Informasi dan Tips – informasitips.com

Stimulasi Perkembangan Bahasa Bayi

stimulasi dan rangsangan kemampuan bahasa bayiinformasitips.com – Sebelumnya saya telah memposting artikel mengenai tahap perkembangan bahasa pada bayi. Perkembangan tersebut dapat dirangsang dengan tujuan agar bayi lebih terampil dalam berbahasa. Perkembangan bahasa bayi dari bulan ke bulan akan semakin optimal bila diberikan stimulasi yang baik dari lingkungan sekitarnya. Berikut beberapa stimulasi (rangsangan) perkembangan bahasa bayi yang bisa Anda lakukan:

  1. Perbanyaklah berbicara pada si kecil. Anda bisa membicarakan apa saja, mulai dari makanannya, susunya, ataupun kegiatan anda selama seharian. Biarkan ia mendengar dan bereaksi sesuai dengan kemampuannya, karena walau hanya bayi anda diam bukan berarti dia tidak memperhatikan anda. Baginya, pembicaraan itu merupakan hal yang menarik bagi dia.

  2. Ketika anda berbicara kepadanya atupun memberikannya pertanyaan, maka berhentilah sejenak. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memberikannya pelajaran bahwa ada konsep bergiliran dalam suatu perbincangan. Sehingga jika dia sudah tumbuh besar, maka dia akan menjadi pribadi yang mau mendengarkan pendapat orang lain, tidak hanya membicarakan keinginannya saja.

  3. Anda bisa mendorong ketrampilannya mendengar dengan membuat berbagai suara dari bagian ruangan yang berbeda. Setiap kali anda membuat suara, tunggu hingga ia menengok dan berikanlah pujian saat ia melakukannya.
  4. Bacakanlah dia cerita dengan perasaan dan penuh dengan ekspresi, serta variasikan suara Anda untuk menarik perhatiannya

  5. Ketika anda dan si kecil berada di luar rumah, berikanlah komentar pada apapun yang kalian temui, misalkan komentar mengenai warna awan, bahan dasar pagar atau komentar mengenai anak-anak yang sedang bermain. Jika ia memperhatikan benda tertentu, maka berikanlah komentar juga mengenai benda itu.

  6. Sebutkan nama-nama benda yang ada di sekitar rumah saat menggunakannya. Kemudian anda tanyakan mengenai benda itu, misal ‘Dimana bolanya?’ dan perhatikan matanya. Jika ia memahami apa yang anda ucapkan, maka ia akan mencari benda yang namanya disebut.

  7. Setelah bayi anda mulai mengoceh, pilihlah salah satu kombinasi suara yang ia gunakan, lalu ucapkan kembali suara itu dengan menggunakan irama suara yang biasa. Menggunakan suara yang sama dengan yang dia gunakan akan membuat dirinya senang.

  8. Tunjukkan kepada buah hati tercinta kita kartu bergambar, sambil anda menyebutkan nama setiap gambar yang ada di kartu. Aktivitas ini dapat dilakukan setiap hari, tetapi tidak lebih dari dua menit saja.

(ST)



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: