Informasi dan Tips – informasitips.com

Sensasi Terbakar dan Sakit pada Kaki

informasitips.com – Sensasi terbakar yang kerap dirasakan banyak orang merupakan rasa sakit yang disertai rasa panas sehingga seolah-olah seperti terbakar. Keadaan yang dirasakan tersebut bisa ringan atau parah. Dalam beberapa kasus, bahkan rasa sakit yang disertai panas pada kaki dirasakan oleh seseorang hingga membangunkannya dari tidur. Dan dalam kondisi tertentu, sensasi terbakar pada kaki sering juga disertai oleh sensasi tertusuk jarum ataupun mati rasa pada kaki, atau keduanya.

Sensasi Terbakar dan Sakit pada Kaki

Penyebab utama dari munculnya sensasi terbakar yang disertai rasa sakit pada kaki ini adalah terjadinya neuropati atau kerusakan pada sel-sel saraf di kaki. Kerusakan yang terjadi pada sel-sel saraf di kaki dapat menyebabkan terkirimnya sinyal-sinyal rasa sakit ke otak, walaupun tidak ada luka. Oleh karena itu, sensasi terbakar kerap disertai rasa sakit mulai dari derajat yang ringan hingga berat. Neuropati sendiri dapat disebabkan utamanya oleh penyakit diabetes, selain itu juga oleh alkoholisme, terpapar toksin tertentu, defisiensi vitamin B ataupun HIV.

Berikut ini beberapa penyebab dari sensasi terbakar pada kaki (akibat neuropati):

  • Uremia atau penyakit ginjal kronis
  • Defisiensi vitamin B (biasanya vitamin B12 dan B6)
  • Hipotiroidisme (keadaan level hormon tiroid yang rendah)
  • Efek samping obat, seperti akibat obat-obatan kemoterapi, isoniazid, metformin dan lain-lain.
  • Keracunan logam berat
  • Inflamasi pada pembuluh darah
  • Bengkak (edema) atau retensi cairan
  • Hipertensi

Selain neuropati, infeksi dan inflamasi pada kaki juga dapat menyebabkan munculnya sensasi terbakar dan rasa sakit. Contohnya adalah sindrom kaki atlet, yaitu infeksi pada kaki yang disebabkan oleh fungus. Tidak lancarnya peredaran darah pada pembuluh darah di kaki juga dapat menyebabkan munculnya sensasi terbakar dan rasa sakit, termasuk kesemutan, terutama saat sedang berjalan.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *