Informasi dan Tips – informasitips.com

Singular vs Plural dalam Bahasa Inggris

informasitips.com – Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah singular dan plural dalam bahasa Inggris. Ya, singular bisa diartikan sebagai bentuk tunggal, sedangkan plural berarti bentuk jamak. Mudah, kan? Meski demikian, beberapa siswa masih sering membuat kesalahan ketika diminta untuk membuat bentuk jamak dari suatu benda. Kesalahan yang mereka buat biasanya terletak pada penulisan atau spelling dari bentuk jamak tersebut.

Dalam artikel ini kita akan mempelari bentuk plural dan singular (singular yang berupa countable nouns/benda yang dapat dihitung). Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel gambar di bawah ini:

Tabel Singular Plural

Untuk membuat bentuk tunggal menjadi bentuk jamak, mungkin kamu memahami bahwa kamu hanya perlu menambahkan huruf –s di akhir kata benda tersebut. Namun ingat, tidak semua kata benda hanya sebatas ditambahkan akhiran –s saja, loh.

Rumus Membuat Singular Menjadi Plural

Untuk memudahkanmu memahami perubahan bentuk singular menjadi plural, perhatikan rumus sederhana di bawah ini:

Rumus Singular Plural

*fish = jika hanya terdiri dari satu jenis ikan, maka tetap fish. Jika terdiri dari beberapa jenis ikan, fishes

Penggunaan Singular Noun dalam Kalimat

Ketika membuat sebuah kalimat yang mengandung singular noun atau kata benda tunggal, pemakaian artikel a dan an tidak boleh dilupakan. Kebanyakan siswa salah mengartikan penggunaan a dan an tersebut, di mana mereka beranggapan bahwa artikel an selalu diikuti oleh kata benda yang berawalan dengan huruf vokal sedangan a diikuti oleh kata benda yang berawalan huruf konsonan.

Perlu diingat bahwa pemahaman tersebut kurang tepat. Artikel a maupun an tidak digunakan berdasarkan huruf vokal atau konsonan yang terdapat di awal kata benda, melainkan suara/bunyi pengucapan dari kata itu sendiri. Jika pengucapan kata tersebut berawalan dengan suara vokal (a, i, u, e, o), maka artikel an digunakan. Sebaliknya, jika pengucapan kata tersebut berawalan dengan suara konsonan, maka artikel a digunakan.

Sebagai contoh:

  • a university (bukan an university, karena suara yang keluar dari university adalah konsonan)
  • an hour (bukan an uniform, karena suara yang keluar dari hour adalah vokal)

Untuk menggunakan singular noun dalam kalimat, pemakaian sederhana yang sering digunakan yaitu dengan menggunakan subyek it dan to be (is). Perhatikan tabel di bawah ini:

Tabel Singular Plural it to be

Penggunaan Plural Noun dalam Kalimat

Berbeda dari penggunaan singular noun, ketika membuat sebuah kalimat yang mengandung plural noun, subyek they dan to be (are) digunakan. Sebelumnya, jangan lupa memperhatikan rumus membuat singular menjadi plural seperti tertera pada tabel di atas.

Tabel Plural Noun

Semoga pengetahuan ini semakin memudahkanmu mempelajari bahasa Inggris, ya.



loading...
Bagikan artikel:

One thought on “Singular vs Plural dalam Bahasa Inggris

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: