Informasi dan Tips – informasitips.com

Suplemen untuk Membantu Pemulihan Sesudah Berolahraga

informasitips.com – Seringkali sesudah kita melakukan olahraga, badan kita terasa sangat capek. Biasanya butuh waktu yang tidak sebentar agar dapat kembali pulih seperti sebelumnya. Namun, tahukah Kamu kalau proses pemulihan itu bisa dipercepat dengan cara mengonsumsi suplemen yang memiliki fungsi fisiologis dalam proses memulihkan tubuh sehabis berolahraga atau melakukan aktivitas yang menguras fisik?

Nah, artikel ini akan coba mengupas beberapa suplemen yang dibutuhkan oleh tubuh dalam proses pemulihan sesudah berolahraga atau melakukan aktivitas yang menguras fisik. Ini dia daftar suplemennya:

  • Glutamin

    Glutamin adalah asam amino nonesensial, karena tubuh dapat mensintesisnya sendiri. Glutamin merupakan asam amino yang paling banyak terdapat di dalam tubuh, sekitar 60% asam amino yang ada di tubuh adalah glutamin. Glutamin disintesis di jaringan otot, hati dan juga jaringan adiposa. Fungsi glutamin bagi tubuh manusia sangat esensial, yaitu dalam mencegah proses penguraian otot, meningkatkan produksi hormone pertumbuhan, sintesis protein, meningkatkan fungsi saluran pencernaan, mengurangi efek negative dari overtraining (olahraga atau latihan secara berlebihan) dan memperbaiki fungsi system kekebalan tubuh. Penelitian terkini menunjukkan bahwa terjadi pengurangan kadar glutamine sesaat setelah seseorang menjalani satu sesi latihan lari. Oleh karena itu, mengingat fungsi glutamine yang penting bagi tubuh, kehilangan glutamine setelah berolahraga harus segera digantikan. Meskipun tubuh dapat mensintesis glutamine, tetapi kecepatannya tidak bisa mengimbangi peningkatan kebutuhannya. Oleh karenanya, tubuh perlu mendapat tambahan glutamine dari suplemen yang dikonsumsi. Konsumsi suplemen yang mengandung glutamine akan meningkatkan kemampuan tubuh dalam memulihkan kondisinya sehabis berolahraga yang pada akhirnya tubuh akan kembali mendapat kekuatan untuk aktivitas berikutnya

  • Suplemen proses Pemulihan

    sumber: www.bengreenfieldfitness.com

  • Asam Beta-Hidroksi-Beta-Metilbutirat

    Asam Beta-Hidroksi-Beta-Metilbutirat atau Beta-Hydroxy-Beta-Methylbutyric Acid (HMB) merupakan metabolit dari asam amino esnsial Leusin. HMB memiliki peran dalam mengatur proses penguraian protein di dalam tubuh, yaitu memperlambat terjadinya proses proteolitik yang merupakan proses alami penguraian protein otot yang terjadi setelah tubuh menjalani aktivitas berat, seperti berolahraga. Jadi, HMB merupakan suplemen yang dapat melindungi (protein) otot agar tidak terurai setelah tubuh berolahraga, serta HMB berperan dalam membantu tubuh agar segera memulai proses pemulihan dengan cara meminimalisir jumlah protein yang didegradasi. Dalam hal ini, HMB memungkinkan tubuh untuk berada dalam fase anabolic (membangun) lebih lama, sehingga tubuh dapat membangun massa otot lebih banyak. Tentunya hal tersebut sangat diperlukan oleh mereka yang ingin mendapatkan tubuh berotot.

  • Antioksidan

    Tahukah Kamu? Setelah seseorang melakukan aktivitas fisik yang berat, seperti berolahraga, maka di dalam tubuh orang tersebut akan tercipta keadaan stress oksidatif, yaitu suatu keadaan dimana dari proses metabolisme oksigen akan tercipta radikal bebas atau peroksida yang memiliki efek merusak sel dan jaringan. Radikal bebas dan peroksida tersebut biasa disebut Spesies Oksigen Reaktif atau Reactive Oxygen Species (ROS). Jumlah ROS di dalam tubuh yang berlebihan akibat dari aktivitas olahraga akan membawa dampak buruk bagi kesehatan dan juga performa seseorang, karena sifatnya yang merusak sel-sel dan jaringan tubuh. Pada keadaan tersebut, maka tubuh membutuhkan suatu antioksidan. Antioksidan membantu tubuh dalam mengatasi adanya ROS dalam jumlah yang berlebihan. Antioksidan dapat memblok proses oksidasi oleh ROS dengan cara menetralisir molekul ROS. Salah satu antioksidan yang sering digunakan untuk keperluan tersebut adalah vitamin E. Suplementasi vitamin E untuk Atlit sangat dianjurkan dengan tujuan untuk meningkatkan performa sang atlit, meminimalisir kerusakan sel otot akibat latihan dan memaksimalkan proses pemulihan. Selain vitamin E, vitamin C dan A juga merupakan antioksidan yang dapat membantu tubuh dalam proses pemulihan.

Semoga bermanfaat…



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: