Informasi dan Tips – informasitips.com

Suhu Normal Badan Bayi

informasitips.com – Bagi orang tua, suhu tubuh bayi sangat penting untuk diketahui, karena suhu badan bayi adalah indikator utama untuk mengetahui apakah ada sesuatu yang salah pada kesehatan bayi. Pada umumnya, bayi masih sangat rentan terserang penyakit, dan keluhan yang sering muncul saat sakit adalah demam.

Suhu badan bayi normal biasanya berkisar di angka 37 derajat Celsius. Jika suatu saat dijumpai bahwa suhu tubuh bayi melebihi angka 38 derajat selama 24 jam atau lebih, maka orang tua patut curiga bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan kesehatan si kecil. Pada saat itu, bayi harus segera ditangani, karena demam pada bayi bisa mengakibatkan hal yang fatal yang tidak diinginkan.

Mengukur Suhu Badan Bayi

Bagaimana Cara Mengukur Suhu Badan Bayi?

Cara yang paling sederhana untuk mnegukur suhu tubuh bayi adalah dengan memegang keningnya. Mengapa untuk memeriksa demam bayi diawali dengan memegang kening? Karena biasanya demam itu muncul dimulai dari bagian atas tubuh, setelah itu baru menjalar ke bawah.

Makanya, cara yang paling akurat dalam memeriksa suhu bayi adalah dengan memeriksa suhu pada daerah temporal dengan menggunakan termometer khusus (digital temple termometer). Jika tangan atau kaki sudah terasa panas, maka dapat dipastikan demam pada bayi sudah berlangsung agak lama dan belum tertangani.

Cara lainnya yang lebih akurat dalam memeriksa suhu tubuh bayi adalah dengan menggunakan termometer. Ada beberapa jenis termometer yang bisa digunakan untuk memeriksa suhu badan bayi yang tidak normal, antara lain:

  • Termometer Temple Digital
    Mungkin sebagian besar dari kita jarang melihat termometer Temple Digital ini. Cara menggunakannya sangat mudah, cepat dan dapat memberikan hasil yang akurat.

    Termometer ini digunakan pada area temporal. Area terbaik untuk mengukur suhu badan bayi dengan termometer ini adalah pada area arteri temporal, yaitu area antara ujung luar mata dengan garis-garis halus rambut dekat jambang (lihat gambar di bawah ini)

    Suhu Badan Bayi Normal
  • Termometer Telinga Digital
    Jenis termometer ini sudah banyak kita jumpai di berbagai tempat. Tetapi, karena harganya yang cukup mahal.

    Hasil pengukuran dengan jenis termometer Telinga Digital ini terbilang cepat dan akurat, namun dalam penggunaannya harus tepat agar hasilnya akurat. Cara menggunakan termometer ini adalah dengan cara memasukkan ujungnya ke dalam telinga pada posisi yang tepat.

  • Termometer Oral Digital
    Termometer jenis ini mungkin yang paling banyak digunakan di dalam keluarga. Kita sering menyebutnya sebagai termometer digital saja.

    Pemakaiannya sebenarnya digunakan untuk mengukur suhu di dalam mulut, tapi banyak di antara kita yang menggunakannya di area ketiak.

    Hasil yang diberikan antara pengukuran di mulut dan ketiak tentulah memiliki perbedaan. Pengukuran suhu di mulut akan memberikan hasil yang lebih akurat, mengingat posisi mulut berada di bagian lebih atas dibanding telinga.

    Namun, kelemahan termometer ini adalah hasil yang keluar membutuhkan waktu yang paling lama dibandingkan dengan 2 termometer di atas.

  • Termometer Raksa
    Meski terbilang outdated, namun thermometer raksa masih kerap digunakan oleh banyak orang. Pembacaan suhu dengan thermometer raksa adalah yang paling sulit dibandingkan dengan 3 termometer yang telah dijelaskan sebelumnya.


loading...
Bagikan artikel:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: