Informasi dan Tips – informasitips.com

Tahap Perkembangan Sosial dan Emosional Bayi: 0-12 bulan

Tahapan Perkembangan Sosial Emosional Bayi Usia 0 - 12 Bulaninformasitips.com – Pada tulisan sebelumnya tentang perkembangan sosial emosional bayi, saya menyinggung soal stimulasi yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan perkembangan sosial dan emosional bayi. Jika Anda belum membacanya, Anda dapat membaca artikelnya di sini.

Bila Anda telah mengetahui bagaimana cara menstimulasi perkembangan sosial emosional bayi, tak lengkap rasanya bila Anda belum mengetahui seperti apa sih tahapan perkembangan sosial emosional bayi Anda. Untuk itu, dalam artikel ini saya akan membahas secara garis besar mengenai perkembangan sosial emosional bayi.

Berikut tahapan perkembangan sosial dan emosional bayi usia 0-12 bulan:

Usia 0-1 bulan

  1. Bayi anda tidur dengan durasi 17 sampai 19 jam per hari. Tetapi mereka melakukannya tidak sekaligus melainkan secara berseri dengan periode tidur yang pendek.
  2. Bayi menyukai digendong dan diayun-ayun.
  3. Bayi mulai menunjukkan karakter awal kepribadiannya.
  4. Bayi mulai mengenali siapa yang sering mengasuhnya.

Usia 1-4 bulan

  1. Bayi anda mulai merespon senyum orang yang tersenyum kepadanya.
  2. Bayi sudah mulai dapat diajak bermain, misalkan permainan cilukba. Ajaklah mereka bermain, meskipun responnya minimal, tetapi permainan itu sangat penting untuk mereka.
  3. Bayi menyukai digelitik.
  4. Suara yang mereka kenali (terutama dari pengasuh utamanya) dapat menenangkannya ketika mereka menangis.

Usia 4-8 bulan

  1. Bayi memiliki ikatan yang sangat kuat dengan mereka yang sering mengasuhnya, bayi lebih menyukai pengasuh utamanya, baik itu bundanya ataupun penagasuh utama lainnya yang mengasuh mereka.
  2. Bayi mengenali pengasuh utamanya, keluarganya, dan bayangan dirinya di cermin.
  3. Bayi sudah mengerti ketika mereka terpisah dari pengasuhnya, mereka akan merasa cemas dan sedih sampai akhirnya menangis.
  4. Bayi mulai menunjukkan kecemasan ketika mereka berada di tengah-tengah orang dewasa yang tidak mereka kenali.
  5. Bayi akan marah jika mainan yang dipegangnya direbut darinya.

Usia 8-12 bulan

  1. Bayi sebisa mungkin akan selalu menempatkan pengasuh utamanya dalam pandangan mereka, jika pengasuhnya tidak terlihat maka mereka akan cemas dan sedih.
  2. Bayi mulai memiliki mainan favorit dan terikat dengan itu.
  3. Bayi sudah mulai memiliki ketegasan atas apa yang mereka inginkan, mereka sudah dapat mendorong pengasuhnya dan berteriak kepada pengasuhnya jika mereka marah.
  4. Bayi mulai berbagi barang kepunyaan dengan bayi yang lain (sesama bayi juga berinteraksi loh).
  5. Bayi mengerti arti kata “tidak”.

Apa yang diuraikan di atas adalah gambaran milestone tahapan perkembangan sosial-emosional bayi secara umum. Beberapa bayi mungkin akan lebih awal mengalaminya, beberapa bayi yang lain mungkin terlambat, tidak semua bayi akan menunjukkan tingkah laku seperti apa yang terdaftar di atas. Jika Anda menemukan beberapa keterlambatan perkembangan pada bayi Anda, upayakan untuk memberikan rangsangan yang lebih banyak dan lebih sering lagi kepada bayi Anda. Anda juga dapat menghubungi dokter anak anda jika anda merasa khawatir akan keterlambatan pada perkembangan bayi Anda. Penanganan dini tentunya akan jauh lebih baik, bukan.

Semoga bermanfaat. (ST)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

ARTIKEL TERBARU

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih

OUR FRIEND