Informasi dan Tips – informasitips.com

Siapa Penemu Kereta Api?

Posted on by in , with 2 Comments

informasitips.com – Anda tentu tahu kereta api bukan? Kereta api adalah salah satu transportasi masal yang sangat dibutuhkan di Indonesia mengingat Indonesia adalah negara yang luas dan masyarakatnya tersebar di berbagai pelosok daerah yang jauh, sehingga alat transportasi yang cepat dan murah seperti kereta api selalu menjadi pilihan.

Namun, tahukah Anda siapa yang memiliki ide cemerlang untuk membuat alat transportasi yang dilengkapi dengan rangkaian gerbong yang panjang ini? Siapa sebenarnya penemu kereta api?

Penemu Kereta Api

Ide awal kereta api pertama kali dicetuskan oleh seorang ilmuwan Inggris yang bernama William Murdoch. Idenya sangat sederhana, yaitu sebuah rangkaian kereta yang ditarik oleh kuda. Namun, karena pada waktu itu rangkaian kereta ini sangat dibutuhkan untuk membawa bahan-bahan tambang di daerah pertambangan, maka untuk efisiensi pengangkutan mereka membutuhkan rangkaian kereta yang banyak dengan sekali tarik. Untuk itu, kemudian dibuatlah beberapa rangkaian kereta yang ditarik dengan satu kuda. Agar beban berat dari beberapa rangkaian kereta tersebut terasa lebih ringan, kemudian rangkaian itu dijalankan pada jalur khusus yang terbuat dari besi. Jalur kereta ini kemudian dinamakan dengan trem.

Meski model kereta api pertama ini masih sangat sederhana dan masih mengandalkan tenaga kuda, namun prinsip dasar kereta api sebenarnya berawal dari sini. Sehingga, Murdocks kemudian dikenal dan disebut-sebut sebagai penemu kereta api.

Rancangan Kereta Api pertama kali oleh Murdoch

sumber gambar: www.birminghamstories.co.uk

Pencetus awal konsep transportasi masal ini memang ilmuwan Inggris yang bernama Murdoch. Namun, untuk bisa menjadi kereta api modern dengan konsep yang lebih sempurna, sejarah telah mencatat nama-nama ahli lain yang ikut melengkapi konsep awal tadi. Mereka terlibat dalam penemuan teknologi yang berperan penting dalam penyempurnaan alat transportasi ini.

Penemu yang Menyempurakan Kereta Api

Berikut adalah beberapa nama ahli yang jasanya pantas disandingkan dengan penemu kereta api pertama kali, yaitu:

  • Richard Trevithick. Ia tercatat sebagai ahli pertama yang membuat mesin lokomotif dan kemudian merangkainya dengan kereta pada tahun 1804.
  • George Stephenson, menciptakan lokomotif uap untuk menggerakkan kereta. Lokomotif uap terbukti menghasilkan daya yang lebih besar dan mampu menarik beban lebih banyak. George Stephenson juga berhasil menjalankan lokomotif uapnya diatas jalur rel yang lebih lebar. Stephenson juga dikenal sebagai pencetus standar ukuran rel kereta api yang masih dipakai hingga saat ini.
  • Franks J. Sprague membuat jalur kereta api listrik pertama di Richmond, Virginia sepanjang 19 km pada tahun 1888. Dan pada tahun 1895 ia kembali memperkenalkan lokomotif listrik yang menjadi cikal bakal lahirnya kereta api listrik.
  • Rudolf Diesel, ikut menyumbangkan idenya untuk perkembangan alat transportasi ini. Ia memperkenalkan kereta api bermesin diesel yang ternyata jauh lebih bertenaga dan efisien dibandingkan dengan kereta api lokomotif uap. Akhirnya pada tahun 1925, kereta api bermesin diesel ini digerakkan untuk pertama kalinya.

Ya, itulah beberapa nama yang ikut menyempurnakan teknologi kereta api. Masih banyak ahli-ahli lain yang ikut menyempurnakan rangkaian teknologi alat transportasi masal ini. Jika diurai satu-satu, mungkin bisa menyamai panjangnya rangkaian gerbong kereta api itu sendiri, karena pengembangan alat transportasi ini melibatkan berbagai teknologi dan peralatan yang saling mendukung satu sama lain sehingga, para ahli yang terlibat di dalamnya juga beragam. Jadi, wajarlah jika kemudian untuk penyempurnaan teknologinya harus melibatkan banyak nama dan ahli. Nama-nama ini akan terus bertambah, seiring dengan langkah inovasi dan penyempurnaan teknologi kereta api yang tentunya tidak akan pernah berhenti. Dan, mereka-mereka yang melahirkan inovasi baru dalam setiap zamannya ini, pantas juga disebut sebagai penemu kereta api.

Artikel Terkait

2 thoughts on “Siapa Penemu Kereta Api?

  1. Hana'Ahya

    makasih ya… Atas informasinya tapi saya butuh tannggal kelahirannya !?

    Ass. Wr. Wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

ARTIKEL TERBARU

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih