Informasi dan Tips – informasitips.com

Stimulasi Perkembangan Emosi Bayi

stimulasi perkembangan emosi pada bayiinformasitips.com – Pada dasarnya, rangsangan yang anda berikan kepada bayi tercinta dapat lebih meningkatkan rasa percaya diri bayi Anda yang akan sangat berpengaruh di kehidupannya mendatang. Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya bayi anda terlahir sebagai pribadi yang percaya diri, mereka merasa mampu untuk melakukan apapun. Jika di kemudian hari rasa percaya dirinya rendah, maka pengaruh lingkungannya lah yang membuatnya demikian. Oleh karena itu, dukungan anda untuk membentuk emosinya sangat berperan penting.

Ok, ini dia rangsangan yang dapat anda berikan kepada bayi tercinta:

  1. Berbicara dengan orang lain saat bayi sedang bersama Anda. Bayi perlu belajar bahwa bahasa adalah bagian inti dari setiap interaksi sosial. Melihat Anda berbicara dengan orang lain menjadi contoh yang baik untuk ia tiru.

  2. Terus tunjukkan kepada bayi bahwa Anda mencintainya. Usahakan untuk menunjukkan bahwa Anda mencintai dan bagngga atas percaya dirinya yang meningkat. Dukungan ini sangat memengaruhinya dan ia menanggapi dengan menunjukkan cintanya kepada Anda.

  3. Biarkan ia bermain bersama anak-anak seusianya. Walaupun ia sesungguhnya tidak benar-benar bermain bersama mereka dan bahkan hanya duduk dan melihat, tetapi melihat anak-anak lain menjadi daya tarik tersendiri baginya. Ia akan memandang dan mempelajari gerakan mereka.


  4. Cobalah untuk menenangkannya saat ia malu bertemu orang lain. Saat ia bersembunyi karena orang asing mencoba berbicara kepadanya, Anda bisa mengandeng tangannya, memeluknya, dan mengatakan bahwa ia tidak perlu takut. Dukungan Anda membantunya menghadapi rasa percaya dirinya yang menurun.

  5. Berikan ia banyak pujian. Pujian dan dukungan verbal Anda sangat berharga bagi bayi. Hal tersebut memberikan dukungan untuk terus mencoba, juga meningkatkan percaya dirinya.

  6. Gunakan jasa pengasuh anak agar Anda bisa keluar rumah tanpa harus mengajak si kecil. Selain manfaat yang Anda rasakan dari keluar rumah sendiri, cara ini bermanfaat bagi bayi untuk membiasakannya bersama orang lain. Ia dapat meningkatkan kemampuannya dalam beradaptasi dengan orang baru dan ia menyukai cara ini.

(ST)



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *