Informasi dan Tips – informasitips.com

Selenium Dalam Susu, Seberapa Pentingkah?

mineral selenium dalam susu formula untuk bayiinformasitips.com – Selenium merupakan mikronutrien yang esensial bagi manusia dan hewan. Selenium bertindak sebagai pelindung bagi tubuh dari keracunan logam berat, kanker, dan penyakit kardiovaskular (jantung). Mengingat fungsinya yang penting itu, maka selenium merupakan nutrient yang harus ada di dalam susu formula bayi. Hal tersebut sangat penting karena pemasukan selenium ke bayi sangatlah terbatas, sedangkan bayi sebagian besar hanya mengkonsumsi susu. Jika anda melihat komposisi mineral pada kemasan susu, rata-rata produsen susu memberikan tanda tertentu pada selenium, tentu saja ini menunjukkan betapa pentingnya kandungan selenium pada susu formula.

Untuk bayi yang mendapatkan ASI, sungguh beruntunglah mereka, karena berdasarkan hasil penelitian Lombeck dkk kandungan selenium di dalam ASI lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi. Kadar selenium pada ASI sangat tergantung dari makanan yang dikonsumsi sang ibu.

Makanan yang mengandung protein hewani, terutama daging, merupakan sumber selenium utama bagi kita. Selain daging, bahan makanan lain seperti sereal, telur, udang, hati, ayam, ikan, serta buah-buahan dan sayuran seperti bawang putih dan brokoli, juga mengandung selenium dengan kadar yang bervariasi.

Menurut Jurnal yang diterbitkan oleh Human Nutrition Research Center, US Department of Agriculture, Beltsville disebutkan bahwa kekurangan asupan selenium dapat menyebabkan timbulnya penyakit berbahaya, yaitu penyakit Keshan dan penyakit Kashin-Beck.

  1. Penyakit Keshan adalah sejenis penyakit kardiomiopati yang terutama memengaruhi anak usia 2-10 tahun. Kardiomiopati adalah penyakit melemahnya fungsi otot jantung yang dapat beresiko menimbulkan gangguan irama detak jantung (bisa terlalu cepat, terlalu lambat, kadang teratur, kadang tidak teratur) dan juga beresiko menimbulkan kematian akibat serangan jantung mendadak.
  2. Penyakit Kashin-Beck merupakan penyakit osteoarthritis yang biasanya terjadi terutama pada remaja. Osteoarthritis yaitu penyakit yang timbul akibat terjadinya kemunduran fungsi sendi. Gejala yang biasa tampak adalah rasa sakit pada persendian, kaku, keram pada sendi.

Lebih jauh lagi mengenai keutamaan selenium adalah zat ini mampu merangsang system imun dan memiliki daya antioksidan yang sangat kuat. Bahkan kekuatannya mencapai kira-kira 100 kali lipat lebih aktif dari daya antioksidan vitamin E.

Masih ada lagi loh keutamaan selenium, yaitu selenium memiliki sifat anti kanker. Selenium mampu meningkatkan system imun, menghambat pembelahan sel dan mempercepat apoptosis (kematian) sel-sel yang cacat. Dengan demikian, selenium berguna dan berperan aktif dalam mencegah penyakit kanker.

(ST)



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *