Informasi dan Tips – informasitips.com

Tampil Gaya dan Cantik dengan Kacamata

Posted on by in , with 0 Comments

informasitips.com – Kacamata, entah itu difungsikan sebagai alat bantu penglihatan ataupun hanya sebagai sarana untuk bergaya, modelnya pasti selalu diperhatikan oleh si pemakainya. Hal ini karena kacamata telah menjadi salah satu barang yang tak bisa dilepaskan dari kata fashion. Bahkan orang yang memiliki masalah dengan matanya pun ingin tetap terlihat “ok” meski harus menggunakan kacamata.

Berbicara tentang kacamata tentunya tak akan lepas dari masalah frame dan lensa.

tampil cantik dan gaya dengan kacamata

Bentuk frame dan lensa inilah yang membuat sebuah kacamata itu bisa dikatakan gaya atau tidak, karena orang yang tidak begitu paham dengan merk terkenal, hanya melihat kacamata dari bentuk fisiknya yang bagus dan unik. Meski begitu, bila kamu ingin bergaya dengan kacamata, kamu juga perlu memerhatikan cocok tidaknya bentuk kacamata tersebut dengan wajah kamu.

Ragam Model Kacamata

Jika kamu masih belum terlalu mengenal berbagai model kacamata, berikut adalah beberapa contoh diantaranya:

1. Kacamata Sport wrap

kacamata model sport wrap

Gambar: produk.madeinchina.com

Bentuk kacamata ini yang sporty sangat pas dipakai oleh kamu yang bergaya dinamis dan banyak aktivitas. Meskipun model kacamata ini kebanyakan dipakai oleh kaum pria, namun tak jarang kita juga menjumpai wanita yang mengenakan model kacamata ini. Pantas-pantas saja memang, gaya maskulin akan sedikit terlihat pada wanita yang menggunakan model kacamata seperti ini.

2. Kacamata Cool retro

kacamata model cool retro

Gambar : allyouneedislist.com

Si pemakai model kacamata ini biasanya terkesan berpenampilan vintage dan trendi. Dan jika diperhatikan, gaya sepeti ini melambangkan jiwa yang santai. Keuntungan lain yang bisa didapat dari penggunaan model cool retro ini adalah tak lekang oleh zaman karena model ini akan selalu ada dan dipakai orang di belahan dunia manapun.


3. Kacamata Layered color

kacamata model layered color

Gambar : seekglasses.com

Sesuai dengan namanya, model kacamata ini memiliki perbedaan warna pada frame nya. Dan sebenarnya, warna-warna inilah yang membuat penampilan si pemakainya menjadi bertambah gaya dan trendi. Kesan tidak kaku akan menonjol dengan memakai model kacamata ini.


4. Kaca mata Big style

kacamata model big style

Model ini hampir tidak pernah absen dari layar televisi kita karena sering kali dikenakan oleh para selebritis tanah air. Lihat saja Syahrini, Nikita Willy, atau artis dangdut Melinda, seringkali memamerkan gaya berkacamata besar atau yang lebih popular dengan nama oversized glasses ini.

5. Kaca mata Office look

kacamata model office look

Gambar : Getty Image

Model yang satu ini sepertinya juga model yang sering kita lihat di layar kaca. Gaya menggunakan kacamata bergaya kantoran ini banyak dipopulerkan oleh para aktris dan aktor Korea. Model kacamata ini memberikan kesan professional pada pemakainya namun tak meninggalkan kesan trendy dan cool nya.


Tips Memilih Kacamata

Ada banyak model dan jenis kacamata. Pemakaiannya pun bisa digunakan untuk fungsi sebatas alat bantu lihat atau bisa juga sebagai aksesoris penunjang penampilan agar terlihat lebih gaya dan trendi. Terlepas dari model ataupun fungsi kacamata yang ada, tentunya kacamata yang digunakan haruslah terlihat cocok dan sesuai dengan bentuk wajah kamu. Jadi sebelum memutuskan membeli kacamata, ada baiknya kamu baca dulu tips-tips berikut ini:

  1. Tentukan anggaran
    Karena tidak selalu kacamata mahal itu bagus, maka kamu harus menentukan dulu budget kamu sebelum pergi membeli kacamata. Jangan sampai karena promosi yang menggiurkan, kamu menghabiskan banyak uang hanya untuk membeli satu buah kacamata yang seharusnya bisa kamu beli dengan model yang sama dengan harga yang jauh lebih murah.
  2. Pilih lensa yang tepat
    Lensa adalah hal yang paling penting dalam kacamata karena kesalahan memilih lensa mengakibatkan ketidaknyamanan pada mata. Untuk kamu yang banyak menghabiskan waktu di depan layar monitor, lensa kacamata yang berwarna akan membantu mengurangi ketegangan dan kelelahan pada mata kamu. Tetapi jika kamu banyak berkendara di malam hari, ada juga kacamata yang telah didisain menggunakan pelapis yang memudahkan untuk melihat di malam hari.
  3. Pemasangan yang benar
    Biasanya setelah memilih kacamata yang sesuai, optician akan memastikan bahwa kacamata benar-benar telah nyaman dipakai pada wajah kamu. Pada saat yang demikian, kamu harus memastikan bahwa kacamata yang kamu pilih nyaman di batang hidung juga pelipis kamu. Dengan kata lain, jangan sampai kamu memilih kacamata yang kebesaran ataupun kesempitan karena pastinya tidak nyaman digunakan.
  4. Sesuaikan dengan bentuk wajah
    Bagi kamu yang sangat memperhatikan penampilan, tentunya kamu harus pandai menyesuaikan bentuk kacamata dengan bentuk wajah. Jika belum paham bentuk kacamata yang tepat untuk wajah kamu, maka cobalah berbagai model kacamata dengan frame yang berbeda hingga kamu menemukan bentuk yang cocok dan pas dengan wajah kamu. Atau jika masih kurang yakin, pada saat kamu mencoba kacamata satu per satu, kamu dapat mengajak seorang teman yang bisa menilai cocok tidaknya bentuk kacamata tersebut dengan bentuk wajahmu.

    Secara umum, wajah persegi lebih cocok menggunakan bentuk frame oval, sedangkan untuk wajah bulat paling cocok memakai kacamata dengan bentuk frame kotak. Bagi yang berwajah oval tidak perlu khawatir, karena bentuk wajah oval biasanya sesuai dengan berbagai bentuk frame.

  5. Sesuaikan dengan warna kulit
    Masalah warna ternyata juga mempengaruhi penampilan kamu saat berkacamata. Untuk kamu yang berkulit gelap, sebaiknya memilih warna abu-abu, coklat, metalik, atau putih tulang karena warna-warna ini akan membuat kulit kamu lebih cerah. Sementara untuk kulit sawo matang atau coklat, frame berwarna merah, abu-abu, atau coklat, hitam, dan hijau tua sangat sesuai untuk kamu. Sebaliknya, semua warna frame akan terlihat cocok dengan kulit putih bersih. Jadi, kenali warna kulit kamu sebelum memilih kacamata.
  6. Sesuaikan dengan postur tubuh
    Frame dengan gaya kokoh, tebal, dan kuat atau sporty tentunya akan sangat cocok dikenakan oleh kamu yang bertubuh atletis dan tinggi besar. Sedangkan kamu yang tinggi kurus atau pun mungil, gunakan frame yang ringan dan tipis.
  7. Pilih lensa yang tepat
    Jika kamu ingin kacamata yang lebih awet, maka pilihlah lensa dari bahan yang ringan dan tidak mudah pecah. Pemilihan lensa berbahan kaca dilakukan dengan alasan kamu tidak ingin kacamata kamu mudah tergores. Sementara itu, jika fungsi kacamata kamu lebih banyak digunakan di luar ruangan, maka pilih lensa dengan warna gelap. Saat ini telah banyak diproduksi lensa yang dilapisi dengan UV protection. Sedangkan untuk yang banyak beraktifitas di ruangan, sebaiknya pilih lensa yang dilapisi dengan anti radiasi. Ini cukup efektif bagi kamu yang banyak berhadapan dengan komputer untuk meredam radiasi komputer yang masuk ke mata.

Selain beberapa tips di atas, dalam berkacamata kamu juga harus pandai menyesuaikan kecamata dengan busana yang kamu kenakan. Misalnya saat kamu sedang berpenampilan casual, agak santai kamu bisa menggunakan kacamata yang juga memberi kesan santai misalnya model kacamata cool retro atau layered color. Bila kamu sedang ingin berpenampilan sporty dan agak tomboi kamu bisa memilih kacamata sport wrap. Dan bila kamu sedang mengenakan busana yang agak formal, sebaiknya hindari memakai kacamata yang warna, bentuk, dan modelnya terlalu mencolok. Pertimbangan penting lainnya dalam bergaya dengan kacamata adalah kesesuaian warna busana dengan warna kacamata yang digunakan. Usahakan memakai kacamata dengan warna yang senada dengan warna busana kamu atau meski tidak senada namun tetap terlihat pantas, tidak “nabrak” atau terkesan “maksa”.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

TEMUKAN KAMI DI:

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih