Informasi dan Tips – informasitips.com

Stimulasi motorik kasar dan halus untuk bayi usia 10 – 12 bulan

Posted on by in , with 0 Comments

stimulasi motorik kasar dan halus untuk bayi usia 10-12 bulan informasitips.com – Perubahan bayi Anda dari berguling ke merangkak sungguh menarik untuk diikuti. Seiring dengan waktu si kecil sekarang sudah dapat mengontrol otot punggung dan bahunya sehingga bisa duduk tegak. Dengan menggunakan kekuatan otot dan lengannya, bayi Anda sekarang juga sudah mulai terampil menarik tubuhnya ke posisi berdiri, kemudian menurunkannya dengan cara berpegangan pada perabot rumah.

Sebagian bayi bahkan sudah mampu berdiri dan berjalan merambat sambil berpegangan pada Anda atau perabot rumah tangga yang kokoh untuk menyangga berat badannya, karena keseimbangannya belum sempurna. Di masa ini, Anda harus lebih waspada dari biasanya karena bayi bisa cedera apabila lengah dari pengawasan Anda.

Walaupun perkembangan setiap anak berbeda-beda, Anda harus selalu bersemangat dalam memberikan stimulasi motorik kasar dan halus kepada bayi Anda. Stimulasi motorik kasar dan halus bisa diberikan bersamaan. Misalnya, ketika bayi Anda tengkurap, rangsang bayi untuk meraih mainan yang berada dalam jangkauannya. Bisa juga dengan melatih bayi belajar duduk tegak sambil memberikan potongan buah yang lembut yang dapat merangsangnya untuk belajar makan sendiri. Jangan lupa untuk selalu siap dengan kamera Anda karena langkah pertama bayi terkadang terjadi diluar dugaan Anda. Oleh karenanya, jangan sampai terlewat dari perhatian!

Berikut adalah artikel lanjutan stimulasi motorik kasar dan halus untuk bayi usia 10-12 bulan.

Usia 10 bulan

  • Stimulasi motorik kasar:

    Bayi Anda di usia ini sudah mulai dapat berdiri tanpa bantuan siapapun. Berikan stimulasi dengan mengacungkan kedua tangan Anda di depan bayi Anda. Hal ini berguna untuk menariknya supaya bayi berpegangan pada kedua tangan Anda, berdiri dan melangkahkan kakinya. Anda juga bisa merentangkan kedua tangan lebar-lebar seolah ingin memeluknya sambil berjalan mundur.

    Letakkan mainan kesukaannya di tempat yang bisa dijangkaunya, usahakan bayi melihat mainan tersebut dipindahkan dan berikan semangat untuk menggapainya sambil menepuk-nepuk tempat tersebut. Bayi Anda akan berusaha meraih mainannya dengan merambat untuk berdiri, dampingi dari belakang sambil beri dorongan di bokongnya. Bayi mungkin dapat berjalan hanya 2-3 langkah, terlihat limbung kemudian jatuh terduduk karena keseimbangannya belum sempurna. Berikan dukungan kepadanya untuk terus berlatih sampai akhirnya mampu berdiri sendiri. Jangan lupa untuk memberikan pujian dan pelukan kepadanya jika bayi berhasil mengambil mainan favoritnya atau berjalan ke sisi Anda tanpa terjatuh.

    Sesekali ajaklah bayi Anda untuk latihan berjalan di rumput atau taman. Saat ini bayi membutuhan ruang yang luas untuk mencoba kaki-kakinya bergerak lincah. Biarkan kaki bayi tanpa alas kaki seperti kaus kaki atau sepatu. Tujuannya agar bayi lebih mantap dalam melangkah untuk menjaga keseimbangannya, sekaligus dapat meningkatkan kepekaan indera peraba di kakinya.

    Perkembangan setiap bayi berbeda, jadi jangan cemas bila si kecil pada usia ini belum mampu berdiri dan berjalan. Banyak dokter anak yang menyarankan orang tua untuk tidak melatih bayi berjalan menggunakan baby walker. Alat ini dapat menyebabkan kecelakaan seperti jatuh dari tangga, luka pada kepala dan tangan yang terjepit. Selain itu baby walker juga dapat menganggu perkembangan otot-otot kakinya, misalnya karena telapak kaki bayi tidak menapak dengan baik atau cenderung berjinjit. Bayi yang sudah terbiasa menggunakan baby walker biasanya juga akan menjadi semakin malas untuk belajar berjalan karena sudah nyaman dan enak bergerak kesana-kemari tanpa harus bersusah payah, hanya dengan menggunakan baby walker.

  • Stimulasi motorik halus:

    Bayi di usia ini semakin tertarik dengan gerakan “sebab-akibat”, seperti bola yang bisa digulirkan atau roda mobil mainannya yang bisa berputar. Sediakan kotak mainan atau wadah yang berisi kaus kaki, mainan dari plastik atau balok-balok dari kayu. Rangsang bayi Anda untuk mengosongkan benda-benda tersebut dari wadahnya dan mengisinya kembali lagi ke dalam wadah tersebut. Biarkan bayi menyusun, merubuhkan dan melempar balok-balok kayu mainannya. Biarkan bayi mengulang-ulang permainan ini yang dapat melatihnya mengontrol tangan dan jemarinya sampai mahir.

    Saat makan bayi juga sudah bisa memegang sendok plastiknya dan makan sendiri di kursinya, walaupun masih berantakan. Jangan pernah memarahi si kecil karena ulahnya belajar makan membuat taplak meja dan lantai kotor. Ini akan membuatnya trauma dan akhirnya akan menghambat kemandiriannya untuk dapat makan sendiri.

    Memang diperlukan kesabaran untuk menghadapi bayi yang sedang belajar makan. Berikan banyak kesempatan kepada bayi Anda untuk belajar makan sendiri dan melatih koordinasi tangannya. Untuk membuat acara makan lebih menyenangkan, berikan peralatan makan bergambar lucu dan berwarna yang dapat menarik perhatiannya. Manfaat yang bisa diperoleh dari latihan makan sendiri ini yakni dapat meningkatkan kekuatan punggung, lengan, tangan, juga melatih koordinasi antara mata dan mulutnya.

Usia 11 bulan

  • Stimulasi motorik kasar:

    Bayi Anda masih terus berlatih untuk berjalan saat ini. Pada awalnya mungkin terlihat seperti robot yang berjalan, tapi dengan latihan yang rajin, bayi Anda akan dapat berjalan dengan baik. Pegang kedua tangannya dan beri dukungan untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya. Cobalah minta bayi Anda untuk mengayunkan kakinya 1-2 langkah. Buat suasana yang menyenangkan agar bayi tertarik melakukannya. Anda juga bisa membantu bayi berjalan dengan berpegangan pada kursi dan meja yang kokoh. Jangan pernah tinggalkan bayi Anda dalam proses belajar berjalan ini.

  • Stimulasi motorik halus:

    Berikan mainan susun gelang yang berwarna-warni kepada bayi Anda. Selain rangsangan ini dapat mendukung keterampilannya dalam memasukkan benda, juga melatih kemampuan koordinasi mata dan tangannya. Bayi juga suka membuat suara berisik dengan perabot dapur seperti tutup panci yang disatukan atau bermain “drum” dengan menggunakan panci dan sendok kayu sebagai stick drumnya.

    Untuk memperkuat otot tangannya, Anda kini juga sudah dapat bermain bola dengannya. Bayi Anda sekarang semakin terampil dalam mengontrol otot punggung dan bahunya sehingga bisa duduk tegak. Duduklah berhadapan dengan kedua kaki terbuka. Gulirkan bola berukuran sedang yang lembut dan berwarna cerah ke arahnya. Rangsang bayi untuk menangkapnya dan menggulirkan kembali bola tersebut ke Anda. Selain bermanfaat untuk melatih koordinasi mata, tangan dan kakinya juga melatih kepekaan indera penglihatan (memperkirakan jarak).

Usia 12 bulan

  • Stimulasi motorik kasar:

    Normalnya anak 1 tahun sudah bisa berjalan sendiri tanpa dituntun. Namun memang ada sebagian anak yang agak lambat perkembangan motoriknya. Jadi, kalau lebih lambat sedikit tidak perlu terlalu khawatir.

    Bayi Anda di usia ini semakin terampil dalam melangkahkan kakinya dengan dibantu atau bahkan sudah mampu berjalan sendiri walaupun hanya beberapa langkah sambil mengangkat kedua lengannya untuk keseimbangan. Terus berikan rangsangan kepada bayi Anda agar kemampuan berjalannya berkembang semakin optimal. Beri bayi keleluasaan bergerak, walau masih harus terus dalam pengawasan Anda.

    Bayi yang banyak mendapat rangsangan berupa latihan berjalan akan semakin mampu mengenali tempat-tempat yang berbahaya di sekitarnya seperti lantai yang tidak rata dan tangga. Bayi juga semakin terlatih untuk dapat menyeimbangkan berat tubuhnya dan menapakkan kaki-kakinya agar tidak mudah terjatuh.

    Untuk membuat kegiatan berjalan lebih menyenangkan berikan bayi Anda kereta atau mobil kayu yang memiliki tali yang bisa ditariknya. Ini dapat mengasah kemampuan berjalannya tanpa bantuan orang lain, mengendalikan tenaga otot tubuh bagian bawah juga menguatkan otot-otot tangan dan kakinya.

  • Stimulasi motorik halus:

    Bercanda sambil bermain “cilukba” bersamanya selain menyenangkan juga dapat menguatkan otot di pergelangan tangannya, karena bayi Anda akan meniru apa yang Anda lakukan. Latih kekuatan menjumputnya dengan merangsangnya untuk memberikan potongan buahnya ke tangan Anda, atau bahkan langsung ke mulut Anda!

    Berikan crayon dan biarkan bayi berusaha menggenggamnya dan menggambar bebas di kertas untuk menguatkan genggamannya. Anda juga bisa memberikan buku-buku cerita berwarna dan biarkan bayi Anda membolik-balik bukunya. Ajak bicara bayi Anda setiap saat sambil mengenalkan nama-nama perabotan rumah, mainan, atau buah-buahan dengan cara menunjuk. Bayi akan meniru dan kegiatan ini dapat menguatkan jari-jarinya.

    Pada prinsipnya, selama sudah dipastikan bahwa tidak ada gangguan saraf atau kelainan otot, anak Anda pasti bisa berjalan. Usia kemampuan berjalan pada setiap anak bervariasi, namun umumnya rentang waktu yang normal adalah usia 11-18 bulan. Stimulasi yang tepat dapat membuatnya lebih cepat berjalan. Anak yang tidak mendapatkan ruang gerak yang luas, kurang stimulasi untuk aktif bergerak (misalnya karena sering digendong) dan kurang diberi kebebasan untuk memaksimalkan berbagai kemampuannya dapat mengalami keterlambatan perkembangan motorik.

    Yang perlu Anda ingat adalah, jangan terlalu memaksakan bayi Anda untuk melakukan sesuatu yang tidak menarik baginya. Bayi akan berjalan, bila memang sudah siap dan memang waktunya untuk berjalan. Sebaiknya Anda mendukung apa yang menjadi kesukaannya. Apabila di atas usia 18 bulan bayi belum juga bisa berjalan tentu sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter anak agar bayi Anda mendapatkan pemeriksaan yang lebih akurat dan penanganan yang tepat.

    Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih

OUR FRIEND