Informasi dan Tips – informasitips.com

Tanda-tanda Anak Berbakat

informasitips.com – Orang tua mana yang tidak senang memiliki anak berbakat. Setiap orang tua tentu mengharapkan anaknya memiliki bakat di suatu bidang tertentu. Sesungguhnya setiap anak pun dilahirkan dengan keunikannya masing-masing yang membuat dirinya berbeda dengan yang lain. Di dalam keunikannya itu setiap anak menyimpan bakat yang menunggu untuk digali. Terkadang karena takut, kurang percaya diri atau karena lingkungan yang tidak mendukung, bakat yang ada dalam diri anak Anda akan terpendam dan tidak bisa dioptimalkan. Sebagai orang tua, Anda tentunya perlu untuk mendukung dan mengembangkan segala kemampuan anak. Oleh karena itu, mengenali bakat anak secara dini akan menggali lebih dalam lagi potensi yang dimiliki oleh seorang anak.

Berikut perilaku yang dapat kita temukan secara dini pada anak yang memiliki bakat:

    Kenali Tanda-tanda Anak Berbakat
  1. Penguasaan bahasanya melesat secara kuantitatif, rentang perhatiannya lebih lama, serta dapat mempertahankan pembicaraan lebih lama dengan kalimat yang lebih kompleks dan mampu berkonsentrasi penuh saat diajak bicara, juga berminat pada buku dan gambar.

  2. Ketrampilan motoriknya lebih cepat dari teman sebaya. Jika anak dapat berjalan, berbicara dan makan sendiri tanpa bantuan orang lain serta lebih awal dibanding anak-anak seusianya. Jika anak Anda seperti itu, maka anak Anda telah menunjukkan indikasi seorang anak dengan potensi bakat.

  3. Memiliki inisiatif mencoba mainan atau suatu objek dan warna dalam imajinasinya.

  4. Waktunya untuk tidur relatif lebih pendek, memiliki rasa kewaspadaan dan sikap eksploratifnya terhadap lingkungan tinggi.

  5. Anak lebih cepat menguasai kemampuan berbicara, tersenyum pada orang lain, mengucapkan huruf yang berbeda, penggunaan bahasa dengan cara yang bermakna, banyak bertanya, memberikan respon terhadap nama, dapat menirukan kata-kata dengan lancar, mencari suara dengan mata, mengenali jenis kelaminnya lebih cepat dibanding anak sebayanya, serta menggunakan kata ganti saya dan kamu yang lebih cepat dibanding anak sebayanya.

Setelah membaca kelima poin di atas apakah anak Anda menunjukkan perilaku tanda-tanda anak berbakat??? Jika iya, arahkan dan dukung selalu anak Anda agar bisa mengembangkan dirinya sesuai dengan bakat dan bidangnya masing-masing.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih

OUR FRIEND