Informasi dan Tips – informasitips.com

Sumber Makanan Untuk Rambut Sehat

informasitips.com – Kesehatan rambut merupakan hal yang sangat penting dan berharga tidak hanya bagi kaum wanita, namun juga bagi kaum pria. Rambut mampu menunjang penampilan seseorang sehingga terlihat lebih menarik dan menawan. Beberapa masalah kerusakan rambut seperti rambut rontok, rambut kusam, rambut patah, rambut tipis, sebagian besar disebabkan karena kondisi rambut yang tidak sehat. Banyak cara perawatan rambut yang ditawarkan kepada kita untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah. Tapi, cara-cara perawatan dari luar saja tentu tidaklah cukup. Diperlukan juga cara perawatan rambut dari dalam dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat yang ternyata ikut berperan dalam menjaga kesehatan rambut.

Berikut kami berikan informasi mengenai sumber-sumber bahan makanan yang berguna untuk menjaga kesehatan rambut:

  1. Air Putih
    Air putih memang sehat. Tak dapat diragukan lagi bahwa air merupakan komponen yang sangat esensial dalam menjaga kesehatan tubuh. Asupan cairan yang cukup ke dalam tubuh manusia merupakan kunci untuk menjaga rambut Anda agar senantiasa lembut dan berkilau.

    Sumber Makanan Untuk Kesehatan Rambut

    Ternyata sekitar ¼ bagian dari berat rambut kita terdiri dari air. Oleh karena itu, tentulah amat penting memberikan pasokan air yang cukup ke dalam rambut, sehingga rambut menjadi kuat dan sehat. Minumlah air putih sekitar 8 – 10 gelas per hari, agar kesehatan tubuh dan rambut tetap terjaga dengan baik.

  2. Protein
    Asupan protein yang kita peroleh dari menu makanan sehari-hari merupakan komponen penting bagi rambut. Hampir sebagian besar meteri penyusun rambut terdiri dari protein. Protein mampu membuat rambut Anda menjadi lebih kuat, dan mengurangi kemungkinan terjadinya rambut patah, rambut rontok, dan pecah-pecah.

    Konsumsilah makanan-makanan yang banyak mengandung protein seperti ikan, daging, susu, keju, kacang, sereal, telur, biji-bijian. Sumber protein dari kacang kedele diyakini mampu menstimulasi /merangsang pertumbuhan rambut.

  3. Vitamin
    Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi vitamin setiap harinya. Vitamin memang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan rambut Anda tentunya.

    Vitamin A berguna bagi kulit kepala. Makanan yang mengandung vitamin A dapat diperoleh dari sayuran seperti wortel.

    Vitamin B dan vitamin C membantu pertumbuhan rambut, dan menjaga warna rambut Anda. Konsumsi vitamin B dan vitamin C yang cukup mampu membuat tiap helai rambut Anda menjadi kuat dan tidak mudah patah dan pecah-pecah. Vitamin B dan C dapat diperoleh dari buah-buahan, sayur-sayuran, sereal, telur, susu, dan roti.

    Kekurangan asupan vitamin B akan membuat rambut menjadi berminyak. Untuk menghilangkan masalah rambut berminyak, konsumsilah makanan sumber vitamin B, seperti padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, produk olahan susu, telur, gandum, dan sayur-sayuran hijau.

    Vitamin E juga bisa membantu masalah rambut rontok. Vitamin E akan membantu pertumbuhan rambut agar lebih subur. Sumber makanan yang mengandung vitamin E misalnya sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, alupukat.

  4. Nutrisi Untuk Rambut Sehat dan Indah

  5. Mineral
    Zat besi merupakan salah satu mineral yang amat penting dalam menjaga kesehatan rambut. Zat besi membantu membawa oksigen ke dalam rambut. Jika Anda sangat kekurangan zat besi, maka rambut Anda dan folikel-folikelnya(kantung rambut yang berisi cairan) akan kekurangan oksigen sehingga rambut cenderung mudah patah dan rusak.

    Selain itu, defisiensi zat besi juga menyebabkan masalah rambut tipis, dan rambut rontok. Penuhi kebutuhan rambut Anda akan zat besi melalui makanan-makanan seperti daging merah, telur, sereal, sayur-sayuran berwarna hijau, atau melalui suplemen zat besi.

    Tak hanya zat besi, mineral lainnya yang juga penting bagi rambut adalah Zinc (Zn) atau Seng, tembaga, mineral silica, dan yodium. Zinc membangun protein-protein rambut, yang mampu mencegah rambut rontok. Makanan yang mengandung zinc antara lain daging, dan makanan-makanan laut (sea foods).

    Sementera tembaga berkontribusi pada pigmen rambut Anda. Warna alami rambut Anda dapat dioptimalkan dengan konsumsi mineral tembaga yang cukup. Tembaga akan membuat rambut Anda tidak terlihat kusam. Makanan yang mengandung mineral tembaga antara lain kerang, hati, sayur-sayuran segar, kacang-kacangan, biji-bijian, dan daging.

    Mineral silica penting untuk menjaga agar rambut tetap kuat dan tumbuh subur. Mineral ini juga dapat mengurangi masalah rambut patah. Makanan yang mengandung mineral silica misalnya nasi, oat, selada, asparagus, bawang, stroberi, kubis, ketimun, biji bunga matahari, seledri, kembang kol, dan sayur-sayuran hijau.

    Yodium penting untuk menstimulasi kelenjar tiroid, dimana rambut yang rontok merupakan tanda-tanda adanya gangguan fungsi (disfungsi) kelenjar tiroid. Yodium juga mampu meningkatkan sirkulasi pada kulit kepala untuk mencegah rambut rontok. Makanan yang mengandung yodium misalnya makanan-makanan laut.

  6. Asam Lemak
    Kekurangan asupan asam lemak bisa membuat rambut Anda kering dan mudah patah. Asam lemak diperlukan untuk membuat rambut lebih kuat dan lebih mengkilap.

    Makanan yang kaya asam lemak antara lain minyak ikan (ikan tuna, sarden, salmon, makarel), biji-bijian, kacang-kacangan, minyak, dan alpukat (avocado). Penuhi pasokan asam lemak untuk rambut Anda dengan mengonsumsi sekitar 4 porsi makanan yang mengandung asam lemak setiap minggunya.

  7. Asam amino tyrosine
    Asam amino tyrosine diduga mampu membantu masalah rambut yang cepat beruban. Asam amino ini berperan sebagai prekursor penghasil pigmen warna rambut dan kulit.

Nah, ternyata tidak sulit mendapatkan rambut yang sehat dan indah, bukan? Perawatan rambut dari luar memang penting, namun perlu diingat, jangan berlebihan karena juga beresiko membuat rambut Anda menjadi tidak sehat dan rusak. Kombinasikan perawatan rambut Anda dari luar dan dalam agar diperoleh hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat. (ST)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

TEMUKAN KAMI DI:

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih