan perut bayi menempel pada perut ibu dan dagu menempel pada pay*d*ra. Untuk kakak, bisa mengatur posisi sesuka hatinya.

  • Pegang kepala bayi dengan telapak tangan dan tubuhnya dijepit tangan dan pinggang anda. Biarkan kaki bayi berada di belakang tubuh anda. Dengan posisi ini maka kakak bisa menyusu sambil duduk di paha anda serta menempelkan tubuhnya pada ibu.
  • Menyusui dengan tidur telentang, bayi diletakkan diatas perut, sedangkan kakak menyusu dari arah samping.


Tips Menyusui Dua Balita

  1. Berikan ASI pada bayi terlebih dahulu. Kebutuhan bayi akan ASI lebih banyak daripada kakak karena bayi hanya minum ASI.

  2. Saat menyusui secara bersamaan, posisikan bayi terlebih dahulu senyaman mungkin, baru disusul sang kakak dengan posisi sesukanya.
  3. Anda bisa meletakkan bantal di bawah lengan atau di punggung untuk sandaran agar merasa lebih nyaman dan tidak mudah lelah.
  4. Susui kedua balita di tempat tidur. Ini akan memudahkan anda untuk beristirahat. Menyusui di tempat lain boleh saja, namun tempat tidur merupakan tempat paling nyaman bagi ibu menyusui.
  5. Anda perlu dukungan dari keluarga, suami, atau teman yang yang juga menyusui dua balita. Dukungan ini akan sangat berpengaruh saat anda mulai lelah atau mengalami kesulitan.
  6. Konsultasikan dengan ahli laktasi jika anda menemukan kesulitan
  7. Istirahat cukup. Usahakan untuk tidur saat ada kesempatan. Jadwalkan tidur siang atau mungkin tidur sambil menyusui. Tidur akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan sehat.
  8. Penuhi kebutuhan gizi anda karena anda makan untuk tiga orang sekaligus. Jangan lakukan diet saat mengambil keputusan tandem breastfeeding.
  9. Penuhi kebutuhan cairan. Minumlah lebih banyak air putih sebelum dan setelah menyusui, atau selama menyusui jika anda merasa haus.
  10. Mungkin anda akan merasa bosan atau stress karena harus menyusui terus. Luangkan sedikit waktu untuk menonton tv, membaca buku kesukaan, atau pergi spa agar kepenatan menghilang. Jika perlu minta bantuan orang tua atau pembantu untuk mengurusi masalah rumah.

Menyusui dua balita memang menguras tenaga dan pikiran, tapi percayalah akan ada banyak keuntungan daripada menyapih sebelum waktunya. Anda akan menemukan berbagai pengalaman unik yang akan terkenang seumur hidup.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *