Tanda-Tanda Latch-On Bayi Anda Sudah Benar

informasitips.com – Latch-on atau melekatkan bayi pada daerah dada, tepatnya a-re-ola, ibu merupakan pijakan awal yang penting demi keberhasilan proses menyusui. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk mengetahui apakah proses latch-on si kecil sudah benar atau belum. Nah, berikut ini beberapa tanda latch-on bayi Anda sudah benar:

  • Mulut bayi Anda terbuka lebar sebelum dia melekatkan bibirnya pada dada Anda.
  • Latch-on yang benar dapat dipastikan dengan menempelnya lidah bayi Anda, bibir bawahnya dan dagunya pada permukaan dada Anda, tepatnya pada bagian a-re-o-la, tidak hanya menempel pada p u ti ngnya saja. Namun, hidungnya tidak, pastikan lubang hidungnya tidak menempel pada dada, sehingga dirinya tetap bisa bernafas selagi dia menyusui.
  • Tarikan mulut bayi terhadap p u ting Anda akan terasa jika pelekatan mulut bayi ke dada Anda sudah terjadi dengan benar.
  • Jika proses latch-on si kecil sudah benar, maka proses menyusui tidak akan terasa sakit bagi Anda. Sebaliknya, jika proses latch-on sudah salah sedari awal, maka proses menyusui tidak akan terasa nyaman untuk Anda, karena terasa sakit.
  • Jika latch-on sudah benar, maka saat Anda melihat ke bawah (ke arah bayi Anda yang tengah menyusui) Anda akan melihat kepalanya sedikit menengadah ke belakang, dan dirinya tidak kesulitan untuk bernafas, sehingga Anda tidak harus menekan dada Anda untuk membantunya agar bisa bernafas. Pada saat menyusui dengan benar, pipinya akan terlihat bulat dan penuh, karena dia berhasil mendapatkan ASI yang diinginkannya.
  • Pada saat menyusui, Kamu akan melihat gerakan melingkar dari rahang si kecil, bukan hanya sekedar dagunya yang bergerak.
  • Jika proses latch-on benar, berarti bayi Anda sudah mendapatkan ASI yang diinginkannya, shingga akan terdengar suara menelan saat Anda memperhatikannya.
  • Saat bayi Anda telah selesai menyusu, maka saat dia melepaskan dada Anda, bentuk p u ting Anda seharusnya tidak rata atau berbentuk aneh. Bentuknya masih terlihat jelas seperti sebelumnya.
  • Jika proses latch-on bayi benar, maka ketika telah selesai si kecil akan terlihat puas. Tanda-tanda si kecil puas menyusui adalah bayi terlihat rileks, tangannya terbuka dan mungkin dia malah tertidur.

Proses latch-on sangatlah penting, oleh karena itu harus dilakukan dengan benar, karena kalau tidak benar maka akan muncul berbagai keluhan, baik itu dari bayi Anda ataupun dari Anda sendiri. Perhatikan tanda-tanda latch-on di atas untuk memastikan agar si kecil menyusui dengan benar. Anda tidak sakit, bayi Anda pun kenyang setelahnya.

Loading...

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>