Informasi dan Tips – informasitips.com

Solusi untuk Rambut Tipis Karena Kerontokan

informasitips.com – Rambut rontok memang menjadi masalah bagi semua orang. Pada kenyataannya, kerontokan rambut memang wajar terjadi, karena rambut manusia memang selalu rontok kurang lebih 100 helai per harinya. Namun tidak sedikit juga orang yang mengalami kebotakan karena kerontokan rambut yang parah. Kerontokan rambut yang terus menerus, jika tidak diikuti dengan pertumbuhan rambut yang sehat akan menyebabkan rambut menipis, bahkan mengalami kebotakan. Nah untuk mengatasinya ada beberapa cara:

  1. Kurangi kerontokan dengan Hair Tonic
    Kerontokan yang berlangsung terus-menerus akan membuat rambut menjadi tipis. Kurangi kerontokan rambut dengan Hair Tonic. Penggunaan Hair Tonic bertujuan untuk menutrisi rambutmu.

    Umumnya, hair tonic digunakan setelah mencuci rambut, saat rambut masih dalam keadaan basah. Namun ada juga beberapa merk Hair Tonic yang menyarankan penggunaannya setiap malam sebelum tidur, dan pagi hari. Jadi selalu perhatikan dulu cara pemakaian yang tertera dalam setiap kemasan hair tonic. Penggunaan hair tonic secara rutin akan merangsang pertumbuhan rambut-rambut baru.

    Untuk cara tradisional, bisa juga dengan menggunakan daun seledri yang dihaluskan atau lendir lidah buaya yang diusapkan di kulit kepala setiap hari. Cara tradisional ini terbukti ampuh untuk menumbuhkan kembali rambut kamu.

    solusi untuk rambut tipis akibat kerontokan

    Selain menggunakan hair tonic, kamu juga perlu menutrisi rambutmu dari dalam. Untuk itu, perhatikan asupan gizi dan nutrisi agar rambutmu bisa tumbuh sehat dan kuat. Konsumsilah makanan-makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin C dan A. Makanan-makanan yang kaya protein dan zinc juga baik bagi kesehatan rambut.

  2. Biarkan rambut indah tergerai
    Usahakan agar rambut kamu lebih sering tergerai. Rambut yang terlalu sering diikat akan tertarik dan tidak bisa bernafas sehingga memicu kerontokan semakin parah. Akibatnya rambutmu akan menjadi semakin tipis.

  3. Hindari hot treatment pada rambut
    Hindari terlalu banyak melakukan hot treatment pada rambut. Hindari catok, steam, dan penggunaan hair dryer (alat pengering rambut) yang terlalu sering karena akan membuat rambut semakin rusak dan kerontokan menjadi bertambah parah. Bila ingin menggunakan hair dryer, pilihlah panas yang paling minimal dan pastikan jarak hair dryer dengan rambutmu tidak terlalu dekat (idealnya sekitar 15 cm). Saat menggunakan hair dryer, pastikan hair dryer tetap bergerak agar panasnya tidak terkonsentrasi di satu titik rambut saja.

  4. Rawat rambut dengan benar
    Kamu juga perlu memperhatikan bagaimana cara merawat rambut agar tidak bertambah rontok. Perawatan rambut yang benar adalah menggunakan shampoo yang sesuai dengan jenis rambutmu. Hindari kebiasaan mengganti-ganti shampoo.

    Lakukan creambath secara rutin. Pemijatan yang dilakukan pada saat creambath akan melancarkan peredaran darah di kepala, sehingga akar rambut menjadi sehat dan kuat.

    Sisirlah rambut dengan sisir yang bergigi jarang. Saat menyisir rambut, hindari menarik rambut terlalu keras atau kencang. Sisirlah rambut perlahan-lahan untuk menghindari tarikan pada rambut yang dapat membuat kerontokan semakin parah. Agar rambutmu tidak terlalu kusut, gunakanlah conditioner setelah keramas.

    Satu hal lagi yang harus kamu perhatikan adalah, hindari terlalu banyak menggunakan aneka bahan kimia pada rambut. Penggunaan bahan kimia yang terlalu sering dan terus-menerus akan membuat rambut menjadi kering, rusak, dan mudah patah.

  5. Pilih model potongan rambut yang tepat
    Potongan rambut yang tepat bisa membantu menyamarkan rambut yang tipis karena rontok. Pilihlah potongan rambut yang bisa memberi volume pada rambut. Potongan trap pada rambut akan membantu memberikan volume pada rambut yang tipis. Potongan rambut pendek akan lebih sempurna untuk menyamarkan rambut yang tipis.

    Jika kamu memiliki rambut yang panjang, model keriting besar akan membantu menyamarkan rambut yang tipis, karena kesan volume yang ditimbulkannya. Hindari rambut super lurus untuk si rambut panjang, rambut super lurus hanya akan semakin memperlihatkan tipisnya rambut kamu.

Nah itu dia beberapa solusi dan cara untuk mengatasi rambut yang tipis karena kerontokan. Dengan sedikit kesabaran dan ketekunan, rambut yang tebal dan sehat pasti akan kamu dapatkan kembali. Tapi harus diingat, selalu jaga kebersihan rambut kamu dengan rajin mencuci rambut ya.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *