Informasi dan Tips – informasitips.com

Stress Memicu Kematian Lima Kali Lipat Lebih Cepat

Resiko dan bahaya stress memicu kematian lima kali lebih cepat informasitips.com – Sudah lama diketahui bahwa ketika kita merasa stress maka akan timbul banyak efek negatif. Hal tersebut memang benar adanya, tetapi hendaknya kita lebih adil dalam menilai stress ini. Sebenarnya stress pun juga memiliki dampak positif, stress dalam jangka waktu yang pendek baik untuk kesehatan, tetapi stress dalam jangka waktu yang panjang malah akan merugikan diri kita. Hal tersebut dibuktikan oleh para peneliti di VU University Medical Centre di Belanda dengan penelitiannya yang mengukur kadar tingkat hormon stress, yaitu kortisol, di dalam urin lansia berumur 65 tahun atau lebih.

Dalam penelitiannya, para peneliti itu menyimpulkan bahwa seseorang yang berumur 65 tahun atau lebih memiliki resiko lima kali lebih cepat untuk meninggal jika mengalami stress dalam jangka waku yang panjang.
Proses tersebut dipicu oleh berbagai penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung, stroke dan gagal jantung. Hal ini dilatarbelkangi oleh tingginya kadar kortisol di dalam urin. Kadar kortisol yang tinggi dihasilkan oleh tubuh ketika seseorang mengalami stress yang berkepanjangan. Oleh karena itu, sangat penting bagi seseorang untuk menghindari kegiatan-kegiatan yang memicu munculnya stress yang berkepanjangan, dan perbanyaklah kegiatan-kegiatan yang menyenangkan yang membuat pikiran kamu lebih rileks.

Kortisol memang sudah lama diketahui mampu meningkatkan resiko mortalitas seseorang akibat gangguan kardiovaskular. Sebenarnya kortisol itu sendiri adalah komponen yang memiliki peranan penting bagi tubuh, hanya saja konsentrasinya di dalam tubuh tidak boleh berlebih, karena dalam konsentrasi yang tinggi justru akan merugikan dan mematikan. Selain kortisol, masih ada komponen kimia lain yang memiliki peranan ketika seseorang stress yang sampai saat ini masih butuh untuk diteliti lebih lanjut.

Untuk menghindari efek merugikan dari stress kita perlu mengubah gaya hidup kita yang tidak sehat, seperti merokok, minum alkohol ataupun makan makanan dengan kadar garam dan lemak yang tinggi. Hal itu sudah harus dimulai dari sekarang agar kita tidak memasang bom waktu yang akan meledak nanti di masa tua kita. (ST)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2011


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: